Cara Mengembalikan Chat WA yang terhapus lama

Posted on

Cara Mengembalikan Chat WA  – Whatsapp atau biasa disebut dengan WA adalah salah satu aplikasi pesan singkat yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, maka di Indonesia penetrasi penggunaan whatsapp jauh lebih banyak ketimbang pesaing terdekatnya yaitu line.

Penggunaan whatsapp dan line ini kemudian menggeser penggunaan sms (short message) yang terbukti memakan banyak pulsa, sementara aplikasi whatsapp dan line hanya menggunakan akses kuota data yang telah dibeli sebelumnya. Jika dibandingan antara whatsapp dan line dengan sms, maka kelebihan utama wa dan line adalah adanya history percakapan yang bisa dilihat dan diback-up secara berkala.

Ini adalah pemahaman awal untuk mengetahui cara mengembalikan chat wa yang terhapus lama, karena dengan memahami sistem kinerja wa maka memulihkan chat wa yang terhapus lama bisa dilakukan. Hal pertama yang mesti diketahui adalah whatsapp telah resmi bekerjasama dengan google untuk menyimpan memory percakapan ke dalam akun gmail.

Jika anda menggunakan whatsapp, maka setiap percakapan anda bisa anda backup ke dalam akun gmail anda dengan menggunakan fasilitas google drive. Jadi, sifat ini bersifat pilihan karena whatsapp tidak bisa melakukan back up secara mandiri ke dalam google drive, anda yang menjadi pemegang akun whatsapp anda bisa melakukan pencadagan setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan ke dalam akun google drive anda.

Pemahaman yang kedua adalah selain memback up melalui akun gmail (google drive), maka aplikasi whatsapp juga akan memback up secara mandiri ke dalam memori hp. Akan tetapi back up ini berbentuk memori yang memakan tempat. Karena memakan tempat, maka ketika anda melakukan set pabrik smartphone anda maka akan otomatis menghapus seluruh memori percakapan whatsapp anda.

Baca Juga:  Contoh Algoritma Instagram dan Contoh Flowchart Cara Kerjanya

Jadi, dari dua cara penyimpanan wa di atas, cara yang paling mudah sebagai bagian cara mengembalikan chat wa yang terhapus adalah menggunakan back up data yang pernah di back up ke dalam google drive (akun gmail) anda, oleh karenanya pastikan wa anda sudah terhubung dengan akun gmail anda.

Lalu, bagaimana caa mengembalikan chat wa yang terhapus lama dengan menggunakan akun google drive. Langkah pertama adalah back up semua data yang ada dengan mengetikkan pada fitur cadangan yang ada di whatsapp anda. Ikuti gambar di bawah ini:

Kemudian setelah melakukan pemback-up an, anda bisa melakukan cara mengembalikan chat wa yang terhapus lama dengan mengunistal ulang whatsapp anda pada handphone yang sama, atau menggunakna handphone yang lain, sepanjang nomer whatsapp anda masih tetap sama, dan juga masih menggunkana akun email gmail yang sama.

Bagaimana mekanisme cara mengembalikan chat wa yang terhapus lama? Pertama-tama adalah instal ulang whatsapp anda, kemudian masukkan nomer hp yang sudah terdaftar di sistem whatsapp anda. Kemudian whatsapp akan menawarkan fitur recovery memori ulang. Nah, anda bisa menunggu fitur recovery ini sekitar beberapa menit untuk cara mengembalikan chat wa yang terhapus lama.

Whatsapp akan secara otomatis mengembalikan chat wa yang terhapus lama dengan merecover ulang chat-chat anda yang sebelumnya sudah diback up ke dalam akun gmail melalui fasilitas google drive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *