Contoh Kalimat Adjective dalam Percakapan Sehari-hari

Posted on

Contoh Kalimat Adjective – Jika anda sedang mempelajari bahasa inggris, maka mempelajari kalimat adjective tidak bisa dilepaskan dari sistem pembelajaran. Mengapa kita harus mempelajari kata adjective dan juga kalimat adjective? Karena ternyata kalimat adjective merupakan satu dari empat hal mendasar yang harus dikuasai ketika belajar bahasa inggris.

Apa itu adjective? Adjective adalah sebutan untuk kata sifat. Beberapa orang mengenalnya sebagai adjectiva. Nah, kata adjective ini selalu dipelajari bersamaan dengan ketika anda mempelajari apa itu noun, apa itu verb dan apa itu adverb.

Apa itu adjective? Adjective adalah sebuah kata sifat yang biasanya menerangkan kata benda (noun), atau juga bisa menerangkan sebuah kata kerja (verb), selain itu kata adjective juga bisa menjadi kata pendukung terbentuknya kata kerja keterangan, atau penggabungan antara kata adjective dengan kata benda atau kata kerja (verb) malah bisa menjadi kata keterangan (adverb).

Nah, pada awalan ini kita akan mengenal beberapa kata adjective yang sering muncul dalam percakapan kita sehari-hari. Anda mesti ingat bahwa kata adjective bisa berdiri sendiri, atau diambil dari sebuah kata benda atau kata kerja yang kemudian mensifati benda yang perlu disifati.

Misalnya contoh kata adjective yang berdiri sendiri adalah warna (red, blue, brown) atau sifat (hot, cold). ketika kata adjective berdiri sendiri maka disebut dengan kata adjective, tetapi ketika kata adjective mensifati sebuah benda (noun), maka disebut dengan kalimat adjective menjadi kucing coklat (brown cat), motor merah (red motorcyle) atau mobil biru (blue car).

Letak kata adjective sendiri diletakkan di depan karena kaidah tata bahasa inggris seperti itu, tidak seperti bahasa indonesia yang diletakkan di belakang sebagai kata sifat yang mensifati kata bendanya. Lalu apakah bisa kata adjective mensifati kata kerja? Tentu saja bisa. Karena telah diterangkan di atas bahwa kata adjective bisa berdiri sendiri, atau malah kata benda/kata kerja yang mensifati kata lainnya bisa disebut dengan kata adjective.

Baca Juga:  Pengertian Conjunction Dan Contoh Kalimat Conjunction

Contoh adjective yang diambil dari kata benda / kata kerja adalah work hard. Work sendiri adalah kata kerja, sementara kata hard adalah kata benda. Pada posisi ini, siapa yang mensifati? Tentunya adalah hard bukan? Karena hard mensifati menerangkan kata kerja work menjadi contoh kalimat adjective yang berarti kerja keras.

Pada percakapan sehari hari, kalimat adjective juga bisa ditemukan dalam kata kata kerja yang telah berubah dari verb satu menjadi verb dua. Misalnya anda sedang menerangkan kata “good” yang berawal dari kata benda, diubah menjadi kata sifat menjadi “well”, maka kata “well” ini menjadi kata adjective yang bisa digunakan untuk mensifati kata kerja.

Contoh kalimat adjective yang diambil dari kata adjective dan kata kerja verb satu hingga verb dua atau tiga adalah: well-educated. Educated sendiri adalah verb tiga yang dijadikan kata kerja, sementara well adalah contoh kata adjective. Lalu gabungan kata kerja dan kata adjective (well-educated) ini ternyata membentuk kata adverb (keterangan) yang berarti well educated (sebagai orang berpendidikan).

Nah, kata adjective atau kalimat adjective ini sering kali anda temukan di dalam berbagai percakapan sehari-hari, terutama ketika anda berada di ruang akademik. Menjelaskan sifat-sifat teman, sifat sifat ilmu pengetahuan dan sifat sifat yang perlu anda terangkan. Maka anda bisa menggunakan kalimat adjective dengan baik sesuai kaidah kaidah di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *