contoh kalimat present perfect

Contoh Kalimat Present Perfect dalam Dialog Listening TOEFL

Posted on

Contoh Kalimat Present Perfect – Pernahkah anda perhatikan ketika belajar toefl baik jenis toefl itp, ibt ataupun ielts terdapat banyak tense-tense yang secara samar bisa kita pelajari langsung dari soal-soal toeflnya, tanpa kita membuka buku teori tentang tenses-tenses tersebut. Memang bagi pemula kelihatannya berat, tetapi bagi pembelajar yang sudah separuh jalan maka cara belajar ini bisa anda tiru.

Langkah pertamanya adalah memperhatikan tiga bagian soal dalam ujian toefl itp ataupun pbt, yaitu listening, structure dan kemudian reading. Dari ketiga bagian ini, maka anda bisa belajar sepenuhnya 12 sampai 15 tenses-tenses utama yang sering kita temui ketika belajar teori grammar, salah satunya adalah kalimat present perfect.

Contoh kalimat present perfect tense dalam ujian toefl dapat ditemukan baik di sesi soal reading, structure maupun listening. Namun untuk lebih mempersempit daya belajar agar anda lebih efektif, maka pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut kalimat present perfect tense pada sesi dialog listening.

Baca juga ” Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sehari hari dan Cara Membacanya

Kenapa dipilih contoh kalimat present perfect tense yang berada d sesi listening berbentuk dialog? Karena dalam permbuatan kalimat present perfect biasanya akan ditemui sebuah kalimat pernyataan (berbentuk kalimat negatif dan positif biasa), dan juga kalimat interrogative, nah kalimat berbentuk interrogative ini akan lebih mudah kita temui dalam sesi dialog listening yang memang menjadi hal umum dalam sesi ujian tersebut.

Apa saja ciri-ciri contoh kalimat present perfect?

Kalimat present perfect tense yang akan anda temui dalam sesi dialog listening dapat kita petakan ke dalam tiga poin utama:
Pertama, contoh kalimat present perfect ditandai dengan subyek. Subyek ini bisa berbentuk tunggal (singular) ataupun jamak (banyak). anda bisa perhatikan bahwa subyek ini sangat penting dan menentukan penggunaan kata kerja selanjutnya.

Baca Juga:  Lembaga Les LSAT Prep Jakarta Terpercaya

Kedua, ciri khas selanjutnya dalam contoh kalimat present perfect adalah penggunaan HAS atau HAVE. Tentu saja penggunaan kedua kata ini sesuai dengan subyeknya. Kenapa ini disebut ciri khas, karena present perfect menandakan sebuah pekerjaan telah atau sudah dikerjakan, maka digunakan kata HAS dan HAVE. Ingat ingat selalu HAS untuk subyek tunggal sementara HAVE untuk subyek jamak.

contoh kalimat present perfect

Ketiga, ciri khas selanjutnya dalam contoh kalimat present perfect tense adalah adanya VERB TIGA atau biasa kita sebut past participle. Bagaimana menandai verb tiga? Untuk kata kerja beraturan biasanya dicirikan dengan akhiran -ed. Sementara untuk kata kerja tidak beraturan anda harus menghafalnya sesuai dengan rumus kebiasaan yang telah ditentukan.

Contoh kalimat present perfect tense berbentuk kalimat positif dalam sebuah dialog.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa contoh kalimat present perfect juga ditemukan dalam sesi dialog listening. Selanjutnya juga sudah dijelaskan ciri khas yang mesti anda perhatikan pada penggunaan rumus rumus kalimat present perfect tense. Perhatikan beberapa contoh kalimat positif present perfect tense di bawah ini:

1.My brother has finished a study in Chemistry
2.We have been to Canada
3.My sister and I have worked at the Supermarket.
4.The class has been finished.
5.My friends have improved their Chinese.

Beberapa kalimat positif dalam contoh kalimat present perfect tenses sudah disesuaikan dengan ciri khas dan rumus yang terdapat pada present perfect seperti adanya subject, penggunaan has atau have dan juga penggunaan verb tiga (past participle).

Selanjutnya berikut contoh kalimat present perfect tense dalam sebuah dialog yang bisa anda temukan pada sesi listening bagian pertama dengan durasi pendek:

Martha : Chemistry is difficult, finally, the class has been done.
David : you can say that again!

Baca Juga:  Mengintip, 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Terjemahan

Martha : Kimia memang sangat sulit, akhirnya, kelasnya selesai juga.
David : setuju!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *