Cara Mengubah jpg ke pdf secara praktis

Posted on

Cara Mengubah jpg ke pdf – Pernahkan anda diminta mengupload sebuah data berbentuk gambar yang dimasukkan ke dalam format pdf (portable document file), lalu anda sendiri kebingungan untuk mengetahui cara mengubah jpg ke pdf. Tenang saja, kini semua aplikasi di komputer dan bahkan di setiap notebook sudah tersedia cara merubah jpg ke pdf.

Cara mengubah file jpg ke pdf biasanya tidak hanya dibutuhkan saat melamar aplikasi pekerjaan, tetapi juga bisa berkutat dengan data-data dokumen kantor sehari-hari. Misalnya atasan anda meminta dikirim foto-foto survei atau foto produk yang berbentuk jpg dikirim via email dan agar mudah terbaca.

Lalu bagaimana mensiasatinya? Jika file file jpg ini kita ketahui semua biasanya berat karena diambil dari kamera smartphone atau kamera digital. Solusi utamanya adalah dengan mengubah gambar-gambar dengan ekstensi jpg menjadi pdf, lalu dikirim via email atau di share melalui aplikasi media sosial dan mudah untuk dibaca, seluruh media pesan instan dan bahkan smartphone selalu menyediakan fitur untuk membaca dokumen dengan jenis pdf.

Jika di atas sudah disampaikan banyak aplikasi di komputer yang menyelipkan cara merubah file jpg ke pdf, beberapa di antaranya adalah microsoft word, open office dan aplikasi adobe acrobat (khusus membaca dan membuat pdf) atau aplikasi gratisan seperti WPS Office.

Cara mengubah jpg ke pdf yang disediakan aplikasi-aplikasi di atas sangatlah mudah, tetapi memerlukan beberapa langkah yang cukup praktis. Anda tinggal menginput gambar-gambar berbentuk jpg tadi ke dalam aplikasi microsoft word, open office atau wps office, kemudian tinggal save dengan ekstensi .pdf. Sementara khusus untuk WPS Office lebih gampang lagi tinggal eksport to pdf, maka dokumen anda yang semula gambar-gambar jpeg /jpg langsung berubah menjadi pdf.

Baca Juga:  Syarat Utama Diterima Sebagai Mahasiswa Kampus Di Jerman

Langkah kedua cara merubah jpg ke pdf adalah dengan menggunakan akses internet, anda tinggal ketikkan di mesin pencari google “konverter jpg ke pdf” maka akan muncul ratusan website-website yang bisa mengubah jpg ke pdf dalam sekali klik. Anda tinggal mengikuti cara mengubah file jpg ke pdf yang tertera dalam website tersebut.

Biasanya cara merubah file jpg ke pdf dalam berbagai website online dimulai dengan menginput atau mengupload foto atau gambar dengan ekstensi jpg atau jpeg, kemudian pilih jenis file yang akan dituju. Nah, menariknya adalah website-website online ini juga menyajikan jenis tujuan lain, anda bisa mengubah ke dalam bentuk pdf, png dan bahkan tetap jpg tetapi hanya memperbesar resolusi juga bisa.

Anda tinggal pilih file tujuan berbentuk pdf kemudian tinggal unduh file yang telah selesai di konversi. Ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan ketika mencoba cara mengubah jpg ke pdf. Biasanya jpeg atau jpg adalah file jenis gambar dan foto yang memiliki resolusi gambar yang tinggi dan ketika kemudian diubah menjadi pdf akan mengalami perubahan resolusi karena pdf bersifat merapatkan file.

Salah satu solusi yang perlu diperhatikan ketika mencoba cara merubah jpg ke pdf adalah dengan memperhatikan resolusi akhir pdf yang telah anda unduh. Biasanya dapat dilihat dengan kapasitas file tersebut, jika file hasil cara mengubah jpg ke pdf besaran kilobyte atau megabytenya sama dengan file asal, maka bisa dipastikan resolusinya tetap aman.

Sementara jika lebih kecil, berarti anda perlu mencoba untuk merapihkan resolunya sebelum dicoba untuk cara mengubah jpg ke pdf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *