Cara Meraih Beasiswa Kedokteran Jerman dengan Mudah

Posted on

Beasiswa Kedokteran Jerman – Sekolah di jerman hingga saat ini masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Baik sekolah pada jenjang sarjana, master hingga doktoral di perguruan tinggi di jerman masih menduduki peringkat 10 negara besar di eropa barat yang menajdi rujukan untuk melanjutkan studi.

Faktor-faktor ini tidak bisa dipisahkan faktor internal di negara jerman sendiri serta faktor eksternal yang melatarbelakangi trend sekolah di jerman terus saja meningkat. Pada faktor-faktor eksternal sekolah di jerman memang sangat melimpah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah federal jerman dan juga beasiswa dari pemerintah Indonesia.

Baca juga ” Inilah Daftar Jurusan Kuliah di Jerman yang paling laku di Indonesia “

Selain itu juga, faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah jumlah alumni jerman yang sukses di Indonesia juga semakin banyak, bahkan ikatan alumni jerman bersama dengan industri-industri jerman yang mempunyai perusahaan di Indonesia ataupun di asia teggara turut mempertemukan pencari kerja alumni jerman untuk bekerja di perusahaan perusahaan tersebut.

Ini seperti mata air di tengah musim kemarau, perusahaan jerman tentu saja percaya dengan kualitas pendidikan dari negara mereka sendiri bukan? Begitu juga ikatan-ikatan alumni jerman bisa membantu alumni yang kembali ke Indonesia untuk tetap dapat bekerja di perusahaan yang mereka inginkan dan tentunya bisa bermanfaat untuk masyarakata, bangsa dan negara Indonesia.

Selanjutnya pada faktor internal, sekolah di jerman banyak ditunjang sistem pendidikan jerman yang begitu berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia dan rerata negara di eropa barat lainnya, misalnya adalah masalah subsidi pendidikan hingga pemerataan kualitas pendidikan.

Jerman memang terkenal dengan sistem subsidi pendidikan terbaik di eropa barat, jerman berani menggratiskan biaya spp untuk mahasiswa sarjana karena disubsidi oleh negara, mahasiswa hanya membayar sejumlah kecil uang untuk biaya administrasi saja. Apa tidak ngiler mahasiswa indonesia untuk bersekolah disana? Selain itu juga, kualitas antara satu kampus dengan kampus negeri lainnya di jerman sama saja, karean adanya standardisasi perguruan tinggi, sehingga akan memudahkan anda untuk memilih kampus di mana saja.

Walaupun demikian, kemudahan-kemudahaan internal perguruan tinggi di jerman tersebut juga terselip beberapa hal yang mesti anda perhatikan, misalnya adalah standar nilai di kampus kampus jerman cukup tinggi. Para profesor dan dosen di jerman terkenal dengan galak, disiplin dan perfeksionis, ini tentunya akan menjadi tantangan bagi anda yang memang berniat menimba ilmu di jerman bukan.

Baca Juga:  Beasiswa s1 Jerman yang menjadi primadona masyarakat Indonesia, jangan sampai ketinggalan

Selain itu, pada beberapa program studi, kuliah di jerman memiliki sistem pendidikan yang berbeda, salah satunya adalah program studi kedokteran di jerman. Kedokteran jerman memiliki sistem kurikulum, pembelajaran dan aturan-aturan di tingkat negara jerman yang sangat berbeda dengan di Indonesia.

Perbedaan ini bisa saja berpengaruh dengan masa depan dan karir anda sekembalinya ke Indonesia, tetapi jika anda cermat dan teliti dalam merencanakan justru malah akan menjadi nilai tambah bahwa anda pernah menamatkan studi kedokteran jerman pada tingkatan yang lebih tinggi.

beasiswa kedokteran jerman

Sistem kedokteran di jerman memang berbeda amat jauh dengan di Indonesia, misalnya saja dalam bidang kurikulum. Kedokteran jerman mengenal waktu pendidikan yang cukup lama ketimbang sistem kedokteran di Indonesia. Untuk meraih gelar dokter di Indonesia, maka seorang mahasiswa hanya menyelesaikan kuliah 4 tahun, ditambah dengan profesi selama 1 atau 2 tahun saja, maka berhak menyandang gelar dokter.

Sementara itu, sistem kedokteran jerman mewajibkan seorang mahasiswa menyelesaikan kurikulum selama 5 sampai 7 tahun untuk kuliah teori dan praktek, baru kemudian magang di rumah sakit sebagai calon dokter (belum disebut dengan dokter), dan kemudian mengambil studi s2 kedokteran dan ketika lulus baru bisa disebut dengan dokter. Sangat berbeda sekali bukan?
Selain perbedaan soal sistem kuliah, juga sistem pembelajaran antara kedokteran di jerman dan kedokteran di Indonesia.

Dokter-dokter di Indonesia akan lebih dikenali teori dan praktek untuk beberapa penyakit tropis dan sub tropis yang menjangkiti secara umum di Indonesia. Sementara sistem kedokteran jerman mungkin akan mendekatkan mahasiswa pada masalah masalah penyakit sub tropis saja (karena jerman berada di negara sub tropis eropa barat).

Walaupun begitu, apakah seorang lulusan kedokteran di jerman tidak bisa bekerja di Indonesia? Tentu saja tidak. Bahkan gelar s2 yang anda dapatkan di jerman bisa memberikan benefit lebih ketika bekerja dan berkarir di Indonesia. Jadi mari kita lihat sisi positifnya saja bahwa sistem pendidikan kedokteran jerman akan menjadi nilai tambah, plus selain itu alat alat kedokteran di negara maju seperti jerman tentu saja jauh lebih maju.

Jika anda berminat utnuk bersekolah kedokteran di jerman, maka terdapat dua jalur yang bisa dicoba. Jalur pertama adalah jalur sekolah mandiri untuk anda yang ingin langsung mengikuti seleksi kampus. Sementara jalur kedua adalah jalur beasiswa kedokteran jerman. Jalur ini tentunya berbeda dengan jalur pertama, karena akan ada seleksi beasiswa dahulu baru kemudian seleksi kampus.

Baca Juga:  Perubahan Yang Terjadi Pada Kata Sifat Dalam Bahasa Jerman

Untuk mencoba beasiswa kedokteran jerman, maka ada beberapa tahap yang mesti dipersiapkan. Persiapan ini juga berlaku bagi anda yang ingin sekolah kedokteran di jerman dengan biaya mandiri (uang sendiri). Terdapat tiga tahap yang mesti benar-benar diperhatikan agar anda tidak mengalami miss-komunikasi.

Tahap paling awal adalah pra-persiapan, pada tahap ini anda perlu mencari informasi siapa saja yang bisa memberikan beasiswa kedokteran di jerman. Ada banyak pihak yang bisa memberikan beasiswa kedokteran di jerman, mulai dari kampus, beasiswa kementerian pendidikan dan ilmu pengetahuan pemerintah jerman, dan bahkan biaya kuliah kedokteran jerman ternyata juga sangat murah, dengan melakukan riset pada tahap pra-persiapan ini anda bisa lebih memilih mana beasiswa kedokteran di jerman yang bisa anda pilih.

Tahap kedua adalah persiapan, yang dimaksud persiapan adalah menyiapkan dokumen-dokumen, termasuk sertifikat kemampuan bahasa jerman, sistem yang mesti dilalui seperti university entrance qualification untuk standardidasi sistem pendidikan kita sebelum memasuki jerman, jika anda bukan lulusan SMA jerman maka wajib mengambil the university qualification assessment exam untuk menyamakan kemampuan anda dengan lulusan di jerman (sudah menjadi rahasia umum bahwa lulusan SMA non jerman akan mengalami matrikulasi).

Pada tahap persiapan ini selanjutnya anda akan mengikuti tes masuk fakultas kedokteran jerman yang biasanya disebut dengan medizinertest. Test ini akan menguji kemampuan dasar mengenai pengetahuan, pengalaman, kemampuan umum logika matematik, dan seluruh tes ini akan dilakukan dalam bahasa jerman. Jadi, jangan lupa pastikan sertifikat bahasa jerman anda telah memenuhi kualifikasi yang mereka minta.

Tahap selanjutnya yang disebut dengan pra-kuliah adalah memilih universitas kedokteran yang anda inginkan. Tahap ini bisa juga satu paket dengan tahap persiapan, tergantung kepada jadwal ujian kampus yang anda pilih. Ada beberapa rekomendasi universitas sekolah kedokteran jerman yang masuk ke dalam lima terbaik internasional (walaupun secara nasional kualitasnya sama), akan tetapi pemeringkatan internasional ini bertujuan untuk memberikan wawasan saja.

Universitas kedokteran di jerman yang masuk ke dalam lima besar internasional adalah Ruprecht-Karls Universitat Heidelberg, kemudian Ludwig-Maximilians Universitas Munchen, kemudian, Charite Universitatsmedizin Berlin, kemudian Techncal University of Munich (TUM) khususnya pada TUM School of Medicine. Sementara pada bagian kelima adalah RWTH Aachen University.

Baca Juga:  Kota di Jerman yang Wajib Dikunjungi Para Wisatawan

Dari lima nama Universitas tersebut, ada dua nama universitas yang familiar di masyarakat Indonesia karena terikat erat dengan nama Profesor Baharudin Habibie dan Istrinya Ainun Habibie. Habibie sendiri menyelesaikan sekolahnya di RWTH Aachen University, sementara Ainun Habibie pernah dirawat di Ludwig-Maximilians Universitat Munchen ketika sakit kanker.

Beberapa tahap-tahap di atas bisa anda kerjakan terlebih dahulu kira-kira sebulan sebelum pembukaan seleksi untuk mencicil persiapan-persiapan administratif agar tidak merepotkan ketika memasuki proses pendaftaran. Pastikan bahwa anda telah memenuhi syarat yang diminta seperti sertifikat kemampuan bahasa jerman, passport hingga ujian-ujian pra-pendaftaran seperti penyetaraan tersebut.

Untuk anda yang ingin sekolah kedokteran di jerman dengan biaya sendiri (mandiri) bisa melihat sekilas informasi biaya yang dibutuhkan untuk studi sekolah kedokteran jerman yang memang termasuk paling murah di dunia karena adanya subsidi dari pemerintah federal jerman. Angka-angka yang disajikan ini dalam nilai rupiah agar memudahkan anda menilai secara umum.

Biaya sekolah kedokteran di jerman dimulai dengan melihat satu sekolah kedokteran jerman universitas heidelberg yang hanya mematok biaya sekitar 2,5 juta per semester saja. Melalui kalender akademik biaya yang pernah dirlis untuk tahun 2018 dan 2019 saja, kampus hanya meminta biaya spp sebesar 2 juta rupiah.

Nah, sama halnya dengan tips dan trik kuliah di jurusan lain, sekolah kedokteran di jerman akan sangat murah dalam hal biaya pendidikan, tetapi anda perlu pintar-pintar dalam merencakana biaya makan, biaya penginapan hingga biaya biaya lainnya yang tidak termausk biaya pendidikan.

Selain biaya spp, sekolah kedokteran di jerman juga terdapat biaya administrasi lain yang mesti diperhatikan seperti biaya administrasi sebesar 1 juta biasanya disebut dengan verwaltungskostenbeitrag. Kemudian biaya kegiatan sosial sebesar 700 ribu dan biaya kemahasiswaaan sebesar 200 ribu. Serta iuran biaya transportasi sebesar 500 ribu. Nah, sangat murah sekali bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *