Contoh Presentasi Bahasa Inggris di depan kelas perkuliahan

Posted on

Contoh Presentasi Bahasa Inggris – Presentasi bahasa inggris merupakan salah satu hal penting yang dikuasai dalam era globalisasi dewasa ini. Bukan berarti presentasi dalam bahasa indonesia tidak terlalu penting. Justru dengan menguasai dua model presentasi, baik presentasi bahasa indonesia maupun presentasi bahasa inggris akan memudahkan kita beradaptasi dengan perubahan zaman.

Presentasi bahasa inggris di dunia kerja biasanya berkaitan dengan Presentasi di hadapan klien warga negara asing, calon investor atau hanya rapat koordinasi yang melibatkan berbagai pegawai dari negara negara berbahasa inggris. Pada taraf yang lebih sederhana, presentasi bahasa inggris biasanya mutlak dijalani ketika anda mengikuti seminar internasional, baik yang diadakan di Indonesia maupun di luar negeri.

Presentasi bahasa inggris yang paling sederhana sendiri adalah ketika berada di depan kelas perkuliahan, atau dalam beberapa contoh presentasi bahasa inggris dilakukan ketika mengikuit kursus bahasa inggris, ketika berada di dalam kelas bahasa inggris atau bisa melakukan simulasi presentasi bahasa inggris dengan komunitas english club misalnya.

Teknik presentasi bahasa inggris sebenarnya sederhana dan sangat gampang, yang susah justru adalah memperkuat mental. Ketakutan akan cara membaca (speaking dan pronounciation) dalam bahasa inggris yang tidak tepat, demam panggung dan sederet ujian mental lainnya yang justru membuat anda semakin gugup di depan kelas.

Teknik presentasi bahasa inggris sejatinya sama halnya dengan teknik presentasi dalam bahasa indonesia. Pada pembukaan presentasi bahasa inggris di depan kelas perkuliahan, kita akan memulai dengan sapaan, sesi perkenalan dan materi apa yang akan kita sampaikan. Teknik pembukaan presentasi bahasa inggris ini bisa anda lakukan baik di depan kelas, seminar nasional, konferensi ataupun di depan klien anda.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Simple Present Tense Seperti Apa? Ini Contohnya

Selanjutnya teknik presentasi bahasa inggris pada sesi pembahasan sangat tergantung dengan materi yang anda presentasikan. Jika materi anda banyak bagan dan tulisan lebih baik anda sudah siapkan copy materi presentasi yang dibagikan kepada audiens agar mereka tidak jenuh mendengarkan presentasi anda.

Selain itu, cobalah untuk melakukan presentasi bahasa inggris dengan slide berisi poin-poin yang langsung kepada inti masalah, bukan narasi panjang panjang yang akan membuat anda kerepotan dan gugup dalam menerangkan.

Pada bagian akhir, teknik penutup presentasi bahasa inggris di depan kelas perkuliahan juga sama halnya dengan teknik presentasi bahasa indonesia. Anda mengucapkan terima kasih atas perhatian audiens dan kemudian memberikan kesempatan untuk melakukan feedback atau pertanyaan (sesi pertanyaan).

Untuk lebih detail agar anda bisa praktek sendiri, atau bersama dengan teman-teman, berikut contoh presentasi bahasa inggris di depan perkuliahan pada materi-materi perkuliahan biasanya:

1.Pembukaan presentasi bahasa inggris pada sesi perkuliahan tidak usah terlalu bertele-tele. Kata kuncinya adalah sapaan, perkenalan kita, dan apa yang akan kita presentasikan. Contoh pembukaan presentasi bahasa inggris di depan kelas perkuliahan:

“Good Morning class/Good Morning Everyone, I would like to introduce myself, my name is Raihan, I’m from ABC Group in this class, and I would like to present about “Disease in Southeast Asia”. in this material I would discussing about …….”

“selamat pagi kelas/selamat pagi semuanya, saya ingin memperkenalkan diri saya, nama saya raihan dari kelompok ABC di kelas ini, dan saya ingin mempresentasikan materi mengenai “Penyakit di Asia Tenggara”, di dalam materi ini saya ingin mendiskusikan mengenai……”

2.Pada sesi pembahasan presentasi bahasa inggris bisa disesuaikan dengan materi-materi yang anda presentasikan. Ingatlah bahwa presentasi dengan poin-poin yang terukur dan jelas akan memudahkan presentasi bahasa inggris anda ketimbang banyak tulisan dan gambar yang membuat anda semakin gugup.

Baca Juga:  Ketahui Tiga Fungsi Kamus Inggris Online

Pada sesi terakhir, penutup presentasi bahasa inggris di depan kelas perkuliahan sama halnya dengan penutup presentasi bahasa indonesia dimana beberapa kata kunci penutup presentasi adalah ucapan terima kasih dan menanyakan audiens apakah ada yang mau ditanyakan.

Contoh penutup presentasi bahasa inggris di depan kelas perkuliahan:

“That’s all my presentation, feel free to ask me a question”
(itu saja presentasi dari saya, silakan jika ada yang mau ditanyakan)

Jika sesi pertanyaan kesatu selesai, dan masih ingin membuka sesi pertanyaan selanjutnya bisa ditanyakan dengan tag pertanyaan: anything else? (apakah ada yang mau bertanya lagi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *