Mau Rekrutmen? Pelajari Cara Membuat Google Form agar Lebih Mudah

Posted on

cara membuat google form – Pernahkah anda diminta menjadi panitia rekrutmen, entah rekrutmen organisasi di tingkat lokal, sekolah, kampus atau rekrutmen pekerjaan. Tetapi bingung cara memproses seleksi berkas berkas yang masuk. Mulailah tinggalkan sistem seleksi cara lama yang harus membawa berkas berkas tebal, mengirim lewat pos atau ekspedisi, membuat ruang kantor penuh dan kertas kertas berserakan. Belum lagi anda pusing membaca satu per satu berkas yang anda sendiri tidak familiar.

Pada akhirnya berkas-berkas yang terlalu banyak itu, hanya akan anda ambil yang penting penting saja. Sementara berkas sisanya masuk ke dalam ke dalam tong sampah. Kejadian ini bisa jadi membuat waktu anda terbuang sia-sia dan malah juga membuang berkas-berkas calon yang potensial bukan? Nah, pada awal perubahan teknologi informasi, orang-orang akhirnya beralih menggunakan email untuk melakukan rekrutmen kerja dan organisasi.

Baca juga ” Mau Melanjutkan S2 Beda Jurusan? Tentu Saja Bisa, Simak Cara-Cara Berikut Ini “

Sayangnya, perubahan format rekrutmen dari berkas fisik ke berkas elektroni email juga sama membuat ribet. Anda bisa bayangkan bagaimana seorang HRD mendapat kiriman ratusan email per hari dalam posisi jabatan yang dilamar satu saja, lalu bagaimana jika ada lima posisi jabatan yang ditawarkan dan terdapat hampir ratusan email bukan?

Belum lagi sikap dan format yang dikirim para pelamar melalui email bisa jadi berbeda antara satu sama lain, misalnya ada yang menggunakan subyek secara umum dengan tulisan “lamaran pekerjaan”, sementara yang lain ada yang mencantumkan posisi yang dilamar melalui subyek dan bahkan di bodynote email tidak dicantumkan apa apa selain lampiran berkas yang dikirim, belum lagi penamaan berkas elektronik antara satu pelamar dengan pelamar lain berbeda penamaan file. Pusing bukan?

Nah, lalu bagaimana solusinya? Jika anda ingin melakukan rekrutmen kerja, rekrutmen organisasi atau bahkan survei singkat mengenai produk anda atau apapun yang membutuhkan formulir. Maka pelajari cara buat gogole form untuk memudahkan aktivitas anda.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Iklan di Google

Apa itu google form? Google form adalah sejenis formulir elektronik yang disediakan oleh penyedia jasa google. Google form ini biasanya familiar disebut dengan google docs forms dalam bahasa inggris, karena selain itu cara membuat google form harus melalui website google docs form.

Lalu apa kegunaan google form dan maksud dibuatnya google docs forms? Google form adalah layanan formulir elektronik yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan kantor, karena masih terintegrasi dengan layanan lain seperti drive. Maka google form ini nantinya bisa diubah menjadi format database untuk memudahkan data yang sudah diinput ke dalam google form. Lalu data yang sudah diubah ke dalam format tabel ini bisa dikirim ke email bos besar, atau diupoad ke drive kantor untuk dievaluasi. Mudah bukan?

Lalu, bagaimana sistem kerja google form dan cara membuat google form? Sistem kerja google form adalah, pertama, anda membuat google form di website google docs forms, isi format sesuai data yang ingin diambil, jika anda ingin merekrut data pekerja isikan kriteria yang diminta secara lengkap mulai dari biodata diri secara lengkap, pengalaman pekerjaan, dan bahkan bisa mengupload file yang anda minta, keren bukan? Jadi cv yang berbentuk pdf bisa diupload di bagian akhir.

cara membuat google form agar

Langkah kedua, cara membuat google form adalah dengan mempercantik formulir yang sudah anda buat, anda bisa buat baground google form anda dengan foto muka depan kantor anda untuk menyakinkan para pelamar. Selanjutnya anda bisa copy link google form untuk disebarkan atau dicantumkan di pamflet rekrutmen kerja/organisasi anda. Persoalaan yang sering ditemui adalah link dari gogle form yang dibuat lumayan panjang, anda bisa perpendek link tersebut dengan software atau website cara memperpendek link, bisa dicari di google dengan mengetikkan “memperpendek link google form”.

Langkah ketiga, cara membuat google form untuk rekrutmen kerja atau survei, anda tinggal menunggu hasilnya melalui excel, bentuk excel ini otomatis sudah diberikan oleh google form. Jadi ketika sudah ada 100 pelamar yang masuk datanya ke dalma google form anda. Maka anda tinggal buka format excelnya untuk melihat dan membacanya. Jika dirasa sudah cukup, anda tinggal download dalam bentuk pdf, ms word atau ms excel, lalu bisa anda bagikan ke tim anda melalui email atau drive atau sosial media internal kantor seperti grup whatsapp dan line.

Baca Juga:  Berkenalan dengan Aplikasi Penghapus Virus Paling Populer

Menariknya adalah membuat google form juga disediakan tabulasi akhir berupa grafik, jadi bagi anda yang membuat google form untuk survei produk atau survei promo tertentu sudah bisa mendapat hasil akhir berupa grafik secara lengkap, baik secara keseluruhan atau satu per satu data yang ingin ditelaah secara mendalam.

Nah, sampai pada tahap ini, proses cara membuat google form sudah bisa dipahami secara utuh ya. Selain proses cara membuatnya yang perlu dipahami, anda juga mesti memahami bahwa membuat google form juga menyediakan berbagai fitur yang mesti anda manfaatkan. Misalnya ketika anda membuat google form untuk seleksi kantor, gunakan opsi pilihan untuk memilah posisi jabatan yang tawarkan, jadi semacam pilihan ganda (choice) yang bisa diklik.

Opsi pemilahan ini akan memudahkan anda dalam merekap data dari google form yang anda buat, selain itu beberapa fitur menarik lain jika anda membuat google form untuk survei produk dan merek adalah fitur komentar singkat. Membuat google form tersedia sebuah fitur komen singkat yang bisa diisi pelanggan anda ketika ingin berkomentar memberikan saran dan kritik dalam kalimat yang terbatas, atau anda bisa membuat komentar dengan ruang yang besar juga bisa.

Nah, selanjutnya, bagaimana mengelola data yang telah masuk ke dalam google form tersebut. Ketika anda membuat google form, maka data akhir yang bisa anda dapatkan berupa tabulasi excel, pdf atau berbentuk dokumen, atau anda bisa juga menyebarkan dokumen akhir ini kepada tim hrd atau tim yang akan memeriksa data yang telah masuk bukan. Nah, pada kesempatan ini, anda bisa gunakan fitur email, sosial media, pesan instan whatsapp dan line, tetapi lebih disarankan untuk menggunakan google drive.

Baca Juga:  Enam Aplikasi Edit Video Terbaik Android

Kenapa disarankan menggunakan google drive? Karena mengirimkan file menggunakan google drive memiliki sejumlah kelebihan. Misalnya file yang anda bagikan bisa diedit secar bergantian dan bersama-sama oleh anggota tim yang masuk ke dalam grup drive yang anda ikutkan melalui email mereka. Bandingkan dengan email, wa atau line yang harus edit-edit ulang bukan?

Lalu, bagaimana cara mengirim file lewat google drive? Pertama tama, buka email anda di gmail, kemudian menuju fitur google drive. Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah upload file anda ke dalam google drive anda, ini juga memastikan anda memiliki file asli sebagai cadangan jika file yang anda kirim nantinya ternyata hilang. Kemudian cara mengirim file lewat google drive dengan klik file yang anda maksudkan, kemudian klik kanan dan bagikan dengan seseorang.

Pada beberapa fitur, setelah klik file, anda bisa menemukan bagian dengan seseorang di bagian atas, kemudian ketik email seseorang yang ingin anda bagikan. Jika sudah selesai. File secara otomatis akan dikirimkan kepada seseorang dengan email tujuan anda.

Selanjutnya, bagaimana cara share link google drive? Fitur kedua ini bisa dimanfaatkan jika ternyata beberapa orang tidak familiar bekerja dengan google drive. Anda bisa klik file yang dimaksud, klik kanan save link google drive, kemudian copy dan bisa anda bagikan melalui email, pesan singkat atau melalui media sosial internal kantor.

Nah itulah cara membuat google form yang mudah dan cepat. Selamat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *