Bingung Cara Menghapus File yang tidak bisa dihapus? Gunakan ini!

Posted on

Cara Menghapus File yang tidak bisa dihapus – Pernahkah anda berkeinginan untuk menemukan cara menghapus file di laptop, tetapi ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa cara menghapus file di laptop tampaknya mudah, hanya menggunakan tombol delele di keyboard. Atau dengan menggunakan mouse / keypad di laptop klik kanan dan kemudian klik bagian delete file, maka file otomatis akan terdelete dan masuk ke dalam tong sampah.

Nah, cara cara yang diterangkan di atas adalah cara menghapus file di laptop dalam kondisi normal. Apa maksudnya dalam kondisi normal? Dalam kondisi normal adalah kondisi anda hanya mendelet file-file umum seperti berbentuk dokumen, berbentuk power point, musik atau file file yang sering kita gunakan seperti video hingga gambar berekstensi jpeg, jpg hingga png.
Pada beberapa kondisi tidak normal, misalnya anda ingin menghapus sebuah aplikasi, atau menghapus file file dengan ekstensi tertentu yang ternyata tidak bisa dihapus dengan hanya dengan tombol delete saja. Nah, jika anda ingin mendelete file dalam kondisi ini cara menghapus file di laptop memerlukan cara lain.

Cara lain ini dinamakan dengan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, kenapa dinamakan tidak bisa dihapus? Karena file file ini tidak tersimpan di dokumen folder, atau memiliki keterkaitan dengan sistem komputer, jadi begitu anda mendelete file tersebut, maka ada beberapa bagian yang tersisa dengan format-format yang tidak anda kenali, mungkin hanya mereka yang paham Teknologi informasi dan juga programmer yang mengerti.

Pada tahap pertama, cara menghapus file yang tidak bisa dihapus dibedakan menjadi dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan mengidentifikasi apakah termasuk bagian dari aplikasi atau folder. Jika file yang akan anda hapus merupakan aplikasi, misalnya Ms word, atau berbentuk software pendukung yang sering digunakan, misalnya mendeley (software untuk mengetik jurnal ilmiah) atau grammarly (software untuk cek grammar dan plagiat), maka anda harus mempelajari cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan memahami sistem operasi sebuah komputer atau laptop.

Baca Juga:  Joint Venture adalah Strategi Usaha Paling Mutakhir

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan melalui dua cara, cara pertama adalah melalui sistem operasi yang bernama control panel. Jika anda ingin menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan tombol delete seperti ms word, power point atau bahkan aplikasi game yang diberikan teman, maka masuklah ke dalam control panel dan carilah software dan hardware, disana anda akan dibawa ke sebuah folder khusus untuk uninstal aplikasi dan sofware yang pernah anda instal atau aktifkan di laptop anda.

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan cara selanjutnya adalah menelusuri lokasi penggunaan aplikasi tersebut, misalnya jika anda menggunakan aplikasi tersebut di browser, seperti grammarly dan mendeley, maka cara menghapus aplikasi tersebut adalah dengan membuka browsernya terlebih dulu, semisal google chrome atau mozilla firefox. Baru kemudian anda masuk ke bagian setting dan uninstall mendeley atau gramarly tersebut. Pada bagian ini, aplikasi seperti grammarly disebut dengan adds on yang bisa di offkan sementara atau uninstal seluruhnya, tergantung pengaturan yang disediakan oleh pabrik pembuatnya.

Selain mempelajari cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, maka selanjutnya anda bisa mempelajari cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus. Kenapa bisa begitu ya? Karena biasanya folder-folder yang tidak bisa dihapus ini berkaitan dengan bukan folder umum seperti yang kita buat, misal kita buat folder “tugas”, maka tinggal delete saja dengan tombol keyboard masalah selesai.

Tetapi ternyata permasalahan yang perlu diselesaikan dengan cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus ini khusus untuk folder-folder tinggalan seperti folder aplikasi, folder yang memiliki ekstensi khusus berbentuk program atau ekstensi yang tidak bisa dibaca oleh laptop kita (karena kita tidak memiliki softwarenya), maka daripada itu, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus dengan beragam cara yang agak lebih radikal.

Baca Juga:  Aplikasi Photoshop Portable Gratis

Cara mengapus folder yang tidak bisa dihapus dengan cara pertama, adalah dengan memformat lokasi folder, ingat ya hanya memformat lokasi folder, bukan memformat seluruh laptop anda. Cara memformat lokasi folder yang akan anda hapus adalah dengan mengklik bilah sebelah kiri pada jajaran folder, dengan mengklik folder yang akan anda hapus dengan klik delete permanen atau format seluruhnya. Biasanya ini cara sederhana untuk cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus.

Cara kedua menghapus file yang tidak bisa dihapus berbentuk folder adalah dengan melacak asalnya, misalnya jika ada folder aplikasi yang tidak bisa dihapus, maka langkah pertama adalah meng-uninstal aplikasi tersebut, atau folder yang menandakan sebuah software, maka uninstal software tersebut dahulu baru kemudian anda bisa mendelete folder tersebut.

Apakah langkah kedua ini efektif? Biasanya ini adalah cara efektif kedua untuk menghapus folder-folder yang tidak jelas darimana, biasanya ketidakjelasan ini karena aplikasinya dan softwarenya sudah dihapus dan foldernya masih tertinggal, mirip dengan sistem android yang masih meninggalkan beberapa bekas folder aplikasi yang telah dihapus.

Contoh dari kasus terakhir ini ketika anda menginstal antivirus seperti smadav dan kaspersky, lalu kemudian meng-uinstalnya dengan tidak sempurna, maka beberapa folder yang tersisa akan menjadi masalah karena susah untuk dihapus. Cara paling tepat adalah membersihkan software-software yang belum benar-benar diuninstal melalui control panel, setelah itu baru anda bisa mendelete sepenuhnya folder-folder yang susah dihapus tersebut.

Selain itu anda juga bisa menggunakan cara format folder yang telah diterangkan di atas jika masih kesulitan untuk menghapus folder yang susah dihapus. Jangn lupa untuk membersihkan file file yang tidak penting agar laptop anda tidak melambat dan penuh dengan sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *