Tiga Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Posted on

Cara Mengembalikan File yang Terhapus – Apa yang terjadi jika anda tidak sengaja menghapus file penting di laptop atau komputer anda? Anda pastinya bingung dan panik bukan? Bagi sebagian orang yang belum mengetahui proses recovery file di komputer pasti akan sangat panik. Apalagi beberapa orang yang tidak terbiasa dengan sistem sistem dalam komputer akan merasakan penyesalan yang sangat mendalam.

Eits tapi tenang saja cara mengembalikan file yang terhapus di dalam komputer atau laptop anda sudah ada manualnya, artinya seluurh sistem yang dirangkai di dalam sistem operasi laptop dan komputer anda pastinya mengenal cara mengembalikan file yang terhapus baik sengaja maupun tidak sengaja.

Memangnya ada ya file yang terhapus karena tidak sengaja? Tentu saja ada. Ada beberapa faktor yang membuat file bisa terhapus. Paling sering karena anda merasa bahwa file yang anda buat sudah tidak berguna dan kemudian anda memutuskan untuk menghapusnya (delete), baru beberapa hari kemudian anda merasa bahwa file yang telah anda hapus ternyata masih dibutuhkan, pastinya anda bingung bukan?

Selain itu, file yang terhapus juga bisa disebabkan karena malfungsi yang terjadi pada sistem operasi anda, misalnya jika anda membuka sebuah dokumen ms word atau ms office atau aplikasi sejenis di komputer anda tetapi ternyata sistem operasi anda mengalami malfungsi atau dalam bahasa teknologi disebut dengan corrupt, maka file anda bisa jadi berubah menjadi rusak dan otomatis menghilang sendiri.

Kemudian salah satu penyebab terbesar file menghilang juga bisa disebabkan karena adanya infeksi virus komputer, biasanya infeksi virus akan membuat sistem operasi hang atau melambat, tetapi pada beberapa kasus infeksi virus juga membuat file file mengalami hidden (tidak terdeteksi) oleh sistem operasi dan membuat file anda menghilang.

Baca Juga:  Kursus Desain Grafis Serpong Paling Mutakhir

Lalu, bagaimana cara tercepat mengembalikan file yang terhapus? Setidaknya ada tiga cara yang mesti anda pahami dalam upaya mengembalikan file yang terhapus di dalam hard disk komputer atau laptop anda.

Pertama, cara mengembalikan file yang terhapus paling mudah adalah dengan mengecheck recyle bin (tong sampah) anda, biasanya file file yang anda hapus akan tersimpan di tong sampah dalam waktu kurang lebih tiga puluh hari. Anda bisa mensettingnya apakah dalam jangka tiga puluh hari atau selamanya.

Kenapa recyle bin penting untuk disetting? Karena dengan mengecek file yang ada di recyle bin dan kita bisa menemukan file yang kita cari, maka kita tinggal klik kanan, kemudian klik restore, maka file aka kembali ke dokumen atau folder asli kita. Nah, persoalannya adalah di bagian setiting recyle bin ini penting sekali.

Jika anda mensettting bahwa recyle bin kosong selamanya dan langsung menghapus sendiri, maka ini akan membuat anda semakin panik. Oleh karena itu settinglah recyle bin untuk tidak bisa menghapus sendiri, perbesar memori yang ada di recyle bin jika anda memang pelupa berat.

Karena dengan memori yang besar, tong sampah bisa menyimpan file dalam jumlah banyak. Jika memorinya kecil, maka file yang dihapus akan hilang karena tidak menemukan ruang yang cukup. Pastikan anda mengecek tong sampah minmal sebulan sekali untuk mengecek ulang apakah file file yang anda singkirkan di tong sampah benar benar akan dihapus selamanya, karena jika menghapus selamanya akan susah untuk dikembalikan.

Kedua, lalu bagaimana jika ternyata kita telah mengosongkan recyle bin, lalu tiba tiba teringat bahwa ada file penting yang harus diambil, tapi ternyata tong sampah sudah benar benar kita hapus semuanya. Oleh karenanya, kita memasuki proses paling berat. Karena itu artinya harus merecovery hard disk memori anda dengan software khusus recovery, software khusus recovery ini bisa anda download di ap store, microsoft store atau di internet secara gratisan.

Baca Juga:  Bingung buat logo? Gunakan 3 Aplikasi Pembuat Logo Secara Online

Apa fungsi software khusus mengembalikan file yang terhapus permanen? Software ini akan bekerja keras mencari atau mengembalikan file yang anda cari dan sudah terhapus permanen di hard disk terdalam komputer dan laptop anda, apakah ada jaminan? Jaminannya fifty : fifty, karena biasanya software recovery bisa mengembalika, tetapi kadang kala juga tidak bisa. Maka gandakan penyimpanan file penting anda.

Ketiga, file hilang dan terhapus juga bisa karena adanya infeksi virus. Oleh karena itu cara mengembalikan file yang terhapus karena virus adalah membasmi virusnya itu sendiri. Anda bisa menanamkan anti virus di dalam komputer dan laptop anda mulai dari anti virus gratis seperti avast, smadav atau anti virus berbayar seperti kaspersky.

Kenapa anti virus? Karena dengan membersihkan file file yang di hidden atau terhapus oleh virus, maka file file anda yang terhapus bisa dikembalikan. Setelah proses pembersihan biasanya anda akan mendapat notifikasi bahwa file file perlu disetting untuk melihat apakah masih ada file yang di hidden. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *