cara membuat dialog bahasa inggris

Cara Membuat Dialog Bahasa Inggris Secara Tematik

Posted on

Cara membuat dialog bahasa inggris untuk latihan percakapan ataupun untuk mendalami pembelajaran toefl berbasis listening dapat dibuat dengan sistem tematik. Sistem tematik ini akan mempermudah kita dalam menyusun struktur dialog dalam bahasa inggris.

Dialog dalam bahasa inggris strukturnya dapat dibagi dalam tiga tahap, tahap-tahap ini akan memudahkan anda dalam menyusun sebuah dialog yang mudah dipelajari dan dipraktekkan dalam latihan percakapan pelajaran materi bahasa inggris percakapan.

Baca juga ” Contoh Kalimat Present Perfect dalam Dialog Listening TOEFL

Struktur tahap pertama dalam cara membuat dialog bahasa inggris adalah kata kata sapaan. Anda bisa membuat dialog dengan diawali kata kata sapaan, misalnya kata sapaan berbasis waktu misalnya selamat pagi, siang ataupun malam. Atau juga bisa menggunakan kata kata sapaan berbasis pertemanan, seperti hello guys, hai everyone dan lain-lain.

Struktur tahap kedua adalah dengan memasuki dialog melalui sebuah pengantar. Pengantar ini bisa diawali dengan memulai menyinggung masalah sebelumnya, menyinggung sebuah tema, menyinggung sebuah isu atau masalah yang pernah didengar. Pengantar ini akan memudahkan anda untuk membahas sebuah tema secara lebih mendalam.

Struktur tahap ketiga adalah bagian inti dan juga penutup. Inti ini adalah pembahasan tema yang sedang dibahas. Anda bisa membahas tema dengan contoh dua dialog ataupun tiga dialog. Cara membuat dialog bahasa inggris dengan tema tertentu (tematik) harus mempunyai tujuan yang jelas sehingga pembahasannya bisa terfokus dan tidak kemana-mana.

Sementara pada bagian terakhir, sesi penutup bisa ditutup dengan ucapan terima kasih (thank you) ataupun dengan penutupan formal (see you next time), atau penutupan romantis (miss you).

Contoh tema apa saja yang bisa dipakai cara membuat dialog bahasa inggris?

Baca Juga:  Mari Belajar Kata Kerja v1 v2 v3 Untuk Kamu Pelajari

1.Tema dialog yang mudah dibuat dalam bagian pembahasan agar terfokus misalnya adalah: mengajak makan malam, mengajak bermain, mengajak mengerjakan pekerjaan rumah bersama. Atau tema membicarakan masalah di sekolah dan pertemanan.

2.Tema dialog yang agak lebih berat biasanya tema diskusi politik, ekonomi atau membahas tema sebuah proyek tugas yang diberikan dosen. Pada beberapa dialog yang lebih mahir biasanya mendiskusikan sebuah perencanaan tema yang lebih panjang, misalnya mendiskusikan jalannya sebuah drama yang akan dibuat, atau mendiskusikan jalannya sebuah organisasi.

cara membuat dialog bahasa inggris

Contoh-contoh kata sapaan pembuka dalam cara membuat dialog bahasa inggris?

1.Kata kata sapaan berbasis waktu misalnya dengan selamat pagi (good morning), selamat siang (good afternoon), selamat malam (good night).

2.Kata kata sapaan berbasis pertemanan seperti hallo teman teman (hello guys), halo semuanya (hello everyone), hallo teman sekelas (hai class).

3.Kata kata sapaan berbasis strata misalnya panggilan seperti ibu (mrs), panggilan berbasis bapak (mr), panggilan berbasis kakak perempuan (miss), atau panggilan gelar seperti profesor.

Contoh contoh kata sapaan penutup dalam cara membuat dialog bahasa inggris:

1.Kata kata penutup formal, misalnya dengan thank you in advance.

2.Kata kata penutup informal, misalnya dengan see you tomorrow.

3.Kata kata penutup romantis, misalnya miss you.

Selanjutnya berikut beberapa contoh cara membuat dialog bahasa inggris berbasis pada tema-tema tertentu (tematik):

1.Contoh cara membuat dialog bahasa inggris dengan tema mengajak makan atau membuat pekerjaan rumah bersama;

David : Hai Martha, how are you?
Martha : hai David, I’m fine, how do you do?
David : do you free tonight? I have two voucher from Mirasa Restaurant, if you want to join me to dinner to night?
Martha : Owh, romantic, nice, sounds interesting, I’m in David. I’ll be join.
David : thanks, don’t forget at 7 pm, see you
Martha : see you david.

Baca Juga:  Kesulitan Menguasai Bahasa Inggris? Coba Ikuti Tips mudah bahasa inggris Berikut!

Terjemahan:

David : hai martha, bagaimana kabarnya?
Martha : hai david, saya baik, bagaimana dengan kamu?
David : apakah kamu kosong malam ini? Saya dapat dua voucher makan dari Restoran Mirasa, jika kamu mau kita bisa makan malam bareng malam ini?
Martha : awh, romantis, baik sekali, kelihatannya bagus. Saya gabung david, saya akan ikut.
David : terima kasih, jangan lupa pukul 7 malam ya, sampai jumpa
Martha : sampai jumpa david.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *