Contoh Kalimat Simple Present dalam Kegiatan Sehari-Hari

Posted on

Contoh Kalimat Simple Present – Belajar tenses tenses bahasa inggris membutuhkan ketekunan tersendiri, sehingga kita bisa memahami sebuah tenses lebih mendalam, dan kemudian bisa merangkaikannya dengan tenses-tenses yang lain. Jumlah tenses sendiri dalam bahasa inggris lebih dari 16 jenis tenses, dimana terdiri dari tenses yang paling mudah atau dalam artian sederhana untuk dipahami, hingga tenses yang membutuhkan pemahaman mendalam.

Beberapa tenses butuh dijelaskan dalam kehidupan sehari-hari, agar seseorang memahami sebuah tense dengan lebih mudah. Karena tidak sedikit yang merasa kesulitan ketika mempelajari tenses tanpa menjelaskan dengan sebuah contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka yang tidak mempuyai background bahasa inggris, seringkali kurang bisa memahami sebuah tense jika tidak disertai dengan contoh-contohnya. Nah, salah satu tenses yang membutuhkan ini mulai dari yang paling sederhana adalah simple present tense. Simple present tense sendiri sangat mudah, sederhana, tetapi bagi sebagian orang susah untuk dipahami jika tidak diberikan contoh kalimat simple present.

Sebelum memasuki sebuah contoh kalimat simple present, kita perlu memahami penggunaan simple present ini secara jelas dan terang benderang sehingga tidak membingungkan arah pemikiran kita:

Pertama, simple dan present terdiri atas dua gabungan penjelasan, yaitu simple=sederhana dan present= saat ini. Berarti simple present adalah kalimat pernyataan penjelasan sederhana mengenai kondisi saat ini yang sedang dilakukan.

Kedua, dalam pengertian grammar atau tata bahasa inggris, contoh kalimat simple present adalah sebuah contoh penjelasan atas kondisi saat ini, artinya menjelaskan kondisi kita saat ini atau sebuah subyek saat ini bisa menggunakan grammar simple present.

Ketiga, contoh kalimat simple present terdiri atas kalimat positif dan negatif, dalam artian menerangkan kondisi saat ini bisa saja dalam keadaan postifi dan negatif. Kedua bentuk ini akan mempengaruhi rumus penggunaan kalimatnya.

Baca Juga:  Contoh Text Narrative dalam Bahasa Inggris

Keempat, penggunaan verb atau kata kerja dalam contoh kalimat simple present akan berubah mengikuti subyek yang sedang diterangkan. Misal jika anda menerangkan seorang subyek berbentuk tunggal, maka dalam contoh kalimat simple present, kata kerja yang digunakan berbentuk tunggal, biasanya ditambahi akhiran “s” atau “es”. sementara jika berbentuk jamak tinggal mengikutinya saja.

Kelima, selain fungsi dan kegunaan untuk menerangkan kondisi yang terjadi saat ini, simple present juga bisa digunakan untuk menerangkan a) sebuah kejadian yang berulang-ulang dan berlangsung saat ini, b) menerangkan sebuah fakta, teori atau hukum alam yang sudang jelas dalam ilmu pengetahuan, c) menerangkan sebuah kebiasaan, daily routines yang terus berulang dalam kurun waktu tertentu.

Berikut beberapa contoh simple present tense dalam kegiatan sehari-hari yang bisa anda perhatikan. Contoh-contoh kalimat simple present tenses yang dihadirkan disini menginduk pada penjelasan-penjelasan di atas, sehingga anda tinggal mengurutkan referensinya dengan penjelasan di atas.

Pertama, contoh kalimat simple present dalam kegiatan yang memberikan arti kalimat positif, misalnya adalah “Doni eats hamburger” atau jika dibalik dalam kalimat negatif menjadi “Doni does not eat hamburger”. perhatikan penggunaan kata “eats” dan “eat” berubah mengikuti kalimat positif atau negatif.

Kedua, penggunaan contoh kalimat simple present dalam kegiatan sehari-hari untuk bertanya. Perhatikan kalimat tanya yang ada di depanya. Does Doni eat hamburger? Atau menjadi Are the students eat hamburger? Penggunaan does dilakuka karena subyek yang ditanya hanya satu, sementara are digunakan untuk banyak orang.

Ketiga, contoh kalimat simple present dalam kegiatan sehari hari yang berulang, misalnya “Doni eats breakfast every morning at 6 am” atau “Joko plays badminton every Sunday morning”. selain itu juga bisa digunakan dalam beberapa kalimat fakta: The Governor of DKI Jakarta is Anies Baswedan. Atau Indonesia is located bertween two continental and two ocean.

Baca Juga:  Bentuk dan Posisi Kata Sifat Bahasa Inggris Dalam Kalimat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *