Ikuti 3 Cara Kuliah di Australia dengan Mudah Melalui Beasiswa

Posted on

Cara Kuliah di Australia – Universitas di Australia dan institusi pendidikan lainnya telah dikenali di seluruh dunia melalui kualitas terbaiknya. Pendidikan yang diberikan memiliki kualitas yang baik. Jadi tidak heran jika ratusan bahkan ribuan mahasiswa dari berbagai negara ingin menempuh pendidikan di Australia.

Pendidikan yang ditawarkan meliputi pengajaran standar internasional, penelitian yang lengkap dan luas dan beasiswa atau pertukaran pelajar. Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Australia cermati bagaimana prosesnya.

Apa saja langkah yang harus dilakukan oleh mahasiswa internasional agar bisa masuk ke universitas di Australia? Secara umum ada tiga cara yang perlu dilakukan yaitu mencari universitas mana saja yang sesuai, mencari beasiswa kuliah di Australia dan mendaftar.

Tiga langkah mudah ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda harus mempersiapkan diri setidaknya satu tahun sebelum pendaftaran masuk universitas atau beasiswa dibuka. Berikut ini rincian bagaimana Anda bisa lebih mudah melakukan ketiga cara tersebut.

Mencari Universitas yang Tepat

Cara kuliah di Australia yang pertama adalah Anda harus memilih manakah universitas yang menyediakan jurusan sesuai ilmu yang ingin dipelajari. Apabila Anda hendak melanjutkan pendidikan S2 atau S3 maka bidang ilmu yang dicari sudah pasti. Namun jika Anda ingin melanjutkan pendidikan S1 maka harus lebih cermat dalam memilih.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jurusan yaitu sesuai dengan pekerjaan yang akan ditekuni. Setelah itu carilah universitas dengan jurusan yang dibutuhkan, dimana universitas tersebut didirikan dan berapa biayanya.

Memilih Beasiswa yang Sesuai Bidang

Ada banyak beasiswa yang ditawarkan pemerintah Australia, yayasan dan juga universitas. Masing-masing beasiswa tersebut memiliki tujuan masing-masing namun ada pula beasiswa umum yang bisa diberikan pada jurusan apapun. Beasiswa jenis umum biasanya dilakukan rutin tahunan dan terbuka untuk banyak siswa.

Baca Juga:  3 Beasiswa Australia dari Pemerintah yang Wajib Diikuti

Beasiswa dengan tujuan tertentu biasanya diberikan untuk tujuan penelitian sesuai jurusan masing-masing. Jenis beasiswa ini biasanya tidak diselenggarakan tahunan namun karena program khusus. Nah Anda harus lebih jeli dalam memilihnya.

Mendapatkan beasiswa akan sangat membantu Anda untuk bisa kuliah gratis jadi pilih dengan seksama. Jangan lupa perhatikan syarat yang diberikan, apakah nilai akademik dan kepribadian sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Mendaftarkan Diri Masuk Universitas

Setelah rangkaian mencari universitas dan juga beasiswa saatnya bagi Anda untuk mendaftarkan diri. Cermati apakah semua persyaratan yang dibutuhkan sudah dilengkapi semua. Jangan sampai Anda terlambat mengumpulkan berkas seleksi karena keterlambatan tidak akan mendapatkan toleransi.

Selalu catat dan ingat tanggal penting mendaftar di universitas, seperti kapan harus mengumpulkan berkas, pengumuman dan tanggal ujian masuk. Biasanya tidak hanya berkas saja yang dinilai, beberapa universitas menyelenggarakan ujian masuk baik tertulis atau wawancara.

Syarat Kuliah di Australia yang Harus Dipenuhi Sebelum Berangkat

Cara kuliah di Australia agar berhasil menggunakan beasiswa membutuhkan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Banyak berkas ada seringkali syarat yang tidak tertulis harus diketahui. Nah apa saja kira-kira syarat yang harus Anda penuhi sebagai calon mahasiswa internasional?

Berikut ini macam-macam syarat agar lancar kuliah di Australia.

Menguasai bahasa Inggris

Tanpa ditanya ini adalah kualifikasi penting yang wajib dimiliki Anda. Bagaimana Anda bisa mengikuti perkuliahan jika tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris? Bukti kemampuan bahasa Inggris juga harus dilampirkan dalam bentuk dokumen. Siapa saja harus memiliki sertifikat tes bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS dengan skor tertinggi.

Menghitung biaya

Walaupun Anda mendapatkan beasiswa bukan berarti buta sama sekali dengan biaya yang dibutuhkan selama perkuliahan. Anda harus tahu berapa jumlah biaya yang dikeluarkan setiap semesternya hingga biaya hidup. Tidak semua beasiswa menutup kebutuhan hidup.

Baca Juga:  7 Alasan Kenapa Kalian Harus Kuliah di Australia

Jangan sampai Anda kekurangan biaya karena tidak menghitung sejak awal berapa jumlah beasiswa yang diberikan.

Membuat visa pelajar

Kuliah di Australia membutuhkan visa sebagai dokumen izin tinggal. Anda bisa mengurus visa setelah mendapatkan surat diterima di universitas Australia. Pilih visa pelajar sehingga mendapatkan izin untuk tinggal lebih dari 90 hari. Buatlah visa di kedutaan Australia di Jakarta. Jangan sampai izin tinggal Anda kurang dari 90 hari karena beresiko di deportasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *