Contoh kalimat present tense dalam simple present tense

Posted on

Contoh kalimat present tense dalam sebuah tense bernama simple present adalah salah satu tense yang sangat gampang untuk dikenali dan juga ditulis atau dipraktekkan. Pada pendahuluan kita harus memahami bahwa sifat present tense adalah menerangkan kondisi saat ini, atau menerangkan kondisi yang sedang terjadi pada masa ini dan masih berlangsung.

Nah, sifat simple present tense sendiri juga menerangkan kondisi yang sedang terjadi saat ini, sedang berlangsung saat ini dan sampai jangka saat ini. Akan tetapi simple present tense juga memmpunyai fungsi lain dalam menerangkan misalnya kejadian atau peristiwa yang selalu diulang dalam waktu dan jam yang sama. Misalnya adalah daily routine, rutinitas dalam sistem negara atau hal hal umum yang biasa terjadi.

Selain itu juga, simple present tenses juga berguna dalam menerangkan kejadian-kejadian yang bersifat ilmiah, hukum-hukum alam dan segala teoritik sains dan ilmu sosial, pada bagian ini, sifat simple present tense dapat kita temukan dalam ujian reading toefl yang biasanya mencantumkan artikel-artikel ilmiah dan mudah untuk kita kenali.

Contoh kalimat present tense dalam simple present tense berjenis menerangkan kondisi saat ini dan sedang berlangsung mengikuti rumus sebagai berikut:

Subyek + is/are + verb +ing.

Jadinya, setiap penjelasan dalam simple present tense yang merangkan kondisi saat ini menggunakan jenis verb + ing. Misalnya contoh kalimat present tensenya seperti ini:

We are eating foods in the canteen
She is going to to Semarang

Sementara contoh kalimat present tense dalam simple present tense berjenis pengulangan sehari-hari mempunyai contoh yang berbeda dan tidak menggunakan kata kerja verb + ing, tetapi sesuai dengan apa yang diterangkan misalnya daily routines atau sebuah kejadian politik rutin yang dilakukan menteri atau presiden.

Baca Juga:  Pengertian TOEFL untuk orang awam

We have a dinner at 20:00
Presiden and his minister have a conversation with France Ambassador.

Pada bagian terakhir ini, contoh kalimat present tense dalam simple present tense dapat ditemukan dalam penerangan sebuah kejadian-kejadian ilmiah, hukum sains dan berbagai teorinya. Artikel berjenis ini dapat ditemukan di majalah-majalah, koran, jurnal ilmiah dan bahkan soal ujian toefl pada bagian reading.

Beberapa contoh kalimat present tense dalam jenis artikel ilmiah misalnya adalah:

Bats like dark place
Bat likes eat banana

Rumus yang perlu diperhatikan bahwa setiap subyek berjenis tunggal akan menggunakan kata kerja dengan jenis tambahan s/es. Sementara sebaliknya untuk subyek berjenis jamak maka kata kerjanya tidak perlu memakai tambahan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *