cara kuliah di jerman

Cara Kuliah di Jerman Serta Persyaratan yang diperlukan

Posted on

Cara Kuliah di Jerman– Jerman menawarkan kesempatan besar tidak hanya untuk siswa dari negara-negara Eropa, tapi juga siswa internasional dari seluruh dunia untuk masuk di Universitas kelas dunia yang ada di Jerman.

Jerman memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi, standar kehidupan yang tinggi, serta kaya akan budaya, sehingga belajar di Jerman akan menjadi pengalaman yang menarik.

Kuliah di Jerman juga menjanjikan masa depan cerah karena lulusan Jerman sangat dihormati dan dihargai tinggi oleh perusahaan multinasional di seluruh dunia.

Di zaman teknologi ini, setiap siswa tidak hanya ingin sekedar berpendidikan tinggi. Tapi mereka juga ingin menjelajahi dunia dengan belajar di luar negeri, terlebih di negara yang memiliki kualitas pendidikan lebih baik. Dan Jerman merupakan salah satu negara tujuan studi paling terkenal, selain Inggris, Australia, dan Amerika Serikat.

Baca Juga:  Ingin Kuliah di Jerman? Ini Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah

Belajar di Jerman memiliki keuntungan tersendiri karena pemerintah Jerman menanggung biaya kuliah semua mahasiswa yang belajar di Universitas Negeri, baik pada mahasiswa lokal maupun asing. Nah buat kamu yang berencana belajar di Jerman, berikut ini panduan cara kuliah di Jerman serta persyaratan yang harus dipenuhi.

cara kuliah di jerman

1.Tentukan Universitas

Langkah pertama kalau kamu berencana kuliah di Jerman adalah menentukan program studi dan Universitas yang sesuai dengan minat. Seharusnya ini bukan masalah besar, karena berdasar data dari German Academic Exchange Service (DAAD), terdapat hampir 17.000 program studi yang tersedia di berbagai kampus di Jerman.

Tapi memang hanya sedikit program studi jenjang sarjana yang menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahannya.

Temukan program studi yang cocok dengan rencana masa depan kamu. Hampir semua Universitas di Jerman memiliki kualitas yang sama bagusnya. Sehingga tidak relevan menanyakan kampus favorit di Jerman, yang paling penting kamu bisa diterima perguruan tinggi di Jerman dengan program studi yang sesuai dengan bakat.

Selain itu, pastikan ilmu yang dipelajari sesuai dengan kebutuhan di tanah air, sehingga akan memberikan manfaat saat kamu kembali.

2. Cek persyaratan pendaftaran

Sebelum mendaftar, cek dulu apakah ijazahmu diakui Universitas di Jerman. Untuk pelajar dari sekolah menengah Indonesia yang akan studi S1 di Jerman, diharuskan mengikuti studienkolleg atau kelas penyetaraan sebelum mendaftar kuliah di Jerman.

Studienkolleg umumnya berlangsung selama 1 tahun yang terbagi dalam 2 semester. Untuk masuk studienkolleg, syarat utamanya adalah memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jerman, minimal level B1. Jadi buat kamu yang ingin kuliah S1 di Jerman, sebaiknya mulai ikut kursus bahasa Jerman sejak kelas 10 SMA.

Baca Juga:  Berencana Kuliah di Luar Negeri Setelah SMA? Ikuti Tes SAT di Jakarta

3. Tentukan sumber pembiayaan

Untuk memenuhi persyaratan visa pelajar, kamu harus menunjukkan bukti deposit uang jaminan sebesar € 8600 per tahun. Uang jaminan tersebut sebagai bukti bahwa kamu memiliki sumber dana untuk menutupi biaya hidup selama setahun.

Kalian tidak harus menunjukkan uang jaminan kalau kuliah ke Jerman melalui program beasiswa, karena otomatis biaya hidup ditanggung oleh pemberi beasiswa atau sponsor.

4.Lakukan pendaftaran

Kalau kamu sudah memenuhi semua persyaratan, saatnya melakukan pendaftaran. Kamu bisa mendaftar langsung ke kantor perwakilan Universitas Jerman yang ada di Indonesia atau bisa juga menggunakan situs www.uni-assist.de. Situs tersebut merupakan pusat layanan penerimaan mahasiswa internasional yang dikelola oleh Layanan Pertukaran Akademik Jerman (DAAD).

Kebanyakan Universitas di Jerman membuka pendaftaran dua kali setahun, yaitu pendaftaran musim dingin yang harus dibuat sebelum 15 Juli, dan pendaftaran musim panas yang harus diterima paling lambat 15 januari.

Ada baiknya untuk mengirimkan aplikasi paling tidak 6 minggu sebelum deadline agar pihak kampus punya cukup waktu untuk memeriksa kalau ada dokumen yang kurang lengkap.

5. Siapkan asuransi kesehatan

Sebelum meninggalkan tanah air, kamu harus mendaftar asuransi kesehatan untuk melindungi selama kamu tinggal di Jerman. Kartu asuransi ini diperlukan saat kamu mendaftar visa pelajar dan juga ketika daftar ulang di Universitas di Jerman.

Premi yang harus dibayarkan ke perusahaan asuransi yang diakui pemerintah Jerman adalah berkisar antara 80-160 Euro tiap bulannya.

cara kuliah di jerman

6. Melamar visa pelajar

Persyaratan mendapatkan visa pelajar ini bisa berbeda-beda tergantung negara asal. Tapi secara umum, kamu harus apply di kantor kedutaan besar Jerman di Jakarta dan menyiapkan beberapa dokumen utama, diantaranya passport, pas foto, bukti penerimaan dari Universitas di Jerman, transkrip nilai, sertifikat kemampuan bahasa, bukti asuransi kesehatan, serta bukti deposit uang jaminan

Baca Juga:  Kota di Jerman yang Wajib Dikunjungi Para Wisatawan

7. Mencari tempat tinggal (akomodasi)

Setelah kamu mendapat kepastian diterima di kampus tujuan dan mendapat visa pelajar, disarankan untuk segera mencari tempat tinggal. Kamu tidak harus pergi ke Jerman hanya untuk mendapatkan kos, tapi kamu bisa menghubungi perwakilan PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) yang ada di kota tempat kampusmu berada.

8. Daftar ulang

Langkah terakhir adalah melakukan daftar ulang. Bergantung pada Universitas, kamu mungkin perlu mendaftar langsung atau bisa lewat email atau mengirim dokumen yang diperlukan. Saat daftar ulang, biasanya kamu juga harus membayar biaya administrasi sebesar antara € 150 dan € 250 per semester.

Nah itu tadi gambaran mengenai cara kuliah di Jerman dan persyaratannya. Kalau kamu masih ingin tahu lebih banyak tentang cara kuliah di Jerman serta tips-tips menarik untuk mengatasi berbagai hambatan untuk mewujudkan cita-cita cara kuliah di Jerman atau di negara lainnya.

Segera kunjungi Virtu Education berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan atau kunjungi www.virtueducation.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *