Lima Langkah Cara Membuat Email

Posted on

Cara Membuat Email – Pada era modern ini, penggunaan surat elektronik (atau biasa kita sebut sebagai e-mail) sudah semakin sering digunakan, bahkan dalam surat menyurat di kantor pemerintahan dan kantor swasta sudah sering menggunakan email dibandingkan dengan membuat surat-surat berbentuk kertas dan harus dikirim via pos.

Penggunaan email dalam surat menyurat perkantoran, setidaknya akan memangkas lima puluh persen biaya operasional, meningkatkan efektivitas pekerjaan hingga dua kali lipat dan juga paling bagus adalah mempercepat pengambilan keputusan kerja. Kenapa bisa begitu?

Karena ternyata, surat surat berbentuk kertas dan dikirim via pos akan memakan waktu yang lama, memakan ruang yang banyak untuk menaruh dan menyimpan berkas-berkas, serta memerlukan waktu yang lama untuk mesortir dan meneliti ulang dari satu dokumen ke dokumen yang lain. Dibandingkan dengan data via email, data via surat surat akan cenderung melelahkan untuk dilihat lihat (apalagi bolak balik membuka kertas-kertas).

Penggunaan surat elektronik dalam proses lamaran kerja juga akan memudahkan pekerjaan, karena surat elektronik (email) memudahkan pencari kerja untuk mengirim berkas lamaran dalam hitungan detik. Sementara disisi lain, para hrd atau perusahaan bisa mensortir dokumen-dokumen dalam sebuah folder khusus dan bisa mensortir kualifikasi pelamar hanya dalam hitungan jam saja, tidak seperti kertas kertas yang perlu dibolak-balik dan memerlukan ruang banyak untuk menaruh dokumen.

Selain pada proses lamaran kerja, proses disposisi atau laporan kepada atasan pun juga mudah dilakukan menggunakan email. Jika anda berada di luar kota, atau sedang berada dalam kondisi liburan atau cuti, maka cukup menggunakan email untuk mengirim dokumen atau berkas. Selain itu, email juga memudahkan pekerjaan wartawan dalam melaporkan berita secara cepat dan kilat sehingga berita segera naik tayang dengan cepat.

Nah, karena sangat pentingnya penggunaan email ini, bagi generasi milenial mungkin saja mudah dalam membuat email karena sudah terbiasa berselancar di internet dan juga bermain media sosial, tetapi bagi generasi lain atau generasi old memerlukan panduan khusus cara membuat email. Berikut cara membuat email secara mudah:

Baca Juga:  Aplikasi Photoshop Portable Gratis

Pertama-tama, adalah anda mesti memahami jenis-jenis email yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Email yang pertama adalah email korporat yang menginduk kepada institusinya, misalnya: softyan@gunadarma.ac.id atau anto@telkomsel.id maka kedua nama ini adalah pegawai gunadarma atau telkomsel yang diberikan email khusus korporasi.

Pada penggunaan yang sama, para pengusaha dan juga akademisi bisa menggunakan email korporasi untuk jenis namanya sendiri, seperti saran@satemaduratangerang.com atau kritik@ayamtaichan.com. pada penggunaan jenis ini, para pengusaha dan akademisi bisa membuatnya melalui penjual-penjual hosting dan website yang mudah ditemui di internet atau jasa usaha domain dan warnet. Cara membuat email versi ini memerlukan verifikasi seperti ktp dan keterangan usahanya.

Pada tipe email kedua adalah email umum yang mayoritas penduduk planet ini, cara membuat email versi umum ini juga gampang tidak memelukan verifikasi yang njlimet dan ruwet. Email email versi umum ini dapat dibuat di situs pembuat email-email besar seperti google (google mail atau gmail), microsoft (live.com), atau hotmail.com dan juga beberapa provider semi berbayar seperti indosat dan isp internet yang anda langgankan.

Cara membuat email paling mudah adalah menggunakan dua provider atau dua jasa terbesar yang ada di dunia dan juga digunakan oleh mayoritas penduduk bumi yaitu google mail dan juga yahoo. Google mail (gmail) adalah salah satu lini bisnis yang dimiliki google, khusus bergerak di bidang surat elektronik, gmail juga menyediakan fasilitas paling lengkap seperti goole drive untuk penyimpanan file, dan mudahnya adalah akun gmail anda langsung bisa digunakan untuk layanan google yang lain seperti adsense, youtube hingga google photo dan google plus.

Sementara cara membuat email kedua bisa dilakukan menggunakan Yahoo. Yahoo dahulunya adalah perusahaan besar mesin pencari (jauh lebih dahulu ketimbang google) lalu merambah bisnis pembukaan surat elektronik. Cara membuat email yahoo jauh lebih menarik ketimbang gmail, karena ekstensi yahoo untuk masing masing email negara berbeda satu sama lain. Tertarik mencoba?
Cara kedua adalah memilih menggunakan yahoo, gmail, plasa, hotmail, live atau dari provider kantor anda. Akan lebih baik anda mencoba membuat email yahoo dan gmail agar lebih mudah. Secara kemudahan, cara membuat email gmail jauh lebih mudah ketimbang cara membuat email yahoo.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Tetapi jika dibandingkan dengan gmail, cara membuat email yahoo terasa lebih unik, karena jika anda membuat email yahoo ketika bersekolah di Inggris atau Malaysia, tentunya akan mendapat ekstensi yang berbeda dibandingkan mereka yang membuat email yahoo di Indonesia. Misalnya menjadi: mia.edinburg@yahoo.co.uk, atau mia.um@yahoo.co.my, serta jika di indonesia menjadi: mia.ui@yahoo.co.id.

Cara ketiga cara membuat email yahoo sendiri jika dari Indonesia bisa membuka website: www.yahoo.co.id, atau www.yahoo.com. jika membuka yahoo.co.id, maka tampilan akan menggunakan bahasa Indonesia, sementara jika membuka yahoo.com akan menampilkan halaman berbahasa inggris.

Cara keempat selanjutanya cara membuat email adalah klik: register atau sign up (berfungsi untuk pendaftaran baru). sementara jika sudah membuat email dan ingin masuk tinggal masuk ke: sign in. Kemudian dilanjutkan mengisi data diri lengkap dari nama, tanggal lahir, ekstensi email yang diinginkan hingga password yang diinginkan.

Saran untuk anda yang sedang membuat email baru dan pemula, akan lebih baik membuat email dengan mode formal dibandingkan alay, karena akan mempengaruhi penilaian proses kerja dan juga klien bisnis anda. Orang akan lebih tertarik melihat email anda: budi.andrianto@yahoo.co.id ketimbang: budi.anakhitampacitan@yahoo.co.id karena pada email pertama cenderung profesional dan serius.

Proses selanjutnya adalah tinggal merampungkan proses pendaftaran, membuat password email gabungan dari kata dan juga angka, misalnya: ari17775, maka password anda bisa dikategorikan password yang sangat kuat. Jangan pernah membuat password email dari tahun lahir anda karena sangat gampang sekali dihack atau diretas.

Cara kelima terakhir adalah mengetahui cara membuat email gmail, gmail sendiri adalah email sejuta umat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa membuka website: www.mail.google.com, atau tinggal ketikkan “gmail” di google maka websitenya akan keluar dengan sendirinya.

Baca Juga:  Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Cara membuat email gmail sama persis dengan cara membuat email yahoo, yaitu dengan mengklik: sign up atau register. Sementara bagi anda yang sudah pernah membuat gmail bisa membuka: sign in (masuk). kemudian ketika anda mendaftar, akan diminta mengisi seluurh formulir yang ada, serta membuat ekstensi email yang diinginkan.

Cobalah untuk membuat email formal yang mudah diingat orang dan terkesan profesional, cukup membuat email dari nama anda sudah terkesan elegan, misalnya: andri.jayaningrat@gmail.com atau andri-jayaningrat@gmail.com, atau jika sudah digunakan orang bisa anda balik: jayaningratandri@gmail.com. nama nama tersebut akan terlihat lebih terhormat ketimbang: andri.ganteng@gmail.com.

Demikianlah lima tahap cara membuat email gmail dan cara membuat email yahoo, anda juga bisa membuat email lain di hotmal, plasa, indosat atau provider yang diberikan oleh institusi anda bekerja. Tetapi disarankan untuk membuat email di gmail atau yahoo untuk email cadangan berkas berkas penting anda dan juga email cadangan jika email utama anda mengalami gangguan, atau justru menggunakan email gmail dan yahoo sebagai email utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *