4 Contoh Soal IELTS Dan Cara Menjawab Tanpa Rasa Grogi

Posted on

Contoh Soal IELTS – Diluar sana khususnya di dunia maya ada banyak contoh soal IELTS yang bertebaran, namun sayangnya masih sedikit informasi tentang cara menjawabnya tanpa rasa grogi karena mungkin saja banyak orang yang kurang mempersiapkannya secara matang.

Dan saat ini pendidikan di luar negeri, khususnya negara Eropa, menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar Indonesia lantaran syarat yang harus ditempuh sudah terbuka bagi golongan manapun dan banyak pula yang menyediakan beasiswa gratis untuk belajar sampai ke luar negeri.

Baca Juga:  Mengintip, 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Bahkan berbagai yayasan yang menaungi para pemburu beasiswa mensyaratkan berbagai hal yang cukup rumit termasuk syarat kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan negara mana yang akan dituju.

Biasanya pihak yayasan dan Universitas yang akan dituju meminta untuk mengikuti tes IELTS atau TOEFL sebagai syarat masuk. Banyak pula yang bertanya – tanya mana yang harus diambil atau tes mana yang memiliki keunggulan lebih baik.

Apakah Fungsi TOEFL dan IELTS Itu Sama?

Tahukah Anda bahwa ternyata TOEFL dan IELTS keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu mengukur sampai sejauh mana kemapuan berbahasa Inggris kita, namun terdapat perbedaan berdasarkan negara tujuan di mana universitas yang kita cari berada.

Baca Juga:  Tempat Kursus Persiapan IELTS Jakarta Terbaik

Jika kita ingin melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat maka TOEFL menjadi syarat mutlak untuk dipenuhi, namun jika kita ingin melanjutkan ke negara – negara Eropa seperti Inggris, Belanda, Australia maka IELTS lebih diutamakan.

Apa Itu IELTS? Bagaimana Tesnya?

Apa itu IELTS? Ya IELTS merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System yang berdiri sejak tahun 1989. IELTS memiliki dua jenis tes yakni :

– IELTS Academic Version

Ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke negara – negara persemakmuran Inggris (koloni) atau menjadi salah satu tenaga ahli seperti dokter dan perawat.

– IELTS General

Tes ini ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan pelatihan, kerja magang atau training di luar negeri (negara koloni inggris).

Biasanya IELTS memiliki lama waktu pengerjaan soal 2 jam 45 menit dengan rentang nilai (band) 1.0 sampai dengan (band) 9.0. umumnya bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana harus mencapai rata – rata band antara 5.0 – 6.0 agar diterima di universitas tujuan.

4 Contoh Soal IELTS Dan Cara Menjawab Tanpa Rasa Grogi

Tahukah Anda bahwa ternyata contoh soal IELTS terbagi menjadi empat sesi pengujian yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking dan keempat sesi tes tersebut dilakukan secara tertulis dan langsung berbicara kepada penguji tanpa bantuan komputer seperti yang ditemui pada TOEFL CBT dan IBT.

Baca Juga:  Jenis Jenis Ujian GRE dan Cara Penilaian Tes GRE

Dan berikut di bawah ini adalah 4 contoh soal IELTS dan cara menjawabnya tanpa rasa grogi yang pastinya akan memudahkan Anda untuk menjawab contoh soal IELTS, diantaranya:

1. Sesi Mendengarkan (Listening)

Pada sesi ini soal yang ditanyakan mencapai 40 pertanyaan dan lembar jawaban berupa lembar jawaban komputer (LJK). Ada juga model tes IELTS yang memberikan lembar jawaban melengkapi pertanyaan berurutan antara satu sampai dengan lima pertanyaan sesuai dengan topic yang sedang dibicarakan.

Contoh Soal IELTS Listening, Diantaranya:

A. Speaker A: menjelaskan tentang suasana perkuliahan di kampus oxford Inggris yang kondusif dan nyaman dengan berbagai mahasiswa dari seluruh dunia yang menempuh pendidikan.

Karena kampus tertua di Inggris yang menjadi tujuan para pelajar dengan fasilitas yang baik dan berkualitas. Dijelaskan juga jurnal penelitian yang diakui oleh dunia pendidikan secara global. Maka dalam lembar pertanyaan yang harus di jawab akan muncul soal seperti:

a. Where is the place mentioned in dialogue?

b. How is the situation there?

c. How many journals that issued by Oxford university?

Contoh di atas adalah contoh dari salah satu tes IELTS yang menggunakan metode menulis essay tanpa menggunakan pilihan ganda.

Mungkin contoh soal IELTS diatas sedikit menyulitkan bagi mereka yang terbiasa mengisi jawaban menggunakan LJK.

Tips Menjawab Soal IELTS Listening Tanpa Rasa Grogi

Namun, Anda jangan khawatir karena Kami akan memberikan tips menjawabnya tanpa rasa grogi, yaitu dengan terus berlatih dalam meningkatkan kemampuan mendengar agar mudah menghadapi model soal IELTS seperti diatas.

2. Sesi Menulis (Writing)

Biasanya pada menulis ini akan terbagi menjadi dua bagian dan berikut di bawah ini adalah contoh soal IELTS untuk sesi menulis.

Contoh Soal IELTS Writing, Diantaranya:

a. Bagian 1, akan disediakan gambar berupa grafik, diagram, atau data – data yang harus dijelaskan dan dijabarkan oleh peserta minimal 150 kata dengan gramatikal yang baik dan benar.

b. Bagian 2, peserta diwajibkan untuk melakukan argumentasi dari topik masalah yang telah disediakan minimal 250 kata.

Tips Menjawab Soal IELTS Listening Tanpa Rasa Grogi

Diharapkan peserta lebih teliti dalam menjelaskan topic permasalahan yang sedang dibahasa, selain gramatikal yang baik dan benar, keakuratan jawaban dalam memecahkan masalah juga diperhitungkan.

3. Sesi Membaca (Reading)

Dalam sesi membaca ini para peserta akan diberikan durasi waktu satu jam untuk menyelesaikan seluruh pertanyaan pada sesi membaca, kemudian semua jawaban dapat dicari dalam artikel yang dibaca asalkan kita teliti membacanya.

Tips Menjawab Soal IELTS Listening Tanpa Rasa Grogi

Selain teliti kecepatan dalam membaca artikel juga diperlukan agar dapat menghemat waktu lebih banyak. Dalam pertanyaan yang diajukan akan ditemui dalam format: benar atau salah, iya atau tidak, mengisi jawaban, menyesuaikan pernyataan.

4. Sesi Berbicara (Speaking)

Biasanya dalam sesi ini peserta akan diberikan waktu selama kurang lebih 11 menit untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.

Sesi speaking terbagi menjadi tiga bagian, pada bagian pertama peserta diminta untuk menjelaskan siapa dirinya dan bagaimana latar belakagnya.

Tips Menjawab Soal Listening Tanpa Rasa Grogi

Pada bagian kedua peserta akan memilih tentang topic yang akan dibahas dan diberikan waktu selama satu menit untuk memikirkan persiapan dalam menjawab setelah itu penilai ujian akan bertanya sesuai dengan topic yang dibaca.

Pada sesi ketiga si penguji akan bertanya tentang topic yang diberikan sebelumnya dengan bobot bahasan yang agak lebih berat dari sebelumnya dan tips untuk menjawab soal listening tanpa rasa grogi adalah dengan rajin berbicara bahasa Inggris dengan teman maupun dengan orang yang ada di rumah.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai 4 contoh soal IELTS dan cara menjawab tanpa rasa grogi dan jika misalkan Anda membutuhkan tempat kursus persiapan IELTS maka Anda bisa menghubungi tim konsultan Kami di Westwoodprep di nomer 081388867006 dan 02122455311

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *