Contoh Surat Undangan dalam Bahasa Inggris Bentuk Formal dan Informal

Posted on

Contoh Surat Undangan dalam Bahasa Inggris – Pernahkah anda mendapat sebuah contoh surat undangan dalam bahasa inggris? Jika belum pernah, cobalah untuk mengirim beberapa makalah atau aplikasi mengikuti acara acara seminar, workshop atau konferensi yang bersifat internasional, baik yang dilakukan di luar negeri ataupun di dalam negeri (di indonesia).

Nantinya setelah makalah atau aplikasi anda diterima dalam acara tersebut, maka anda akan mendapat surat undangan bahasa inggris yang berisi permintaan konfirmasi, format acara, permintaan untuk membayar biaya pendaftaran, atau jika acara yang akan anda ikuti menyediakan travel grants mereka akan menginformasikan fasilitas apa saja yang mereka berikan kepada peserta.

Jika anda masih terlalu malu-malu untuk mengikuti acara-acara yang bersifat internasional di luar negeri, bisa mengikuti acara acar semi internasional yang diadakan oleh banyak kampus-kampus lokal di Indonesia. Misalnya acara pertemuan ilmiah, para pecinta games, pameran produk teknologi informasi hingga pertemuan tahunan yang menghadirkan satu orang pembicara internasional. Jika anda mengikuti atau mendaftar, maka akan ada notifikasi contoh surat undangan bahasa inggris yang anda terima.

Nah, contoh-contoh surat undangan dalam bahasa inggris inilah yang bisa anda tiru, atau anda pahami tata cara pembuatan surat undangan bahasa inggris baik dalam bentuk formal maupun informal. Biasanya acara acara konferensi ilmiah seperti seminar, konferensi hingga pertemuan tahunan akan mengundang anda dalam bentuk surat undangan bahasa inggris bersifat formal. Sementara acara acara mahasiswa seperti pertemuan para pecinta game akan memberikan anda surat undangan bahasa inggris bersifat informal.

Lalu apa saja perbedaan utama surat undangan bahasa inggris formal dengan contoh surat undangan dalam bahasa inggris yang ditulis dengan gaya informal. Paling utama perbedaannya adalah representasi acara yang membutuhkan penyampaian pesan berbentuk formal ataupun informal, selain itu juga hal yang paling penting adalah pembedaan formal dan informal ini menjadi penanda cairnya komunikasi.

Baca Juga:  Cara Mengubah jpg ke pdf secara praktis

Anda tentu bisa bedakan bahwa komunikasi di seminar dan konferensi tentu harus rapi dan tersusun dengan protokol resmi dan disiplin kan? Coba bandingkan dengan pertemuan tahunan para gamers yang cair dan bebas, nah ini adalah salah satu alasannya mengapa ada contoh surat undangan bahasa inggris yang ditulis formal maupun informal.

Misalnya dalam penulisan surat undangan bahasa inggris formal, anda bisa jadi dipanggil mr, mrs ataupun gelar anda misalnya Dr, Profesor ataupun gelar kehormatan dalam surat undangan. Sementara dalam format informal hanya ditulis “dear my friends” atau “hallo guys”. atau bahkan malah tidak ada panggilan resmi, hanya langsung memberi tahukan informasi dasar dan intinya mau ngapain aja. Jelas berbeda kan?

Nah, berikut beberapa contoh surat undangan dalam bahasa inggris yang ditulis secara formal dalam beberapa acara konferensi, seminar atau workshop yang diadakan oleh kampus di luar negeri atau kampus-kampus di Indonesia, perhatikan beberapa nama panggilan dan kalimat pembuka yang sangat formal:

Dear Dr. Latifah Fahmi,

On Behalf of International Conference on Biodiversity University of Malaysia Committee, we inform to you that your paper with the title “Biodiversity Problem in South Kalimantan and West Kalimantan: A Comparative Study” has been acceepted by committee.

We would like to invite you to join the conference in Kuala Lumpur 13th of October untul 17th October 2020 at the Postgradute School Building University Malaya, Malaysia. All selected participant cost will be covered by travel grants. We waiting for your confirmation as soon as possible by email: committee@um.my.id before 15th February 2020.
Regards

Dr Manuel, Vice Dean Postgraduate School University Malaya.

Baca Juga:  Lima Tips Ampuh Cara Memilih Kursus GMAT Surabaya

(Terjemahan)

Kepada Dr. Latifah Fahmi,

Atas nama panitia international konferensi biodiversitas dari universitas malaya, kami menginformasikan bahwa makalah anda berjudul “Permasalahaan Biodiversitas di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat: sebuah perbandingan” dinyatakan diterima oleh panitia. Kami mengundang anda menghadiri konferensi di kuala lumpur pada 13-17 oktober 2020. Seluruh biaya akomodasi para peserta yang diterima atau terpilih akan ditanggung oleh travel grant. Secepatnya kami tunggu konfirmasi anda melalui email committee@um.my.id sebelum tanggal 15 Februari 2020.

Dengan Hormat
Dr. Manuel, wakil dekan sekolah pascasarjana universitas malaya.

Selanjutnya adalah contoh surat undangan dalam bahasa inggris yang ditulis informal untuk acara mahasiswa, komunitas, pertemuan tahunan komunitas yang ditulis dalam bentuk cair, langsung dan tanpa bertele-tele. Perhatikan beberapa kata sapaan, informasi yang disampaikan dan juga maksud dan tujuan pengiriman.

Hai, Fellow Students of Departement of Chemistry

We inform you in the following days start from 13th march until 18th march Student Association of Departement of Chemistry will be organized welcome party. All of you are invited, kindly confirmation at: student@chemistry.org.

Regards
Ronald, President

(Terjemahan)

Halo, keluarga mahasiswa departemen kimia.

Kami menginformasikan kepada teman teman semua bahwa pada beberapa hari mendatang sekitar 13 maret sampai 18 maret, organisasi mahasiswa departemen kimia akan mengadakan pesta penyambutan. Konfirmasi diharapkan melalui email: student: chemistry.org.

Dengan hormat,
Ronadl, Presiden organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *