Dua Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Secara Mudah

Posted on

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk – Pernahkah anda secara tidak sengaja menghapus sebuah file di dalam komputer atau media penyimpanan anda (flashdisk, fd, disket, cd ataupun hard disk) lalu membuat anda bingung tujuh keliling? Bahkan beberapa orang merasa stress, takut dan berdebar-debar, mengingat apalagi file yang terhapus sangat penting (hasil kerja keras semalam yang mesti disetor ke bos).

Eits, tapi tenang saja, file file yang secara tidak sengaja terhapus, atau bahkan sengaja terhapus oleh kita masih dapat diselamatkan dengan mudah. Syaratnya adalah anda tidak mengotak-atik lagi bagian bagian lain yang mungkin mudah untuk bergeser dan berganti. Karena beberapa orang kemudian merasa sok tahu dan main bongkar-bongkar sendiri dan menyebabkan semakin susah untuk diselamatkan (direcovery).

Di antara masalah yang sering dijumpai, menghapus file di hard disk komputer dan flashdisk adalah dua dari sekian banyak masalah file terhapus yang sering ditemukan. Kalau soal hard disk biasanya karena merasa sudah penuh dan kemudian dihapus satu per satu. Sementara flashdisk sendiri juga mempunyai alasan yang sama, atau biasanaya karena terhapus tidak dengan sengaja.

Cara mengembalikan file yang terhapus di fd dan juga cara mengambalikan file yang terhapus di hard disk sebenarnya sama saja. Ada dua cara mudah yang akan disampaikan di bawah ini untuk membantu anda mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Akan tetapi sebelum memasuki hal hal teknis penjelasan cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, anda mesti mengetahui apa perbedaannya file terhapus dengan file berpindah. Mungkin anda bingung ya? Jadi begini file terhapus dengan file berpindah adalah dua hal yang berbeda, sehingga cara penangannya pun berbeda.

Baca Juga:  Cara Kerja Web Browser di Internet

Definisi file terhapus adalah tanpa sengaja atau dengan sengaja mendelete sebuah file yang kita rasa tidak dibutuhkan, atau memang sudah waktunya dihapus karena flashdisk dan hard disk kita sudah penuh. Cara mengembalikan file yang terhapus di flahdisk dan hard disk ini tentunya saja berbeda dengan file yang berpindah tidak sengaja.

Definisi file yang berpindah yang dimaksud adalah, pernahkah anda merasa tidak sengaja menyeret sebuah file untuk dipindah ke folder tertentu tetapi kemudian terseret masuk ke folder lain? Pernah kan, karena kasus kasus ini seringkali dihadapi pekerja kantoran yang mempunyai data file dan folder yang banyak dan berjibun sehingga membuat mata pusing melihat daftar begitu banyaknya folder dan file yang ada di komputer kita setiap harinya.

Untuk menangani cara mengembalikan file yang berpindah di flashdisk ataupun hard disk cukup mudah dibandingkan cara mengembalikan file yang terhapus di fd. Untuk file yang berpindah, biasanya anda akan mencari filenya dan kemudian mengcopy kembali ke folder awal kan? Nah, ini tentunya akan banyak memakan waktu jika anda tahu folder yang salah. Lha kalau tidak tahu file tadi terseret ke folder mana? Nah tentu akan repot bukan.

Caranya lebih mudah, yaitu sesaat beberapa detik setelah anda menyadari bahwa ada file yang terseret masuk ke folder yang salah, maka anda tinggal klik “control + undo” cara ini akan membuat file secara otomatis kembali ke folder awal sebelum anda seret. Cara kerja undo yang sering kita pakai dalam microsoft word sebenarnya bisa kita pakai dalam urusan seret menyeret file dan folder.

Nah, selanjutnya adalah cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Ada dua cara mengembalikan file yang terhapus di fd, jika anda menggunakan flashdisk di sebuah komputer dan tanpa sengaja menghapus file file anda, maka cara termudahnya adalah dengan:

Baca Juga:  Cara Download Font Instan untuk komputer anda

Pertama, membuka recyle bin, semua data yang terhapus baik di flash disk ataupun di hard disk akan secara otomatis masuk ke dalam tong sampah (recyle bin).

recyle bin 1

Kedua, setelah masuk ke dalam recyle bin dan menemukan file yang anda cari, cara termudah selanjutnya adalah dengan klik kanan, klik bagian “restore” dan otomatis file yang terhapus tadi akan segera kembali ke flashdisk anda. Mudah kan cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

recyle bin 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *