Contoh Text Narrative dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh Text Narrative – Text narrative dalam bahasa indonesia sering disebut juga dengan narasi teks atau penjelasan berbentuk teks narasi. Apa itu narasi? Narasi tidak jauh beda dengan sebuah kalimat yang disusun rapi dan menjelaskan sebuah permasalahan secara runtut dan kronologis.

Lalu apa perbedaan text narrative dalam bahasa indonesia dengan contoh text narrative dalam bahasa inggris. Nah, artikel ini akan mengulas sedikit perbedaan keduanya. Jenis teks narasi dalam bahasa indoensia biasanya berbentuk bebas.

Anda bisa saja menulis sebuah cerita, cerpen atau novel dalam bahasa indonesia dengan jenis narasi. Akan tetapi text narrtive dalam bahasa inggris biasanya amat terkait dengan sebuah cerita bernama dongeng, fiksi atau khayalan dan imajinasi.

Contoh text narrative dalam bahasa inggris biasanya tersaji dalam buku-buku pelajaran bahasa inggris untuk usia sekolah dasar dan sekolah menengah, akan tetapi kadang-kadang muncul juga di soal reading ujian toefl atau ielts. Hal ini sengaja dimunculkan agar anda mengenali bentuk bentuk text narrtive dalam bahasa inggris.

Contoh text narrative dalam bahasa inggris biasanya menceritakan makhluk-makhluk mitologi, hal hal di luar kisah nyata serta dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk memberikan pelajaran penting bagi anak anak usia sekolah dasar, pelajaran penting bagi siswa menengah dan juga masyarakat.

Contoh text narrative sendiri tidaklah asal-asalan, tetapi biasanya menggunakan kaidah tata bahasa yang telah diatur dalam grammar bahasa inggris. Sama seperti jenis-jenis teks lain dalam bahasa inggris yang mempunyai susunan struktur bentuk sendiri dalam menyusun tulisan.

Nah, text narrative dalam bahasa inggris biasanya diawali dengan sebuah paragraf bernama orientation, atau semacam perkenalan pengantar kondisi apa yang akan diceritakan, tokoh-tokoh yang akan diperkenalkan beserta macam sifat dan karakternya, setelah beberapa paragraf orientation akan dimunculkan sebuah masalah di paragraf selanjutnya.

Baca Juga:  Sejarah Bahasa Inggris di Dunia Internasional

Nah, paragraf text narrative selanjutnya berbicara soal masalah yang diberi nama complication. Masalah-masalah yang disajikan biasanya amat berhubungan dengan kisah tokoh utama, atau masalah dalam latar belakang yang diceritakan. Kemudian paragraf-paragraf selanjutnya akan membicarakan mengenai resolution atau cara menyelesaikan masalah tersebut.

Pada bagian selanjutnya, text narrative pada bagian rsesolution akan memberikan solusi dalam bentuk penyelesain masalah yang fair bagi kedua belah pihak yang sedang bertikai. Biasanya kemudian disusul dengan re-orientation ulang atau menjelaskan ulang masalah sebelumnya baru kemudian berbicara mengenai solusi yang telah ditemukan.

Selain mengenai masalah struktur yang telah dijelaskan di atas, text narrative dalam bahasa inggris juga memiliki ciri-ciri khusus yang bisa diidentifikasi atau dijadikan bahan untuk belajar. Ciri pertama dan paling utama adalah adanya bentuk past tense, seperti went, did dan segala jenis turunannya.

Kemudian text narrative juga diikuti dengan penggunaan kata kerja bentuk lampau seperti thought, told, said, worked dan slept. Serta adanya bentuk time connective untuk menunjukkan bahwa setiap paragraf dan kalimat saling terhubung satu dengan satu sama lainnya.

Nah, berikut contoh text narrtive secara singkat:

Once upon a time, in the jungle, long long time ago, lived a little rabbit with his family. They were five, a little rabbit, the mother rabbit, the father rabbit anda also two little brother. Everday they played in the jungle ground safety without any problem, after that, until someday, the two little brother rabbit lost.

Everyone confused and looked around, then finally they founded the two little brother rabbit played so far from jungle ground. Before that, the two little brother rabbit has been warned to play inside jungle ground. From this text narrtive we can learn that, a child must be obey to the his/her parents.

Baca Juga:  Jurusan Universitas Durham di Inggris hingga Persiapan Masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *