Contoh Short Message Efektif dalam Percakapan SMS dan Aplikasi Pesan Singkat

Posted on

Contoh Short Message – Short Message atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan pesan instan ini sejatinya lahir lebih dulu ketimbang aplikasi pesan singkat yang baru marak puluhan tahun terakhir. Short message sendiri lahir bersamaan dengan kelahiran aplikasi short message service atau yang biasa kita kenal dengan sebutan sms.

Contoh short message yang paling dikenal dalam aplikasi sms adalah pesan yang ditulis dengan berbasis pada karakter, sehingga semakin banyak karakter yang ditulis akan semakin membebani biaya sms yang kita kirim. Misalnya jika anda mengirim contoh short message sebagai berikut via sms:

Hallo, dady, how do you feel today? I would like to tell you that I have been accepted for working in the united nations.
Maka dalam beberapa pesan layanan operator akan dikenakan tarif yang lebih tinggi. Skema ini dulu diberlakukan ketika belum ada perang tarif di Indonesia, dimana semua short message yang dikirim bebas dan berbasis pada berapa kali dikirim hingga gratis selama sehari atau beberapa jam.

Contoh short message yang efektif sebenarnya telah dimulai semenjak penemuan telegram. Dimana manusia dituntut mengirimkan kabar dalam sebuah pesan yang amat singkat. Misalnya contoh short message dalam bahasa indonesia yang dikirimkan melalui telegram:

“saya akan pulang tiga oktober jemput diterminal jam 2”

Contoh short message ini adalah benar benar pesan singkat instan yang tidak perlu dijawab, atau dibalas dan langsung bisa dimengerti oleh penerimanya. Faktor utamanya adalah karena harga telegram per hurufnya / karakternya sangat mahal untuk ukuran keekonomian kala itu.

Ketika perkembangan telegram kemudian tersaingi oleh kehadiran short message service (sms), perilaku untuk mengirimkan short message tetap saja ada, hanya saja biaya yang dikeluarkan lebih murah, tetapi manusia tetap ingin berkomunikasi secara singkat dan instan tanpa memerlukan banyak biaya.

Baca Juga:  Pengertian dan Rumus Present Continuous Tense Untuk Dipelajari

Hadirnya aplikasi pesan singkat seperti wechat, telegram, whatsapp dan line ternyata tidak mengubah karakter manusia untuk mengirimkan pesan singkat secara instan dan efektif. Walaupun sebenarnya biaya yang dibebankan oleh aplikasi pesan singkat ini tergolong murah, karena berapapun anda mengirim pesan singkat via aplikasi, beban biaya yang dipakai hanyalah akses data dari operator anda.

Namun, contoh short message dalam aplikasi pesan singkat lebih dikarenakan komunikasi manusia yang semakin cepat, efektif dan tidak bertele-tele membutuhkan short message yang to the point, sehingga etika-etika dalam berkomunikasi kemudian diringkas ke dalam komunikasi yang singkat dan efektif.

Coba perhatikan beberapa contoh short message dalam bahasa inggris via whatsapp, line atau telegram di bawah ini:

Pesan Pertama: “Robert, Have you sent file to the director this morning?

Pesan kedua: “yes of course, what is the matter”?

Contoh short message di atas adalah short message sederhana yang baru baru digunakan di awal kemunculan aplikasi pesan singkat. Tetapi seiring dengan kehadiran etika komunikasi yang terus diringkas, maka contoh short message menjadi lebih singkat, perhatikan contohnya di bawah ini:

Pesan pertama: Robert, have u sent file 2 director?

Pesan kedua: yes, what’s up?

Perhatikan kedua contoh short message di atas apakah ada perubahan dengan contoh short message pertama? Tentu saja ada, karena adanya penggunaan kalimat dan kata kata singkatan yang akan lebih familiar digunakan dalam komunikasi efektif kedepannya.

Perhatikan beberapa contoh short message yang lebih singkat lagi:

Pesan Pertama: did u know cake 4 tomorrow?

Pesan Kedua: idk (singkatan dari I don’t know).

Contoh short message yang kedua ini lebih menggunakan singkatan singkatan yang lebih efektif dalam berkomunikasi sehingga bisa anda gunakan dalam beberapa komunikasi dengan teman-teman anda. Berikut beberapa singkatan dalam contoh short message yang bisa anda pakai:

Baca Juga:  Pilih Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat untuk Anak Sekolah

1.Idk : I don’t know (saya tidak tahu)

2.Tbh: to be honest (sejujurnya)

3.Fyi: for your information (untuk kamu ketahui)

4.Wkwkwk: menandakan sedang ketawa.

5.U= you (kamu)

6.4 = for (untuk) atau empat

7.ASAP = As soon as possible (secapat yang kamu bisa)

8.BTW= by the way (omong omong)

9.CMIIW = Correct me if I am wrong (tolong koreksi kalau saya salah).

10.DIY= Do it yourself (lakukan sendiri)

Singkatan-singkatan di atas bisa anda gunakan dalam percakapan pesan singkat lewat sms, lewat aplikasi pesan singkat atau bahkan dalam komunikasi media sosial seperti facebook, instagram atau email-email komunikasi. Perhatikan bahwa contoh short message di atas bukanlah komunikasi email resmi, jadi jangan salah menempatkan ketika anda berkomunikasi dalam email resmi kepada atasan anda, kepada klien bisnis anda atau malah kepada calon konsumen anda.

Perhatikan beberapa etika berkomunikasi dalam contoh-contoh short message yang telah di bahas sebelumnya:
Pertama, contoh short message yang telah disajikan di atas berlaku biasanya komunikasi antar teman sebaya dalam sekolah, pergaulan, teman dekat di kantor dan bukanlah percakapan resmi dalam berkomunikasi dalam bisnis, ini adalah poin penting yang mesti anda perhatikan.

Kedua, contoh short message ini merupakan percakapan informal yang umum biasanya dilakukan di dalam media sosial yang memerlukan efektifvitas misalnya seperti twitter yang hanya membatasi beberapa karakter saja untuk di tweet, atau dalam postingan feed instagram yang hanya membatasi beberapa kata saja agar lebih menonjolkan foto dan video.

Ketiga, short message dalam komunikasi email yang memerlukan penjelasan panjang biasanya sangat tidak cocok. Kecuali anda telah terbiasa berkomunikasi dalam paragraf-paragraf yang singkat dengan banyak banyak singkatan karakter seperti contoh short message di atas, akan tetapi selalu ingat bahwa contoh short message tidak baik digunakan dalam email bisnis atau akademis yang biasanya bersifat formal.

Baca Juga:  Jenis dan Rumus Past Tense Dalam Tata Bahasa Inggris

Keempat, untuk menambah kesan keakraban dalam contoh short message yang informal, maka beberapa orang menambahkan emoticon yang sesuai untuk membuat suasana menjadi lebih cair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *