Beberapa Contoh Formal Invitation dalam acara sehari-hari yang bersifat penting dan serius.

Posted on

Kalimat contoh formal invitation biasanya lebih sering dijumpai oleh mahasiswa dan pelajar yang biasanya bersentuhan dengan acara-acara internasional, jadi mungkin bagi kalian para pelajar dan mahasiswa yang jarang bersentuhan mungkin belum familiar dengan format contoh invitation formal.

Kalimat formal invitation ini biasanya dikirim lewat surat elektronik ketika seorang mahasiswa di jenjang sarjana atau pascasarjana mengikuti acara internasional, melakukan registrasi dan mendapat invitation formal yang bersifat resmi dan bernada serius. Artinya mirip seperti surat resmi yang diterbitkan oleh institusi tertentu.

Nah, contoh invitation formal ini kemudian diadopsi oleh organisasi dan komunitas bahasa inggris yang berjamuran di beberapa kampus dan juga beberapa kota, misalnya ketika anda mengikuti organisasi pertukaran pelajar, klub bahasa inggris atau komunitas akademik yang bersifat serius dan mempunyai tujuan pencapain nasional dan global, maka mereka akan sering-sering mengundang anda dengan format contoh invitatio formal.

Contoh invitation sendiri terbagi atas contoh invitation formal dan informal, bagi mahasiswa yang berkecipung di acara acara internasional seperti konferensi internasional, pertukaran pelajar, atau seminar akademik maka akan lebih sering berjumpa dengan contoh invitation formal. Sementara bagi mahasiswa yang mengikuti organisasi non-profil, komunitas atau klub bisa jadi lebih sering mendapat invitation informal karena biasanya berisi undangan untuk gathering, open recruitment pengurus baru atau acara acara yang bersifat kekeluargaan.

Contoh invitation formal yang didapat seorang mahasiswa yang mengikuti acara seminar, konferensi atau pertukaran pelajar biasanya berisi format baku, dengan penulisan kalimat di dalamnya yang terkesan kaku, penting dan berisi permintaan untuk menghadiri acara disertai dengan proses registrasi dan juga dress code (pakaian) yang mesti dikenakan dalam acara-acara formal invitation tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Conjunction Dan Contoh Kalimat Conjunction

Sementara berbanding terbalik dalam contoh invitation formal dan informal, invitation formal biasanya menggunakan bahasa yang lebih cair, berisi penjelasan yang lebih cair, tidak begitu kaku dan biasanya dikirimkan dalam format yang lebih pendek dan tidak terkesan rumit.

Berikut beberapa contoh formal invitation yang berisi struktur format pengiriman surat, elektronik mail (e-mail) ataupun pengiriman dalam media pesan singkat lainnya:

Pertama, invitation formal diawali dengan pesan siapa ditujukan dan biasanya disertai dengan gelar dan nama lengkap. Misalnya: Dear Miss Dea, Dear Managing Director of ABC, Mr. Takashi, atau biasanya yang khusus di kampus Dear Dr. Joko Waluyo.

Kedua, formal invitation berisi kalimat sapaan singkat dan kemudian menjelaskan maksud dan tujuan pengiriman formal invitation tersebut. Biasanya berisi penjelasan singkat mengenai link website acara, cara registrasi dan tata cara menghadirinya. Di dalamnya biasanya termasuk jika pendanaan dibiayai atau disyaratkan membawa produk tertentu yang diminta.

Ketiga, invitation formal kemudian ditutup dengan kalimat sapaan khas biasanya email atau surat resmi ditutup, misalnya dengan: sincerely yours atau langsung nama pengirim.

Berikut sebuah contoh formal invitation yang dikirimkan seorang penyelenggara seminar, konferensi atau pertukaran pelajar kepada seorang mahasiswa, dosen atau praktisi yang lolos seleksi dan diminta untuk menghadiri acara tersebut:

Dear Mr Andi Hardianti Supomo

On behalf of the Committee of Internatinal Conference on Southeast Asian Studies University of Brunei Darussalam. We would like to inform you regarding your paper accepted to present to the conference.

All the information about registration can check through website www.abc.com and we glad to see you to join the conference next month.

Baca Juga:  Sejarah Bahasa Inggris di Dunia Internasional

Thank you for your attention
Best Regards,
Dr Manuel, Chairman

Perhatikan struktur contoh formal invitation di atas secara berurutan yang tertata rapi dan menggunakan bahasa yang kaku, terhormat dan juga rapi. Terjemahan resminya kira-kira seperti ini:

Kepada Bpk Andi Hardianti Supomo,

Atas nama Panitia Konferensi Asia Tenggara universitas Brunei Darussalam, kami menginformasikan bahwa makalah anda terpilih untuk dipresentasikan di konferensi. Semua hal yang berhubungan dengan registrasi seminar dapat dilihat melalui website www.abc.com dan kami berharap anda bisa bergabung di konferensi bulan depan.

Terima kasih atas perhatiannya,
Hormat kami,
Dr Manuel, Ketua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *