ciri khas negara jerman

9 Ciri Khas Negara Jerman, Adakah Yang Belum Kamu Ketahui?

Posted on

Ciri Khas Negara Jerman – Ingin tahu ciri khas negara Jerman? Berikut ini beberapa fakta, keunikan, mengenai negara Jerman dan orang Jerman yang mungkin tidak kalian ketahui.

9 Ciri Khas Negara Jerman, Adakah Yang Belum Kamu Ketahui?

ciri negara jerman

1.Penemuan

Sepanjang sejarah, ada banyak penemuan yang dibuat orang Jerman. Beberapa penemuan yang paling terkenal diantaranya mobil, kulkas, televisi, bakteriologi, serta teori relativitas oleh Albert Einstein. Itu hanya beberapa saja. Jauh sebelum penemuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, jerman telah melahirkan para intelektual yang pemikirannya mempengaruhi peradaban Eropa.

Jerman bahkan disebut sebagai pusatnya pemikir. Filosof besar dunia yang berasal dari Jerman diantaranya Kant, Hegel, Schopenhauer, Nietzsche, dan Heiddeger.

Baca Juga:  4 Universitas Di Jerman Yang Gratis Uang Kuliah yang Perlu Diketahui

2.Gratis biaya kuliah (tuition fee)

Jerman membebaskan biaya kuliah di Universitas Negeri di hampir semua negara bagian, kecuali Bayern dan Baden Wurttenberg. Biaya kuliah (tuition fee) memang gratis, tiap mahasiswa hanya diminta untuk membayar beberapa biaya ringan per semester untuk administrasi. Setiap orang, baik orang Jerman maupun non Jerman, dapat datang ke Jerman dan menikmati pendidikan gratis.

3.Jujur

Satu hal yang menjadi ciri khas negara Jerman dan orang-orangnya adalah kejujuran. Memang terkadang jujur tidak selalu menyenangkan, tapi dalam jangka panjang, jujur akan menghasilkan kebaikan.

Selain itu, orang Jerman juga sangat teliti. Jika kita minta sesuatu, maka mereka akan memberikan jawaban yang tepat, benar, dan sesuai aturan. Sikap ini akan menghasilkan kepercayaan dari orang lain.

4.Kekuatan ekonomi yang besar

Saat ini Jerman merupakan kekuatan ekonomi terbesar Eropa dan salah satu terbesar di dunia. Jerman memiliki kesenjangan ekonomi yang rendah dan ketersediaan lapangan kerja yang luas. Jerman menjadi pusat industri di berbagai bidang, diantaranya otomotif, telekomunikasi, perbankan, manufaktur, dan pariwisata.

Begitu banyaknya peluang ini, menjadikan Jerman sangat menarik bagi para profesional dari berbagai negara untuk mengembangkan karirnya di Jerman.

Baca Juga:  Kuliah Di Jerman Tanpa Biaya Kuliah Bukan Hanya Mimpi

5.Bahasa Jerman

Bagi sebagian orang Indonesia, bahasa Jerman sulit dipelajari. Hal ini sebenarnya lebih karena kita tidak mendapatkan pelajaran bahasa Jerman di sekolah umum. Bahasa Jerman memiliki akar bahasa yang sama dengan bahasa Inggris, sehingga tidak terlalu sulit kalau kita memiliki dasar bahasa Inggris yang kuat.

Padahal kalau sudah tahu, bahasa Jerman dianggap memiliki melodi yang indah. Mungkin, itulah sebabnya bahasa Jerman menjadi bahasa yang paling banyak dipakai di negara-negara Uni Eropa. Lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia mampu berbicara dalam bahasa Jerman. Kalau mereka bisa, kenapa kita enggak?

6.Hamburger

Apakah kalian berpikir hamburger atau burger berasal dari Amerika? Ayo tebak lagi, hamburger adalah makanan yang aslinya berasal dari Jerman, tepatnya dari kota Hamburg. Nah kalau kalian suka burger, cobalah berkunjung ke kota Hamburg.

7.Hutan

Saat hutan di banyak negara musnah, Jerman menjadi salah satu negara yang melindungi kelestarian hutan. Sepertiga dari wilayah Jerman tertutupi hutan. Selain hutan, Jerman juga memiliki banyak danau dan pemandangan indah yang terbentang di seluruh negeri.

8.Pusat Eropa

Jerman terletak di pusat benua Eropa dan berbatasan langsung dengan 9 negara, yaitu Polandia, Belanda, Denmark, Belgia, Republik Ceko, Prancis, Luksemburg, Austria, dan Swiss. Jerman juga memiliki perbatasan laut dengan Swedia dan Inggris. Letak Jerman yang berbatasan dengan banyak negara ini ikut mempengaruhi budaya Jerman. Saat ini Jerman dikenal sebagai satu negara yang memiliki budaya beragam atau multikultural.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Jerman yang Menarik Untuk Dikunjungi

9.Mobil

Jerman menjadi rumah bagi beberapa pabrik merk mobil terkenal seperti Audi, Volkswagen, BMW, Mercedes-Benz, Porsche, hingga Opel. Selain pabrikan merk besar tadi, masih banyak mobil buatan Jerman yang tidak terlalu populer. Mobil Jerman terkenal karena kekuatannya. Saking terkenalnya, sampai ada istilah semua mesin yang “made in Germany” adalah jaminan mutu.

Itulah tadi 9 ciri khas negara Jerman yang bisa menginspirasi kita. Tidak semuanya baik, tapi kita tidak membicarakan hal-hal buruk mengenai negara lain. Semoga artikel tadi bermanfaat dan memacu kita menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *