Contoh Teks Explanation dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh teks explanation adalah salah satu jenis esai atau artikel dalam bahasa inggris yang wajib diketahui oleh pelajar pemula bahasa inggris. Karena contoh text exlanation ini akan sering muncul dalam soal-soal ujian yang berada di jenjang sekolah menengah atas, perkuliahan hingga bahkan dalam ujina toefl sekalipun.

Kenapa contoh teks explanation menjadi hal wajib yang patut diketahui? Karena jenis teks ini, bersama dengan jenis teks narasi, teks argumen hingga opini adalah jenis-jenis teks dasar bahasa inggris dalam menuangkan gagasan, alur cerita hingga penyampaian pendapat, jadi jika anda ingin mahir dalam berbahasa inggris secara sempurna, maka memahami jenis jenis teks dasar dalam bahasa inggris adalah hal yang wajib.

Sama halnya dengan jenis jenis teks lain, contoh text explanation dalam bahasa inggris juga mempunyia kaidah-kaidah tertentu dalam membuatnya atau memahaminya. Dengan memahami kaidah-kaidah dasar yang disampaikan, maka kita bisa membuat contoh teks explanation sesuai dengan standar bahasa inggris akademik. Hal ini juga akan memudahkan anda memahami sebuah artikel bahasa inggris termasuk ke dalam bentuk artikel narasi, text explanation, ataupun berjenis argumen.

Beberapa kaidah-kaidah mendasar yang perlu ada dalam contoh text explanation dapat dijelaskan dalam beberapa poin di bawah ini:

  • Pertama, contoh teks explanation harus menggunakan simple present tense, ini karena text explanation adalah menjelaskan tentang fakta, jadi harus ditulis dengan benar penggunaan is, are dan bahkan kedudukannya sejajar dengan penggunaan simple present dalam menjelaskan teori dan hukum sains.
  • Kedua, contoh text explanation menggunakan action verb. Action verb sendiri adalah kata kerja aktif yang menjelaskan penggunaan kata kerja do, make, create dan beberapa kata kerja aktif lain yang bisa menjelaskan proses terjadinya sesuatu.
  • Ketiga, beberapa contoh teks explanation juga menggunakan passive voice untuk menekankan beberapa kalimat penting dalam prosesnya ketimbang dengan subjecknya, ini hal yang bersifat optional tetapi juga penting untuk diperhatikan.
  • Keempat, penggunaan noun phares dan techinal terms bisa juga dilakukan dalam membuat contoh text explanation dalam menjelaskan beberapa kata sulit yang mungkin tidak bisa dipahami oleh orang awam sekalipun.
Baca Juga:  Ungkapkan Isi Hati Dengan Kata Mutiara Cinta Bahasa Inggris

Selanjutnya dalam membuat contoh text explanation beserta dengan artinya perlu memperhatikan beberapa struktur dalam pembuatan artikel bahasa inggris bersifat penjelasan ini, berikut beberapa strukturnya yang perlu anda pahami dengan baik:

  • Pertama, membuat contoh teks explanation diawali dengan general statement (pernyataan umum) mengenai tema atau topik yang akan ditulis, biasanya dalam bahasa indonesia dikenal sebagai paragraf pembuka atau paragraf pengantar.
  • Kedua, contoh text explanation di dalam paragraf tengah adalah berisi explanation itu sendiri. Ini bisa mengikuti kaidah-kaidah yang telah diterangkan di atas sebelumnya.
  • Ketiga, closing (penutup) ini bersifat opsional, anda bisa membuatnya dengan menarik kesimpulan yang anda simpulkan atau anda kembalikan kepada pembaca untuk menarik kesimpulannya sendiri.

Selanjutnya pada bagian akhir artikel ini akan diberikan contoh text explanation beserta dengan artinya:
Contoh teks explanation beserta artinya:

Make a Tea with Sugar (membuat teh dengan gula)

(general statement) we all know that tea is one of the most popular drink in the indonesian and british society. In Indonesia, people are making tea in the morning, and so are british people. They making tea for tea morning talk (breakfats), seminar, conference or also refreshment for take a break during work.

(Pernyataan umum) kita semua tahu bahwa teh adalah salah satu minuman favorit orang indonesia dan inggris. Di indonesia, masyarakat membuat teh di pagi hari, begitu juga orang orang inggris. Mereka membuat teh untuk acara sarapan, seminar, konferensi, atau sebagai pendamping makanan di kala istirahat dari pekerjaan.

(explanation), Make a tea can start with buy some tea and sugar in the market, traditional market or modern market. First of all, water is boiled, than add some tea in the water when the water is boiled until 100 degree celcius. Prepare cup or glass, add some sugar anda then you can take a tea in to the cup or glass. Pour the boiled water to the glass and cup, then you can drink tea with sugar.

Baca Juga:  Tiga Tips Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat

(penjelasan) membuat teh dapat diawali dengan membeli teh dan gula di pasar, pasar tradisional atau pasar modern. Pertama, dapat dimulai dengan menjerang air, memasukkan teh ke dalam air yang mendidih sampai 100 derajat celcius. Siapkan gelas atau cangkir, masukkan gula dan teh ke dalam gelas atau cangkir. Tuang air mendidih ke dalam gelas atau cangkir dan teh siap untuk dinikmati dengan gula.

(closing) Make a tea is easier than make a coffe, so you can strat make a tea eventhough you have not experience before. Don’t worry, just do it in your kitchen.

(penutup) membuat teh jauh lebih mudah ketimbang membuat kopi, meskipun anda tidak punya pengalaman dalam membuat teh sebelumnya, jangan khawatir mulai aja dulu dengan di dapur anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *