cara cepat belajar bahasa inggris otodidak

6 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang Efektif

Posted on

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak – Kemampuan bahasa Inggris menjadi semakin penting di era globalisasi ini. Terlebih lagi banyak perusahaan yang menjadikan bahasa Inggris sebagai kriteria untuk merekrut karyawannya.

Kebanyakan sekolah di Indonesia memasukkan pelajaran bahasa Inggris sejak jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Namun, karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu orang Indonesia, bahasa Inggris menjadi agak sulit dikuasai sebagian orang.

Baca Juga:  7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Kids Zaman Now

Sebenarnya kebanyakan orang bisa bahasa Inggris hanya saja mereka tidak pede saat melakukan percakapan dengan bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris yang sudah dipelajari bisa ‘menguap’ begitu saja ketika jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan dalam percakapan.

6 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang Efektif

cara belajar bahasa inggris otodidak

Jika Anda ingin fasih berbicara menggunakan bahasa Inggris tetapi tidak mempunyai waktu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, Anda bisa mencoba cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak berikut ini.

1. Bulatkan Tekad

Sebelum melakukan cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak, kamu cari tahu apa niat kamu belajar bahasa Inggris. Misalnya, ingin fasih bercakap – cakap menggunakan bahasa Inggris, ingin mendapatkan skor TOEFL yang bagus, atau untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Ketika seseorang sangat menginginkan sesuatu biasanya ia akan membulatkan tekad. Begitupula saat kamu ingin bisa fasih berbahasa Inggris, dengan membulatkan tekad maka kamu akan lebih fokus dalam mengejar tujuanmu.

2. Menghafalkan Kata – Kata Dasar Bahasa Inggris

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak yang harus kamu lakukan adalah menghafalkan kata – kata yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris dasar. Kamu bisa menghafalkan kosakata yang sering digunakan dalam percakapan sehari – hari terlebih dahulu. Misalnya, kata – kata perkenalan dalam bahasa Inggris dan kata – kata dasar lainnya yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris.

Baca Juga:  Dasar-Dasar Kata Kerja Bahasa Jerman Bentuk Present Tense

3. Tonton Film, Baca Buku Cerita, dan Dengarkan Lagu Bahasa Inggris

Cara paling mudah beajar bahasa Inggris adalah dengan membiasakan diri mendengar dan membaca tulisan bahasa Inggris. Kamu bisa memulainya dengan menonton film yang kamu suka dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Jika kamu menyukai lagu – lagu bahasa Inggris, tulis lirik lagu dan artinya di buku. Dengan sering mendengarkan lagu kamu akan terbiasa mendengarkan lirik bahasa Inggris dan mengartikannya, lama – lama kamu memahami setiap lagu bahasa Inggris yang kamu dengarkan.

Cara belajar bahasa Inggris otodidak juga bisa kamu lakukan dengan membaca buku cerita anak – anak dalam bahasa Inggris. Sering membaca bacaan bahasa Inggris dapat menambah kosakata yang kamu miliki, pembentukan kalimat serta tenses yang digunakan pada bacaan tersebut. Menonton film, mendengarkan lagu , dan membaca cerita bahasa Inggris menjadi cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak.

4. Mempelajari dan Menghafalkan Kata – Kata Bahasa Inggris yang Tidak Kamu Mengerti

Ketika kamu menonton film atau membaca bacaan dalam bahasa Inggris, tentunya ada kata – kata yang belum kamu tahu artinya. Kamu bisa mencatat setiap kata yang tidak kamu mengerti dan mencari artinya di kamus offline maupun kamus online. Kata – kata sulit yang kamu catat dan artikan tadi lalu kamu hafalkan. Semakin banyak kata – kata yang kamu hafalkan, maka dapat memperkaya kosakata yang kamu miliki.

5. Berlatih Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah mempelajari dan menghafalkan kata – kata bahasa Inggris, cara belajar bahasa Inggris otodidak selanjutnya yaitu kamu harus mengembangkan skill kamu dengan writing. Bagi kamu yang belum terbiasa menulis dalam bahasa Inggris wajar bila pada awalnya kamu merasa canggung.

Baca Juga:  Kesulitan Menguasai Bahasa Inggris? Coba Ikuti Tips mudah bahasa inggris Berikut!

Untuk membantu kamu belajar menulis, kamu bisa menggunakan aplikasi menulis bahasa Inggris berikut ini, beberapa diantaranya yaitu:

• Grammarly

Grammarly merupakan aplikasi yang menyediakan koreksi grammar, saran vocabulary hingga penggunaan tanda baca yang tepat. Aplikasi ini tersedia untuk Mac dan ekstensi Chrome.

Grammarly untuk Mac merupakan sebuah aplikasi untuk mengedit teks dengan koreksi tata bahasa. Saat menulis menggunakan aplikasi ini, kesalahan penulisan akan ditandai di dalam tulisan dan koreksi atau saran akan muncul di bagian sebelah kanan.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ekstensi Chrome Grammarly yang bisa digunakan untuk membantu kamu menulis dalam bahasa Inggris. Saat menggunakan aplikasi ini di browser Chrome, indikator kesalahan akan muncul di sebelah kanan bawah.

• Hemmingway Editor

Hemmingway Editor merupakan salah satu aplikasi menulis yang populer. Aplikasi ini dapat memberikan koreksi dan memperbaiki tulisan bahasa Inggris sehingga mudah dibaca. Hemmingway Editor bisa kamu gunakan di browser (web app) secara gratis sedangkan aplikasinya baru tersedia di Mac.

6. Carilah Teman dan Ajaklah Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

Untuk mengembangkan skill speaking bahasa Inggris kamu, carilah teman yang bisa kamu ajak untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa mengajak temanmu yang sama – sama ingin belajar bahasa Inggris atau bisa juga mencari teman secara online dengan orang luar negeri.

Baca Juga:  5 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dengan Mudah

Banyak aplikasi chatting dengan bule yang bisa kamu install di smartphone kamu seperti Anygram, Slowly, Hello Pal, Tandem Language Exchange, HelloTalk, dan masih banyak aplikasi sejenis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *