Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Posted on

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android – Sembunyikan aplikasi di android dari jamahan orang lain? Adalah salah satu kata kunci yang sering dicari oleh para pengguna android. Biasanya beberapa aplikas game atau aplikasi yang bersifat personal (seperti pesan sosial whatsapp, line dan instagram) hingga email perlu mendapat perlindungan khusus.

Jika cara menyembunyikan aplikasi di android memerlukan cara cara khusus, maka jika anda ingin menyembunyikan file atau dokumen maka bisa menggunakan fitur yang telah disediakan oleh handphone-hadnphone android. Cara ini jauh lebih mudah ketimbang cara menyembunyikan aplikasi, karena aplikasi bersifat membebani memori sehingga membutuhkan memori yang luas untuk menyamarkan.

Sementara cara menyembunyikan dokumen dan file hanya memerlukan memori yang sedikit dan tidak memerlukan cara cara khusus. Jika anda memiliki file atau foto khusus yang ingin dirahasiakan. Maka anda bisa klik di bagian pengaturan bernama “buat folder khusus” atau “folder khusus”, folder ini bersifat membagi memori hp kita berapa persen untuk disembunyikan.

Jadi cara kerjanya sangat simpel dan mudah, file dan foto dari memori anda disingkirkan ke file khusus untuk disembunyikan, dan tentu saja memakan sedikit memori, lalu file khusus ini akan menghilang dari pusat pengaturan dan hanya bisa anda aktifkan melalui sistem pengaturan dengan password khusus. Sangat mudah bukan?

Pengaturan dengan folder khusus ini sangat efektif untuk menyembunyikan file dan foto penting yang tidak ingin dijamah oleh orang lain, dan dilengkapi dengan password khusus, sebagian besar handphone android memiliki fitur khusus untuk menyembunyikan ada yang namanya file khusus atau folder khusus, anda hanya mencarinya di pusat pengaturan.

Nah, lalu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi? Cara menyembunyikan aplikasi di android terdapat dua cara yang bisa anda pakai. Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur android. Sementara cara kedua dengan menggunakan fitur aplikasi tambahan.

Baca Juga:  Keunggulan Tes Minat Bakat untuk Masa Depan

Pada langkah langkah sembunyikan aplikasi di androdi ini anda harus memahami bahwa cara menyembunyikan aplikasi di android perlu dipahami ada yang bersifat sementara, ada juga yang bersifat permanen. Permanen dalam artian tidak dihapus atau dihilangkan selamanya. Maksud di hilangkan secara permanan disini adalah disenyapkan.

Jadi cara menyembunyikan aplikasi di seluruh smartphone android adalah memahami bahwa aplikasi di android bisa di non-aktifkan sementera, di hide, atau dihilangkan seluruhnya (un-instal), jika anda ingin menghapus seluruhnya (un-instal tentunya sangat gampang bukan?), tinggal buka pengaturan, aplikasi dan kemudian un-instal.

Nah, cara menyembunyikan aplikasi dengan cara ini terdapat dua cara, cara pertama adalah menggunaan fitur yang ada di dalam sistem androdi ini, anda bisa menonaktifkan atau menghide sementeraa. Cara menyembunyikan aplikasi di android dengan cara ini adalah dengan masuk ke dalam sistem manager (pengaturan), kemudian klik aplikasi, kemudian set aplikasi ke dalma mode “enable”, enable artinya tidak aktif atau di hide sementara.

Sementara di fitur yang sama, anda bisa menggunakan fitur “nonaktifkan” artinya menghide sementara atau menyembunyikan sementara, kelebihan fitur ini adalah beban memori hp anda akan berkurang, ikon aplikasi di layar depan juga akan menghilang serta baterai anda akan mampu menghemat hingga sampai lama. Karena biasanya aplikasi-aplikasi besar akan memakan baterai yang lebih banyak.

Cara kedua cara menyembunyikan aplikasi di android adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kelebihan menggunakan aplikasi pihak ketiga ini anda tidak perlu repot-repot menghide atau menonaktifkan berulang kali, anda tinggal membuka aplikasi pihak ketiga dan bisa set kapan saja mau dihide atau dimunculkan. Namun kelemahan utamanya adalah anda akan menambah aplikasi baru, menambah beban memori dan menambah tenaga untuk baterai anda.

Baca Juga:  Prinsip Seni Rupa dalam Kajian Kebudayaan

Beberapa aplikasi cara menyembunyikan aplikasi di android yang direkomendasikan adalah aplikasi applock, aplikasi private me, aplikasi apex launcher hingga aplikasi hide app, seluruhnya bisa anda download di app store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *