Langkah-Langkah Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Posted on

Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri – Mendapatkan beasiswa pendidikan s2 luar negeri adalah salah satu impian banyak masyarakat Indonesia, sehingga mimpi-mimpi ini perlu diperjuangkan dengan serius, alih-alih hanya menjadi wacana belaka. Kenapa harus diperjuangkan? Karena ternyata pada faktanya berjuang untuk cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri memerlukan banyak usaha, pengorbanan dan tentunya waktu yang tidak sedikit.

Mendapat beasiswa s2 luar negeri prosesnya pasti lebih panjang ketimbang mendapatkan beasiswa s2 dalam negeri, hal ini bukan karena perbedaan proses, melainkan karena sistem seleksi dan prasyarat yang dibutuhkan memerlukan persiapan-persiapan yang tidak sedikit. Apalagi jika anda mengincari beasiswa s2 luar negeri dari negara negara besar dan merek beasiswa yang sudah terkenal, pastilah persyaratan yang dibutuhkan akan lebih banyak dan memerlukan proses yang lebih lama.

Baca juga ” Pengertian Generic Structure Descriptive Text in English40 “

Walaupun demikian anda tidak perlu minder atau rendah diri, karena pada faktanya penerima beasiswa s2 luar negeri dari Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, sehingga bisa menjadi nilai positif bagi keoptimisan anda. Selain itu, jangan jadikan kegagalan sebagai batu sandunga, percayalah di luar sana banyak beasiswa s2 luar negeri yang bisa anda lamar. Jika anda gagal dalam seleksi beasiswa s2 luar negeri pada satu aplikasi, maka segera mengajukan aplikasi di negara lain, jangan terlalu mengandalkan satu aplikasi, tapi berjuanglah dengan benar-benar serius.

Beberapa beasiswa s2 luar negeri memang ada yang mencantumkan syarat syarat ketat dan berlipat-lipat, akan tetapi juga ada beberapa beasiswa s2 luar negeri yang justru tidak memerlukan syarat syarat ketat, misalnya cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat ipk bahkan ditawarkan oleh negara Turki, Polandia dan China. Wow, anda bayangkan saja Turki dan China yang notabene negara besar di dunia bahkan menawarkan beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat ipk dan tanpa syarat toefl. Menarik kan?

Baca Juga:  Review Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Gratis

Selain nama nama beasiswa di atas, terdapat juga skema beasiswa s2 luar negeri dengan sistem gabungan yang bisa dicoba, misalnya dalam beasiswa s2 luar negeri jerman jangan terlalu fokus pada beasiswa DAAD Jerman saja, tetapi cobalah untuk melihat-lihat aplikasi syarat beasiswa Erasmus Mundus, yang merupakan beasiswa gabungan Uni Eropa untuk bersekolah di dua negara di eropa. Jadi anda nantinya bisa pilih jerman dan juga satu negara lagi untuk menyelesaikan studi, menarik kan?

Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Masih tertarik untuk mengetahui lebih mendalam langkah langkah cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri? Perhatikan beberapa tahapan-tahapan ini agar anda tidak mengulang kesalahan yang sama. Perhatikan juga ada beberapa beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat ipk dan beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat toefl yang bisa menjadi opsi alternatif bagi perencanaan kuliah anda:

1.Tips mendapatkan beasiswa s2 luar negeri paling awal adalah anda harus bermental pejuang dan petarung, atau dalam bahasa pelajar disebut dengan gigih. Kenapa harus demikian? Karena nantinya anda akan akrab dengan kegagalan, akrab dengan pengorbanan dan akrab dengan waktu dan seleksi yang lama dan berbelit-belit. Jadi sejak awal ketika anda ingin mengetahui tips mendapatkan beasiswa s2 luar negeri, maka tips pertama adalah jadilah pejuang dan petarung.

2.Tips kedua cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri adalah siapkan kemampuan bahasa inggris anda. Loh katanya tidak perlu pakai toefl? Tenang saja, jika anda ingin mencari beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat toefl, kemampuan bahasa inggris dalam bentuk sertifikat dengan skor apapun hanya menjadi syarat formalitas. Sementara bagi anda yang mengincar list beasiswa s2 luar negeri jerman, beasiswa s2 luar negri australia, beasiswa s2 luar negeri amerika, beasiswa s2 luar negeri inggris, maka sudah pasti anda membutuhkan skor bahasa inggris toefl atau ielts yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menembus Beasiswa S2 di Jerman, perhatikan syarat-syarat pentingnya.

3.Tips ketiga adalah mulailah mendata macam-macam beasiswa yang akan anda masuki untuk seleksi. Ingat, datalah dari beasiswa yang mensyaratkan syarat paling ketat kemudian berturut-turut syarat terendah. Ini sebagai perencanaan saja jika anda gagal dalam daftar seleksi beasiswa teratas, anda bisa mendaftar beasiswa di list selanjutnya yang tidak memerlukan syarat yang lebih rumit.

4.Tips keempat, daftar beasiswa s2 luar negeri yang memerlukan persyaratan banyak biasanya adalah beasiswa fullbright aminef amerika, beasiswa chevening inggris, beasiswa australia awards scholarship dan beasiswa dari lembaga donor internasional misalnya adalah beasiswa dari bank dunia, beasiswa dari uni eropa serta beberapa beasiswa dari negara english speaking countries (negara persemakmuran), misalnya seperti Brunei Darussalam juga mensyaratkan beberapa berkas yang cukup ketat.

5.Tips keenam, cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri adalah menyiapkan berkas-berkas minimal setahun sebelumnya. Ada beberapa berkas yang memang membutuhkan waktu lama, agar ketika anda sudah siap untuk mendaftar tidak kerepotan lagi. Misalnya adalah sertifikat bahasa, baik bahasa inggris TOEFL ataupun IELTS, maupun sertifikat bahasa lain seperti bahasa perancis, bahasa jerman, atau bahasa jepang, korea dan china.

6.Tips ketujuh, beasiswa s2 luar negeri juga meminta syarat cv, letter of recommendation dari dosen atau atasan kerja kita, dan bahkan beberapa beasiswa s2 luar negeri jerman, jepang, inggris dan amerika mensyaratkan adanya letter of acception (surat pernyataan bahwa anda telah diterima seleksi di kampus negara tujuan tersebut). proses pencarian letter of acception inilah yang termasuk sulit, akan tetapi biasanya syarat ini hanya ditujukan kepada pelamar beasiswa s3.

7.Tips ketujuh cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri adalah mulailah untuk menghemat uang dengan banyak menabung. Awal awal melamar beasiswa s2 luar negeri anda akan banyak mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan. Misalnya ujian toefl, ielts, biaya transportasi, biaya pengiriman dokumen, biaya penerjemahan berkas di penerjemah tersumpah, biaya cek kesehatan, biaya mengurus passpor dan visa, biaya periksa TBC untuk pelamar studi keluar negeri dan beberapa biaya tambahan lainnya.

Baca Juga:  Kenali Iklim di Jerman untuk Waktu Berlibur yang Tepat

8.Tips kedelapan cara mendapatkan beasiswa s2 luar negeri adalah cermatilah proses seleksi masing-masing beasiswa. Jadi jangan sampai hanya karena kelupaan, anda melewatkan jadwal seleksi, sayang sekali kan? Tuliskan secara detail jadwal seleksi masing-masing beasiswa di daftar list beasiswa tujuan anda, perbanyaklah dengan menyimpan di komputer, laptop, email atau google drive agar ketika ada yang hilang anda masih mempunyai cadangannya. Buatlah reminder di google kalender sekitar seminggu sebelum deadline pembukaan beasiswa diumumkan agar anda punya waktu untuk mempersiapkan.

9.Tips kesembilan adalah jangan pilih-pilih beasiswa. Boleh boleh saja anda ngotot untuk mendapatkan beasiswa tertentu di kampus tertentu. Akan tetapi perlu juga agar anda mempersiapkan rencana rasional dengan melamar beasiswa s2 luar negeri lain agar peluang anda untuk studi lanjut s2 luar negeri semakin besar.

10.Tips kesepuluh cobalah untuk membaca banyak pengalaman dan review para pejuang beasiswa yang pernah di share di blog, media sosial ataupun mengikuti sosialisasi beasiswa yang biasanya diadakan di pameran-pameran pendidikan luar negeri. Disana anda bisa bertemu dengan konsultan pendidikan yang berpengalan dan anda bisa diarahkan untuk meraih mimpi anda dengan tepat. Jangan malu-malu, untuk urusan masa depan, anda harus berjuang dengan lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *