Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris pada surat menyurat formal

Posted on

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris – Penulisan tanggal dalam bahasa inggris adalah salah satu hal krusial yang mesti anda tahu, kenapa demikian? Karena format penulisan tanggal dalam bahasa inggris ini akan menentukan bentuk formal tidaknya relasi kita dengan klien-klien yang menjadi kawan relasi kita, entah dalam hal akademik ataupun non akademik.

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang benar setidaknya akan menghindarkan anda dari ketidaktahuan tata krama dalam surat menyurat formal, apalagi jika anda mengirim surat ke institusi resmi baik melalui surat berbentuk kertas atau surat berbentuk elektronik. Maka format penulisan tanggal dalam bahasa inggris harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku umum.

Baca juga “Pendalaman Rumus Passive Voice 16 Tenses dalam Bahasa Inggris “

Cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris bisa dimulai dengan memahami cara menulis tanggalnya terlebih dahulu. Tanggal dalam contoh penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang benar tidak ditulis seperti kita menulis angka dalam kehidupan sehari-hari seperti 1,2,3, dan seterusnya, tetapi ditulis mengikuti urutan kejuaraan seperti ini:

Tanggal 1= 1st
Tanggal 2= 2nd
Tanggal 3=3rd
Tanggal 4 dan seterusnya= 4th

Penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang benar sesuai aturan di atas karena tanggal dalam bahasa inggris bisa diartikan tanggal kesatu bulan sekian-kian, jika anda belum paham apa itu arti st, nd dan rd maka bisa dibaca penjelasan di bawah ini:

A). 1st adalah kepanjangan dari first artinya tanggal kesatu atau juara satu
B). 2 nd adalah kepanjangan dari second artinya tanggal kedua atau juara kedua
C). 3 rd adalah kepanjangan dari third artinya tanggal ketiga atau juara ketiga.
D) 4 th adalah kepanjangan dari fourth artinya tanggal keempat atau juara keempat, dan penulisan setelahnya mengikuti kaidah nomor empat ini.

Baca Juga:  Contoh Explanation Text Terbentuknya Danau Air Asin

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris selanjutnya adalah mengenal bulan bulan dalam bahasa inggris, yang biasanya ditulis setelah tanggal yaitu bulan january, february, march, april, may, june, july, august, september, october, november, december.

Nah, pada contoh penulisan tanggal dalam bahasa inggris pada surat menyurat formal setidaknya terdapat tiga tipe cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris:

1.Tipe pertama adalah tipe sangat formal, dan biasanya digunakan di pemerintahan Inggris, Amerika atau negara negara berbahasa ibu bahasa inggris. Format penulisan tanggal dalam bahasa inggris pada versi ini sebagaimana berikut ini:

A.The thirteen of december 2016. (untuk versi inggris)

B.December the thirteen, 2016 (versi amerika)

2.Tipe kedua ini adalah cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris yang sering dan umum digunakan dalam surat menyurat formal di Indonesia, anda bisa gunakan tipe kedua cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris ini pada surat formal, lamaran kerja ataupun pada penulisan body surat eletronik (email). format penulisan tanggal dalam bahasa inggris pada versi amerika dan inggris:

A.14th october 2007 (versi inggris)

B.March 13th, 2007 (versi amrika)

3.Tipe ketiga format penulisan tanggal dalam bahasa inggris pada versi amerika dan inggris yang lebih singkat dan bisa digunakan dalam berbagai surat menyurat normal tapi masih terkesan sopan adalah sebagaimana berikut ini:

A.4/12/2007 (tanggal/bulan/tahun versi inggris).

B.12/4/2007 (bulan/tanggal/tahun versi amerika).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *