cara mendapat beasiswa ke jerman

Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman melalui DAAD

Posted on

Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman– DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) atau Dinas Pertukaran Akademis Jerman merupakan salah satu lembaga studi internasional terbesar di dunia yang banyak menawarkan bantuan bagi mahasiswa luar negeri untuk belajar di Jerman. Bahkan DAAD membuka kantor cabang di banyak negara demi mempromosikan pendidikan Jerman.

DAAD tiap tahun memberikan kesempatan beasiswa pascasarjana bagi mahasiswa dari negara-negara berkembang yang ingin melanjutkan pendidikan di Jerman. Beasiswa untuk negara berkembang ini menargetkan peneliti, mahasiswa Master atau Doktor, serta pekerja profesional dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

cara mendapat beasiswa ke jerman

Beasiswa ini didanai oleh Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi (BMZ). Durasi masa studi yang disponsori oleh DAAD ini haruslah lebih dari 12 bulan dan kurang dari 36 bulan.

Tiap tahun tersedia setidaknya 70 ribu kuota beasiswa untuk mahasiswa dari seluruh dunia. Nah, buat kamu yang sedang mencari informasi mengenai cara mendapat beasiswa ke Jerman, kali ini kami akan mengulas cara mendapat beasiswa ke Jerman melalui DAAD beserta persyaratan apa saja yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Cara Kuliah di Jerman Serta Persyaratan yang diperlukan

Keuntungan Beasiswa DAAD

Setelah memenangkan beasiswa ini, mahasiswa penerima akan berkesempatan untuk belajar di Jerman dengan mendapatkan tunjangan bulanan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Selain itu, mereka juga akan mendapat tunjangan asuransi kesehatan, biaya perjalanan Jerman-Indonesia pulang pergi, serta beberapa tunjangan untuk keperluan pribadi lainnya. Beberapa manfaat yang didapatkan penerima beasiswa DAAD antara lain,

•Mahasiswa master akan mendapat uang saku bulanan sebesar 750 Euro tiap bulan

•Mahasiswa program Doktoral akan menerima gaji 1000 Euro tiap bulan

•Baik mahasiswa Master dan Doktoral akan mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan

•Baik mahasiswa Master dan Doktoral bisa mendapatkan tunjangan perjalanan

Baca Juga:  Rekomendasi 4 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

•Disediakan beasiswa kursus bahasa Jerman untuk mahasiswa yang mengambil program studi yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar pada perkuliahannya

Dalam keadaan tertentu, penerima beasiswa bisa mendapatkan manfaat tambahan lainnya, diantaranya biaya kuliah yang mungkin diterapkan Universitas (maksimal € 500 per semester), subsidi biaya sewa tempat tinggal (akomodasi), serta tunjangan bulanan bagi keluarga yang menemani.

Persyaratan Mendaftar Beasiswa DAAD

Untuk mendaftar beasiswa DAAD, berikut ini persyaratannya

•Pelamar harus menyelesaikan gelar Sarjana tidak lebih dari 6 tahun

•Beasiswa DAAD akan diberikan kepada mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun

•Memiliki kemampuan bahasa Jerman atau Inggris dengan level kemampuan tergantung program studi yang dipilih

Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman Melalui DAAD

Untuk mendapat beasiswa DAAD, calon mahasiswa harus mendaftar terlebih dulu dengan meng-upload beberapa dokumen ke website DAAD. Dokumen tersebut diantaranya

cara mendapat beasiswa ke jerman

1.Formulir aplikasi beasiswa DAAD yang telah diisi

2.CV dengan format Europas Specimen form

3.Motivation letter yang sesuai dengan pekerjaan saat ini

4.Proposal penelitian, jika memang Universitas meminta

5.Surat rekomendasi dari Universitas

6.Surat pengalaman kerja dari perusahaan terakhir

7.Surat pernyataan akan kembali bekerja ke negara asal setelah menyelesaikan pendidikan

8.Bukti kemampuan bahasa asing, yaitu IELTS atau TOEFL untuk perkuliahan bahasa Inggris, serta DSH atau TestDaf untuk perkuliahan berbahasa Jerman

9.Tentukan program studi serta Universitas yang bekerjasama dengan DAAD, dan kamu bisa langsung mendaftar ke Universitas tersebut

10.Setelah semua dokumen di atas lengkap, kamu bisa mencari tahu dokumen tambahan apa yang diperlukan untuk mendaftar di program studi pilihanmu

Baca Juga:  Kekurangan Dan Kelebihan Mengikuti Les Bahasa Jerman

Jerman memang tidak menerapkan biaya kuliah (tuition fee) di Universitas negeri, tapi kuliah di luar negeri membutuhkan biaya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Sebagaimana negara Eropa, biaya hidup di Jerman tergolong tinggi, apalagi bagi orang Indonesia. Dengan adanya dukungan beasiswa, mahasiswa bisa lebih fokus kuliah dan tidak terbebani dengan biaya hidup.

Untungnya tersedia banyak beasiswa luar negeri Jerman, baik dari organisasi, yayasan, perusahaan, bahkan dari Universitas itu sendiri.

Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Jerman, dapatkan informasi lengkapnya dengan menghubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *