9 Cara Belajar Berbahasa Inggris Dengan Mudah

Posted on

Cara Belajar Berbahasa Inggris – Sekarang ini Bahasa Inggris merupakan kemampuan standar yang harus dimiliki hampir semua orang. Apapun pekerjaan serta tingkat pendidikannya, tidak bisa lepas dari Bahasa Inggris. Begitu pentingnya sebagai Bahasa pergaulan internasional, sejak SD sampai SMA, anak-anak sudah diajarkan Bahasa Inggris.

Namun sering kita jumpai orang yang sudah lama belajar Bahasa Inggris di sekolah umum, tapi tidak bisa berkomunikasi. Padahal hampir semua teori tata Bahasa, vocabulary telah diajarkan di sekolah menengah.
Lalu apa yang salah? Tidak ada yang salah, hanya saja pengajaran Bahasa Inggris di tempat kita cenderung pada penguasaan teori, tapi kurang praktek. Menguasai teori tata Bahasa penting, tapi manfaatnya kurang terasa kalau kamu tidak mampu berkomunikasi. Padahal tujuan utama belajar Bahasa asing adalah mampu berkomunikasi.

Nah, untuk membantumu meningkatkan kemampuan berkomunikasi, berikut ini tips dan cara belajar berbahasa Inggris yang akan membantumu fasih dengan Bahasa Inggris secara cepat. Tidak perlu pergi ke negara berbahasa Inggris untuk fasih berbahasa Inggris, kamu cukup mempraktekkan tips ini dalam kehidupan keseharianmu.

1. Mulai dari kosakata sederhana

Belajar Bahasa asing apapun, jangan mulai dengan memaksakan diri mempelajari materi yang berat. Mulai dari kosakata sederhana yang sering digunakan dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekedar mengucapkan selamat datang, selamat pagi, atau terima kasih akan menjadi cara belajar berbahasa Inggris yang baik bagi pemula.

2. Cari teman-teman berbahasa Inggris

Ada banyak orang asing di sekitar kita. Apalagi buat kamu yang tinggal di kota-kota besar. Temukan cara bertemu dengan native speaker Bahasa Inggris. Kamu bisa mencoba pergi ke restoran asing, hotel, kawasan wisata, atau perkampungan turis. Bahkan ide hebat untuk menjadi sukarelawan pemandu wisata untuk turis dari seluruh dunia.
Tidak perlu malu atau takut salah, karena mereka akan menghargai keramahan dan keberanianmu. Kalaupun kamu mengucapkan kosakata yang salah, koreksi dari penutur asli akan menjadi pelajaran sangat berharga. Dan jangan berpikir keuntungan materi dulu, karena pengalaman berinteraksi dengan orang asing akan membantu meningkatkan skill Bahasa Inggrismu.

Baca Juga:  Tiga Cara Mudah Bahasa Inggris Bagi Pemula

3. Temukan mitra belajar

Kalaupun tidak punya teman penutur asli Bahasa Inggris, setidaknya kamu bisa menemukan teman untuk belajar Bahasa Inggris secara teratur. Jadikan rekan kerja, saudara, atau teman sekolah sebagai mitra belajarmu. Alau perlu, kamu bisa menginisiasi untuk membentuk klub Bahasa Inggris di lingkungan tempat tinggalmu. Kamu bisa saling memotivasi dan belajar satu sama lain.

4. Jadikan Bahasa Inggris bagian dari kehidupan sehari-hari

Tidak perlu pergi ke Inggris untuk mendapatkan suasana yang dipenuhi Bahasa Inggris. Tapi kamu bisa menciptakan lingkungan yang beraroma Inggris. Tempeli benda-benda di dalam rumah dengan nama berbahasa Inggris. Cara lainnya adalah dengan menulis daftar belanjaan, buku harian, atau jadwal harian dengan Bahasa Inggris.

5. Membaca artikel berbahasa Inggris

Membaca buku teks pelajaran Bahasa Inggris terkadang bisa sangat membosankan. Cobalah membaca teks Bahasa Inggris yang ditulis oleh penutur asli. Awalnya mungkin sulit, tapi akhirnya kamu akan merasa jauh lebih menarik. Kamu bisa mencobanya dengan membaca buku, majalah, atau koran berbahasa Inggris. Gunakan bantuan kamus untuk mencari kata yang tidak kamu ketahui artinya.

Kalaupun tidak punya teks berbahasa Inggris, gunakan internet untuk membaca berita berbahasa Inggris setiap hari. Agar tidak cepat bosan, cari topic-topik favoritmu. Tidak perlu berjam-jam, membaca berita berbahasa Inggris setidaknya 30 menit tiap hari akan menambah perbendaharaan kosakata secara signifikan.

6. Latih telinga dengan Bahasa Inggris yang sebenarnya

Cara belajar berbahasa Inggris lainnya adalah dengan melatih telinga dengan mendengarkan Bahasa Inggris yang diucapkan dengan kecepatan normal. Jangan terlalu khawatir kalau kamu mendengar kosakata yang tidak biasa. Cara ini akan sangat berguna meski awalnya kamu tidak tahu artinya.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Active dan Passive dalam Simple Present Tense

Kamu bisa lakukan dengan mendengar podcast atau mendengarkan siaran berita berbahasa Inggris secara online. Cara lainnya bisa dilakukan dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Latihan ini akan membantu memahami pembicaraan dan meningkatkan kepercayaan diri ketika berhadapan dengan orang Inggris asli.

7. Temukan cara menyenangkan belajar kosakata baru

Belajar Bahasa asing memang perlu perjuangan dan kerja keras. Tapi kalau kamu melakukannya dengan cara yang disenangi, kamu akan merasa enjoy dan tidak merasa lelah. Memainkan game permainan kata, teka-teki silang, baca komik, atau bernyanyi akan membuat belajar Bahasa Inggris terasa menyenangkan.

8. Bergabung dalam grup belajar online

Dapatkan teman-teman dari berbagai Negara bahkan native speaker dengan bergabung dalam komunitas belajar Bahasa Inggris online. Tidak hanya belajar Bahasa Inggris, berinteraksi dengan mereka membuatmu bisa belajar budaya yang berbeda-beda.

9. Menulis dalam Bahasa Inggris

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dilatih terus-menerus. Kamu bisa membiasakannya dengan mengirim email pekerjaan atau chatting menggunakan Bahasa Inggris. Membiasakan menulis dalam Bahasa Inggris juga bermanfaat untuk memperkuat daya ingat kosakata kita.

Cara belajar berbahasa Inggris di atas sudah mencakup 4 kemampuan dasar, yaitu speaking, listening, writing, dan reading. Rahasia mahir Bahasa Inggris adalah dengan berlatih dan berlatih.

Berlatihlah terus menerus sampai kamu benar-benar mahir. Nah, untuk mendapatkan informasi mengenai cara lain belajar Bahasa Inggris, hubungi 0812-100600-75 atau kunjungi www.westwoodprep.com berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *