Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang dengan sistem quantum learning

Posted on

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang – Apa motivasi anda belajar bahasa jepang? Maka jika pertanyaan tersebut ditanyakan kepada mereka yang sedang belajar bahasa jepang, bisa dipastikan jawabannya akan merujuk kepada dua hal: pertama, belajar bahasa jepang untuk kepentingan karir masa depan pekerjaan, merujuk pada data bahwa jepang adalah investor utama Indonesia, selain itu juga kerjasama pendidikan antara jepang dan indonesia semakin erat. Ini berarti bahwa peluang untuk melanjutkan studi, mendapatkan beasiswa dan magang kerja ke jepang akan semakin tinggi.

Sementara jawaban kedua biasanya terkait erat dengan ketertarikan atas hal budaya dan kretifitas jepang, biasanya terkait dengan kartun, anime dan manga Jepang. Mereka para penyuka manga dan anime, bahkan sengaja belajar bahasa jepang untuk mendekatkan diri dengan kebudayaan jepang. Tetapi selain alasan mendekatkan diri, ada juga yang ingin mengambil inspirasi lebih mendalam mengenai seni manga.

Lalu, jika pertanyaan tersebut ditanyakan kepada anda? Kenapa anda belajar bahasa jepang? Maka jawablah sesuai dengan tujuan anda, karena biasanya tujuan ini yang akan membawa kita menjadi belajar bahasa jepang dengan lebih semangat, lebih terarah dan tidak ikut-ikutan teman.

Bagi anda yang menjadikan motivasi belajar bahasa jepang untuk meningkatkan peluang kerja di berbagai bidang, maka belajar bahasa jepang secara luas, dalam artian bukan hanya bahasa jepang sehari-hari tetapi juga belajar bahasa jepang bisnis dan juga akademik. Terutama bagi mereka yang berada di jenjang pendidikan sarjana, belajar bahasa jepang akan meningkatkan nilai tawar anda di dunia kerja, sementara bagi mereka yang berprofesi perawat maka dapat menjadikan jalan untuk magang dan bekerja di jepang. Jepang adalah negara dengan kebutuhan perawat tertinggi di dunia.

Sementara, bagi mereka yang menjadikan belajar bahasa jepang sebagai ketertarikan budaya, maka belajar bahasa jepang dasar hingga tingkat mahir secara menyeluruh, nantinya akan bermanfaat ketimbang belajar bahasa jepang ala akadarnya saja. Mengapa harus menyeluruh, kebudayaan jepang bukan hanya soal manga dan anime saja, bahkan filosofi dan kebudyaan jepang yang ratusan tahun dengan kekaisarannya bisa anda pelajari melalui literatur literatur utama yang ditulis dengan bahasa jepang berbentuk kanji.

Baca Juga:  Tiga Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Offline Paling Mudah

Nah, bagi mereka yang belajar bahasa jepang untuk pemula, ada beberapa opsi yang bisa anda pilih. Bagi anda yang masih berada di jenjang sekolah menengah, bisa memilih belajar bahasa jepang dasar dengan memilih studi perkuliahan sastra jepang atau bahasa jepang di beberapa kampus besar di Indonesia. Sastra jepang adalah jurusan yang bukan hanya menjadikan anda fasih bahasa jepang, tetapi juga memahami struktur negara jepang secara komprehensif, baik dari segi budaya, seni, pengetahuan dan bahkan politiknya.

Selain dengan memilih kuliah bahasa jepang atau sastra jepang, belajar bahasa jepang untuk pemula dapat juga dilakukan dengan mengikuti les kursus yang disediakan lembaga les, pusat bahasa hingga komunitas. Kelebihan yang didapat belajar bahasa jepang untuk pemula melalui les atau kursus adalah anda dapat mengatur waktu sambil bekerja atau kuliah, jauh lebih fleksible ketimbang anda harus kuliah bahasa jepang kan?

Nah, kelebihan lain belajar bahasa jepang melalui les dan kursus adalah sistem pembelajarannya bertahap terstruktur dan memastikan anda berada di jalur yang benar untuk mendapatkan sertifikat bahasa jepang sebagai pintu masuk bagi cita-cita anda kedepan: belajar di jepang, magang di jepang atau mendapatkan beasiswa di jepang (mombusho atau monkugakusho adalah beasiswa bergengsi yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang kepada masyarakat Indonesia).

Opsi yang ketiga adalah belajar bahasa jepang untuk pemula bisa juga dnegan belajar bahasa jepang secara otodidak. Jangan khawatir, belajar otodidak dapat juga memperkuat kemampuan bahasa jepang anda. Ada beragam metode yang bisa dipakai sebagai cara belajar bahasa jepang. Bahkan beberapa metode menawarkan cara cepat belajar bahasa jepang hanya dalam waktu satu tahun saja.

Cara cepat belajar bahasa jepang yang umum diketahui adalah dengan sistem quantum learning. Apa itu sistem quantum learning dan relevansinya dengan cara cepat belajar bahasa jepang? Quantum learning adalah sistem untuk memaksimalkan pemahaman anda dalam menguasai kosakata bahasa jepang secara cepat, memahami tata bahasa jepang secara efektif dan juga menumbuhkan minat anda untuk membaca.

Baca Juga:  Kata Kerja Bahasa Jepang dalam kegiatan sehari hari

Sistem quantum learning dapat diaplikasikan paling efektif dalam meningkatkan kosakata anda, dan biasanya kosakata memegang peranan penting dalam memahami tata bahasa, bercakap-cakap, mendengarkan dan membaca tulisan tulisan jepang. Nah, sudah saatnya anda mengetahui cara cepat belajar bahasa jepang dengan sistem quantum learning.

Sistem quantum learning untuk meningkatkan kosakata dalam bahasa jepang dimulai dengan cara sederhana, yaitu menempelkan kosakata di sekitar anda ke dalam otak anda dengan bantuan dua benda: kertas dan isolatip. Pertama-tama, tulis semua benda-benda yang ada di sekitar anda, baik di kamar tidur hingga ruang tamu. Tulislah ke dalam secarik kertas, kemudian tempelkan ke permukaan benda-benda tersebut.

Nah, saat ini anda mempunyai sekitar puluhan kosakata benda benda yang ada di sekitar anda untuk dihafal kan? Mulailah menghafal sehari lima kosakata saja di sekitar anda dengan melihat benda-benda yang sudah ditulis dengan huruf jepang. Hafalkan berulang ulang lima kosakata tersebut sampai anda benar-benar hafal. Baru hari berikutnya anda bisa melanjutkan ke lima kosakata yang lain. Jadi dalam sebulan anda bisa menghafal ratusan kosakata. Luar biasa bukan?

Cara cepat belajar bahasa jepang dengan sistem quantum learning juga bisa dipakai untuk memahami tata bahasa jepang. Pilihlah tiga susunan tata bahasa jepang paling dasar saja, kemudian tuliskan ke dalam selembar kertas kecil rumusnya, kemudian anda hafalkan satu tata bahasa setiap satu bulan sekali saja. Kenapa satu kali satu bulan? Agar tidak menggganggu proses anda menghafal kosakata yang sudah banyak per harinya tersebut.

Langkah selanjutnya cara cepat belajar bahasa jepang dengan sistem quantum learning adalah mengevaluasi hasilnya. Anda bisa menuliskan di selembar kertas sebagia evaluasi, dengan menuliskan minimal 100 kosakata yang telah anda hafal tanpa melihat buku dan tanpa melihat benda yang anda hafal.

Baca Juga:  Empat Alasan Sekolah Jepang akan mencerahkan masa depan anda

Jika anda mampu menuliskan 100 kosakata tersebut secara lengkap dan tepat, berarti proses belajar anda berhasil. Sementara jika hasilnya berada di bawah perkiraan anda, tidak masalah yang penting anda sudah berusaha belajar sebaik baiknya.

Cara cepat belajar bahasa jepang dengan sistem ini, juga tergantung dengan ketekunan, kedisiplinan dan juga kefokusan anda. Misal jika anda belajar sambil bermain handphone atau bermedia sosial, maka dipastikan hasilnya tidak akan efektif dan mengganggu proses perkembangan belajar anda.

Itulah mengapa dalam belajar bahasa jepang dasar, khususnya belajar bahasa jepang untuk pemula, target begitu penting. Jika anda menargetkan bisa menyelesaikan 1000 kosakata dalam waktu setahun. Maka anda harus memangkas waktu anda bermain smartphone setidaknya sampai sejam hingga dua jam sehari. Ada yang perlu anda korbankan untuk meraih cita cita anda bukan? Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *