cara mudah belajar bahasa jerman

5 Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman Dasar Untuk Pemula

Posted on

Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman – Mempelajari bahasa Jerman adalah investasi yang terbaik dimiliki seseorang. Tidak hanya dalam hal bahasa saja tetapi soal potensi perekonomian dan networking.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Melalui kemampuan berbahasa Jerman seseorang bisa meningkatkan karir di kancah internasional. Tentu saja hal ini akan berdampak baik pada ekonomi. Disisi lain dalam nilai akademik, bahasa Jerman akan memperluas pengetahuan. 

Belajar bahasa Jerman memang dianggap sulit dipelajari. Namun bukan berarti sulit lalu menghindari untuk memilihnya. Mengingat banyaknya keuntungan di masa depan untuk didapatkan, sebaiknya pilih bahasa ini untuk menjadi bahasa kedua yang dikuasai. Memulai dari sekarang persiapkan diri untuk mempelajarinya. 

5 Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman Dasar Untuk Pemula

cara belajar bahasa jerman dengan cepat dan mudah

Tidak perlu langsung belajar dengan kosakata yang sulit. Mulailah dengan mempelajari alfabet dan gunakan kosakata sehari-hari. Ada beberapa tips yang bisa membantu para pemula untuk bisa menguasai bahasa Jerman dengan lebih cepat, berikut ini adalah cara mudah belajar bahasa Jerman: 

  • Cara mempelajari alfabet Jerman

Cara mudah belajar bahasa jerman  yang pertama adalah dengan belajar alfabet adalah dasar yang sangat menyenangkan untuk dipelajari. Kini kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi belajar bahasa Jerman yang diunduh ke smartphone.

Bisa juga melalui website bahasa Jerman yang menyediakan alfabet dalam bentuk tulisan dan audio. Dengarkan dan tirukan setiap hari, beberapa aplikasi juga membuat lagi alfabet bahasa Jerman untuk bisa lebih mudah dihafalkan. 

  • Meningkatkan kemampuan listening

Melalui audio yang disediakan oleh aplikasi dan juga website maka kemampuan listening akan diasah secara tidak langsung. Disinilah kesempatan kamu untuk membiasakan telinga mendengarkan percakapan, kosakata bahasa Jerman yang terdengar aneh.

Kamu bisa mendengarkan lagu, menonton film atau podcast dalam meresapi pelafalan yang tepat. Terbiasa mendengarkan orang Jerman berbicara akan memudahkan otak mengerti artinya dengan cepat. 

  • Memperluas hafalan kosakata

Saatnya memperluas berbagai macam kosakata, mulai dari kosakata sehari-hari hingga tema-tema khusus. Contoh tema sehari-hari adalah hobi, pekerjaan, teknologi, dll. Kosakata ini berada dalam kamus elektronik yang kini bisa kamu instal di smartphone.

Cobalah untuk memilih aplikasi dengan jumlah kosakata paling banyak dan sudah terbagi dalam berbagai macam tema. Demi memudahkan penghafalan, cobalah untuk mendengarkan dan membaca kosakata yang dirangkai dalam kalimat pendek. Jangan lupa tetap dengarkan audio pengucapannya.

Baca Juga:  Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Dasar

  • Cara mudah berbicara bahasa Jerman

Kamu mungkin sudah menghafalkan berbagai macam kosakata. Namun pelajaran dasar tidak berhenti disitu saja, kamu harus mendapatkan outputnya. Output yang dimaksud disini adalah kemampuan untuk bisa melakukan percakapan singkat. 

Kuasai bagaimana pelafalan yang benar, bertanya dan menjawab pertanyaan ringan. Misalnya saja percakapan sapaan atau perkenalan diri.

Hal ini juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi online yang menghubungkan dengan orang yang sedang belajar di dalam aplikasi yang sama. Aplikasi akan menghubungkan banyak orang untuk bisa melakukan percakapan baik lisan dan juga tulisan. 

  • Sering membaca buku

Jangan pernah lupa untuk membaca buku bacaan seperti cerita pendek atau novel ringan.

Melalui buku cerita ada banyak bahasa Jerman yang nantinya akan dipahami. Jangan lupa siapkan kamus untuk mengetahui arti dari kata yang sulit. Cerita akan menjelaskan bagaimana kebudayaan orang Jerman serta memperluas kosakata. 

Materi ini akan membuat diri menjadi lebih mudah memahami arti dari perumpamaan dan bagaimana orang Jerman membuat candaan. Sehingga tidak asing lagi ketika mengartikan percakapan yang nantinya dilakukan bersama native speaker. 






    Mempelajari bahasa Jerman yang selama ini dianggap sulit akan berubah ketika kamu belajar dengan percaya diri. Terus menerus memupuk motivasi belajar adalah kunci keberhasilan nantinya dan agar lebih berhasil Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman di Studiva dengan mengisi form diatas ini.