5 Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris yang Paling Efektif

Posted on

Belajar Grammar Bahasa Inggris – Di luar sana ada banyak cara belajar grammar bahasa Inggris, namun perlu Anda pilah-pilih terlebih dahulu, karena mungkin saja tak semua cara belajar grammar bahasa Inggris tersebut cocok dan efektif untuk Anda praktekan atau pelajari.

Sebelum membahas lebih dalam perlu Anda ketahui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa pengantar komunikasi utama di seluruh dunia. Siapa yang mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik maka dipastikan ia mampu bersaing dengan orang di dunia sebab kendala bahasa sudah bukan masalah lagi.

Baca Juga:  Mengintip, 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Sehingga berondong – bondong orang ingin belajar bahasa Inggris demi memenangkan kompetisi global, selain itu supaya tidak tertinggal dengan masyarakat lainnya, karena saat ini dunia tertuju pada pengunaan bahasa yang baik dan yang benar.

Bahasa Inggris Terbagi Menjadi 3 Bagian Penting

Tahukah Anda bahwa ternyata bahasa inggris terbagi menjadi beberapa bagian untuk dipelajari yaitu listening, speaking, reading, dan writing.

Untuk sesi mendengarkan (listening) dapat diakali dengan cara mendengarkan percakapan film atau musik berbahasa Inggris semaksimal mungkin sehingga telinga akan terbiasa mendengarkan kosa kata baru dalam bahasa Inggris, begitu pula dengan berbicara (speaking) yang membutuhkan keberanian dan percaya diri agar terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris.

Sedangkan untuk reading berlatihlah membuka kamus untuk melihat cara membaca suatu kata dengan benar, lalu bagaimana untuk menulis?

Menulis dalam bahasa Inggris bukanlah perkara yang sulit, namun butuh banyak belajar tata bahasa (grammar) agar menjadi tulisan yang baku dan terstruktur.

5 Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris yang Paling Cocok dan Efektif

Saat ini tak terhitung jumlahnya banyak pelajar maupun pekerja kantoran yang mengeluhkan susahnya belajar grammar, dan banyak pula yang menulis tanpa mengindahkan kaidah tata cara penulisan kalimat yang baik dan benar.

Penggunaan gramatikal yang benar akan sering digunakan ketika seseorang memasuki dunia perkantoran di mana seluruh aktifitas bisnis lumrah menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga:  Tempat Kursus SAT di Jakarta dan 6 Tips Menghadapinya

Bayangkan saja jika tidak mengerti penggunaan gramatikal yang baik dan benar maka karyawan akan dipandang sebagai tenaga kerja tidak profesional.

Oleh karena itulah akhirnya banyak dari mereka pula yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus bahasa Inggris dengan program english course for bussines yang bisa Anda dapatkan di tempat Westwoodprep di alamat Bellagio Mall Lt 1. Suite 221 Mega Kuningan Barat Kav. E4.

Ada juga yang tidak memiliki waktu luang sebab padatnya jam kerja. Bagi mereka yang tidak sempat mengikuti kursus tidak perlu khawatir, karena banyak cara belajar grammar bahasa Inggris yang paling cocok dan tepat untuk Anda pelajari, diantaranya:

1. Membaca Artikel Bahasa Inggris Kemudian Mencari Arti Dari Masing – Masing Kata

Cara belajar grammar bahasa Inggris yang paling cocok dan tepat yang biasa Anda pelajari, cobalah untuk membaca artikel yang berupa tulisan yang berbahasa Inggris, kemudian setelah membaca artikel Anda harus mencari arti dan masing-masing katanya.

Jika sudah menemukan seluruh arti dari kalimat, kemudian Anda baca secara keseluruhan apakah sudah dapat dimengerti atau belum.

Baca Juga:  4 Bentuk Tes GMAT dan Tips Mudah Untuk Menghadapinya

Nantinya, akan banyak ditemukan kata dan imbuhan seperti “be” “are” “is” “been” “was “were” dan sebagainya yang jika kita cari artinya dalam kamus akan dijelaskan dan dirujuk pada penjelasan gramatikal.

Kemudian arti dari kata – kata tersebut tergantung pada penggunaan kalimat dan penggunaan waktu sehingga tidak bisa dijabarkan secara langsung seperti bahasa Indonesia

2. Cobalah Pelajari dan Pahami 16 tenses

Tenses Rumus:

Simple present tense Subject + V1 + keterangan

Present continous tense S + is,am,are + V-ing + keterangan

Present perfect tense S + have, has + V3

Present perfect continous tense S + have, has + been + V-ing

Simple past tense S + V2 + Keterangan

Past continous tense S + was, were + V-ing + keterangan

Past perfect tense S + had + V3

Past perfect continous tens S + had + been + V-ing

Future simple tense S + will + V1 + Keterangan

Future continous tense S + will be + V-ing

Future perfect tense S + will have + V3

Future perfect continous tense S + will have been + V-ing

Past future simple tense s + would + V1

Past future continous tense S + would be + V-ing

Past future perfect tense S + would have + V3

Past future perfect continous S + would have been + V-ing

Setelah membaca artikel bahasa Inggris pada buku atau internet maka cara belajar grammar bahasa Inggris yang paling cocok dan tepat yang biasa Anda pelajari bisa dilihat kata – kata tersebut masuk dalam kategori tenses apa.

Terdapat enam belas tenses yang digunakan sesuai dengan waktu yang terjadi. Berilah tanda dan namai kalimat yang mengandung gramatikal tersebut di bagian kosong kertas sehingga saat kita membutuhkan kita tinggal membuka kembali saja.

3. Kunjungi Situs Layanan Periksa Gramatikal Online

Ternayata saat ini banyak situs online yang menyediakan layanan pemeriksaan gramatikal gratis dan hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara belajar grammar bahasa Inggris yang paling cocok dan tepat yang biasa Anda pelajari.

Baca Juga:  7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Kids Zaman Now

Dan situs website tersebut seperti Inggrisku.net atau reverso.net, lalu bagaimanakah cara menggunakannya? Caranya penggunaanya adalah Kita hanya mengkopi tulisan yang ingin diperiksa kemudian memindahkannya pada kolom tersedia lalu klik tombol periksa.

4. Membeli Buku Pelajaran Grammar Bahasa Inggris

Saat ini sudah tak terhitung banyaknya jumlah buku pelajaran grammar bahasa Inggris di toko buku terdekat dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Buku tersebut sudah dirancang sedemikian rupa untuk belajar tanpa bantuan pengajar dan Anda perlu meluruskan niat dan konsisten untuk belajar maka grammar bahasa Inggris bukan lagi hal yang sulit lagi bukan?

5. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Jika semua jalan telah ditempuh dan dirasa masih kurang berkembang, sebaiknya Anda segera mendaftarkan diri dalam kelas bahasa Inggris yang merupakan salah satu cara belajar grammar bahasa Inggris yang paling tepat diantara lainnya.

Khususnya untuk pembelajaran gramatikal dan jangan ragu untuk bertanya pada pengajar atau guru Anda agar nantinya pengetahuan akan bahasa Inggris kita semakin meningkat, kemudian, lakukan secara terus menerus untuk memperoleh hasil maksimal.

Jika kesibukan melanda sisihkan waktu untuk sesekali membaca, karena kenyataanya mempelajari bahasa Inggris maupun bahasa lainnya tidak semudah membalikan telapak tangan dan membutuhkan proses yang panjang.

Nah, itulah tadi 5 cara belajar grammar bahasa Inggris yang paling cocok dan tepat yang biasa Anda pelajari dan jika misalkan keempat cara di atas belum mampu mewujudkan impian Anda maka Anda bisa kursus bahasa Inggris di Westwoodprep yang merupakan Premium Provider of Test Preparation dan Anda bisa menghubungi tim konsultan Kami di 081388867006 dan 02122455311 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *