Kosakata Dasar Bahasa Jerman dalam Percakapan Sehari hari

Posted on

Dasar Bahasa Jerman –  Jika anda berencana melanjutkan studi ke negara jerman, sudah pastinya anda harus mempunyai kemampuan berbahasa jerman dalam level yang advance atau mahir. Akan tetapi jika anda hanya ingin pergi ke jerman dalam rangka dinas, wisata atau pertukaran pelajar anda harus menguasai beberapa kosakata dasar bahasa jerman sehari hari yang kiranya cukup bermanfaat dalam kehidupan anda sehari hari di jerman.

Negara jerman adalah negara yang mirip dengan perancis dalam hal bahasa, di Jerman sangat jamak ditemui universitas universitas menawarkan program internasional berbahasa inggris dengan syarat utamanya mahasiswa mampu berbahasa inggris dan bahasa jerman. Loh kenapa harus berbahasa jerman?

nah, kondisi ini jerman mirip dengan perancis, dimana perancis juga melakukan hal yang demikian. Dua negara ini punya alasan khusus, bahwa masyarakat internasional yang sedang studi di jerman atau perancis mampu berkomunikasi secara lebih dekat dengan masyarakat sekitar.

Komunikasi ini penting karena anda datang ke jerman bukan hanya sejam atau dua jam saja, tetapi berhari hari yang berarti anda akan menikmati dan mempelajari budaya orang orang jerman, termasuk budaya masyarakatnya secara luas. Jika anda bisa berbahasa inggris di tempat tempat akademik, namun akan berbeda saat anda ke supermarket, transportasi kereta bawah tanah, membaca koran atau hal kecil seperti menyapa roommate atau tetangga anda tentunya menggunakan bahasa jerman bukan?

Menguasai kosakata dasar bahasa jerman dalam jumlah yang cukup akan membuat anda mempunyai nilai lebih di mata masyarakat jerman, walaupun kosakata bahasa jerman yang anda kuasai hanya sebatas kosakata kosakata penting dalam bercakap-cakap, tetapi mereka akan sangat senang membantu anda berkomunikasi dalam bahasa jerman sambil diselingi bahasa inggris (kebanyakan masyarakat jerman juga bisa berbahasa inggris karena rata rata mereka berpendidikan).

Baca Juga:  2 Julukan Negara Jerman Yang Paling Mendunia

Menggunakan kosakata dasar bahasa jerman dalam beberapa percakapan bahasa inggris juga masih diperbolehkan dan menunjukkan minat anda untuk dekat dengan budaya dan masyarakat jerman. Apalagi anda sebagai masyarakat berbudaya pastinya memahami ada beberapa kosakata sehari hari dalam bahasa jerman yang bisa anda gunakan untuk lebih dekat dengan masyarakat jerman.
Misalnya saat anda mengucapkan kata sapaan selamat pagi, selamat sore, hingga selamat tinggal dalam sebuah acara atau ketika berangkat bekerja, hal sekecil ini akan terasa menyentuh bagi beberapa masyarakat jerman.

Selain kata kata sapaan, kosakata bahasa jerman yang bisa anda gunakan adalah kata kata sehari hari seperti maaf, permisi hingga ucapan terima kasih ketika anda berada di tempat publik seperti sedang membeli donat, makanan, snack atau sedang dalam antrian tiket transportasi.

Kosakata dasar bahasa jerman yang anda kuasai juga bisa diperluas dengan kosakata kosakata di ruang publik misalnya kosakata mengenai stasiun, kosakata di bandara hingga kosakata ketika berhubungan dengan hal hal akademik.

Berikut beberapa kosakata bahasa jerman yang bisa anda pelajari untuk percakapan sehari-hari:

Kata sapaan waktu:
Selamat pagi: guten morgen
Selamat siang: guten tag/ guten nachmittag
Selamat malam: guten nacht

Kata sapaan sehari hari:
Permisi: entschuldigung
Maaf: entschuldigung
Terima Kasih: danke

Kosakata bahasa jerman di ruang publik:
Parkir: parkplatz
Sepeda: ein fahrrad
Kereta: der zug
Trem: strabenbahn
Tong sampah: mulleimer
Bandara: der flughafen
Pesawat: das flugzeug

Kosakata bahasa jerman di perkuliahan:
Ujian: die prufung
Perpustakaan; die bibliothek
Taman: der park
Diskusi: diskussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *