Cara Mengatasi Laptop Lemot

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Pernahkah anda mengalami keadaan dimana laptop sering lemot, sering hang atau malah kemudian stuck beberapa saat ketika membuka beberapa aplikasi? Tentunya sangat menjengkelkan bukan. Apalagi pada beberapa orang ketika laptop atau komputer, ketika keadaan emosional bisa saja terlampiaskan dengan memukul laptop atau komputer yang lemot. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop lemot?

Cara mengatasi laptop lemot sendiri harus dengan identifikasi utamanya dengan dua indikasi. Indikasi pertama adalah laptop lemot hanya menandakan bahwa laptop hanya mengalami masalah-masalah kecil seperti pada memori penuh, aplikasi yang error, hingga adanya masalah berat pada laptop anda misalnya adanya program yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dipunyai oleh laptop anda.

Laptop lemot yang dikarenakan memori penuh, sampah di dalam chache yang jarang dibersihkan dapat menjadi langkah pertolongan pertama cara mengatasi laptop lemot dengan membersihkan memori anda atau meletakkan sampah-sampah tersebut pada tong sampah yang sebenarnya. Sementara pada keadan kedua dengan kondisi aplikasi yang anda buka tidak sesuai dengan spesifikasi, atau laptop anda diberikan apliaksi yang cukup tinggi, maka solusi utama cara mengatasi laptop lemot adalah dengan menghapus aplikasi tersebut (uninstal aplikasi).

Lalu bagaimana cara mengidentifikasi cara mengatasi laptop lemot karena masalah memori atau karena hal-hal teknis yang telah disebutkan di atas? Sementara kita sendiri tidak tahu mana masalah yang terjadi. Langkah pertolongan pertama cara mengatasi laptop lemot adalah dengan melihat kolom memori anda: biasanya terdiri atas my document, local C dan local D. satu yang mesti anda perhatikan bahwa seluruh file simpanan anda, baik film, video atau word dan pdf sebaiknya disimpan di local C dan Local D. Karena jika anda terlalu banyak menyimpan di my document terlalu berat maka laptop anda akan lemot.

Baca Juga:  Sejarah Perkembangan Komputer dari Amerika ke Indonesia

Cara mengatasi laptop lemot pada masalah yang sama adalah dengan mengurangi beban RAM dan juga memori. RAM adalah mesin utama yang mengendalikan laptop anda. Jangan dibebani dengan program-program berat misalnya game dan aplikasi yang melebihi kapasitas laptop anda. Sementara menjaga memori adalah memindahkan ke local C dan local D atau anda bisa juga rutin menghapus tong sampah agar tidak memakan banyak memori.

Ciri-ciri laptop lemot selanjutnya yang disebabkan oleh aplikasi yang tidak kompatibel adalah ketika anda membuka sebuah aplikasi maka akan hang, lemot atau dalam bahasa mahasiswa disebut dengan: nge-lag. Ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama anda mempunyai dua aplikasi yang sama, atau aplikasi tersebut membuat berat memori dan ram anda. Jadi begini, misalnya ketika anda membuka browser chrome dan mengalami lemot, ada banyak kemungkinan.

Kemungkinan pertama karena anda memiliki aplikasi sejenis seperti mozilla firefox atau internet explorer. Cobalah untuk menghapus salah satu. Kemudian penyebab kedua bisa jadi karena beban memori yang berat, misalnya google chrome lebih banyak mengambil memori ketimbang mozilla, maka gunakan saja mozilla dan hapus google chrome.

Pada bagian ketika, biasanya laptop lemot karena kebiasaan anda membuka banyak aplikasi dalam sekali buka, misalnya membuka internet, microsoft office dan music, apalagi jika laptop anda spesifikasi rendah maka akan semakin mudah nge-lag. Pertolongan pertama adalah dengan membuka minimal dua aplikasi saja. Coret apliaksi yang berlebih dengan cara: ctrl + alt dan tekan delete. Nanti akan membawa anda pada manager program untuk mencancel satu operasi program agar berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *