Pahami Dasar-Dasar Bahasa Inggris secara cepat

Posted on

Dasar-Dasar Bahasa Inggris – Pembelajaran dasar bahasa inggris tidak bisa dilepaskan dari tiga kemampuan (atau bahkan empat kemampuan dasar) yang akan diujikan dalam tes standar bahasa inggris bernama toefl dan juga ielts. Kenapa ielts dan toefl selalu dihubungkan dengan penguasaan dasar bahasa inggris?

Karena anak-anak dalam jenjang usia sekolah dasar hingga menengah pada akhirnya akan berhadapan dengan sistem ujian yang mirip dengan teoefl dan ielts yang diujikan dalma sistem ebtanas ataupun ujian nasional. Selain itu juga tidak bisa dipungkiri bahwa toefl dan ielts menjadi standar internasional untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang.

Walaupun sebenarnya toefl dan ielts hanyalah menguji kemampuan akademik bahasa inggris dalam konteks pendidikan, namun kedua alat test ini masih dijadikan rujukan dalam menilai kemampuan peserta didik dalam berbahasa inggris, dan bahkan masih sering dipakai dalam seleksi di perguruan tinggi negeri dan swasta.

Pada dasarnya, kemampuan dasar bahasa inggris yang diujikan dalam toefl terdapat tiga hal: pertama adalah kemampuan listening (mendengarkan), kedua adalah kemampuan grammar atau structure (tata bahasa) dan bagian ketiga adalah kemampuan reading (membaca).

Sementara pada dasar dasar bahasa inggris yang diujikan dalam ielts, terdapat penambahan, dari listening (mendengarkan) kemudian speaking (berbicara), writing (menulis) dan kemudian membaca (reading), dalam ielts structure atau tata bahasa telah dimasukkan ke dalam writing (kemampuan menulis).

Nah, jika ingin menaikkan kemampuan dasar dasar berbahasa inggris, maka naikkan lima sampai enam kemampuan dasar yang telah diuraikan dalam penjelasan di atas. Jadi bisa disimpulkan bisa dimulai dari: membaca (reading), tata bahasa (grammar atau structure), berbicara (speaking) kemudian menulis (writing). dengan memfokuskan pada kemampuan-kemampuan dasar tersebtu, maka akan lebih mudah dalam belajar bahasa inggris.

Baca Juga:  24 Kata Kata Mutiara Dalam Bahasa Inggris Terbaik

Dasar dasar bahasa inggris pada kemampuan membaca (reading) terletak pada penguasaan vocabulary (kosakata). jika seseorang telah menguasai minimal 1000 hingga 2000 vocab dalam bahasa inggris, maka bisa dipastikan pondasi dasar bahasa inggrisnya untuk kemampuan membaca sudah cukup bagus. Ini artinya anda harus menghafal minimal lima vocab baru tiap hari untuk memperkuat dasar dasar bahasa inggris.

Selanjutnya dasar bahasa inggris yang agak sulit adalah speaking (berbicara), tidak banyak orang yang bisa berbicara dalam bahasa inggris, apalagi jika di sertai perasaan malu. Dasar bahasa inggris untuk tipe ini bisa diperkuat dengan menghafal banyak vocab dan juga tata bahasa (grammar). ketika seseorang sudah menguasai 1000 vocab baru dan minimal 10 grammar dalam bahasa inggris bisa dipastikan bisa berbicara secara standar dalam bahasa inggris.

Kemudian dasar bahasa inggris selanjutnya adalah tata bahasa (grammar), kemampuan ini hanya bisa dilatih dengan banyak belajar, latihan soal dan juga berbicara. Sering seringlah menggunakan buku latihan soal structure dan grammar sehingga kita bisa mengenali jenis jenis grammar dengan baik dan benar.

Sementara pada bagian terakhir juga merupakan dasar bahasa inggris yang agak sulit yaitu writing (menulis). kemampuan ini hanya bisa dilatiha dengan banyak membaca artikel sehingga secara otomatis otak kita akan merekam cara membuat artikel bahasa inggris yang bagus. Selain itu usahakan untuk berlatih menulis artikel bahasa inggris sederhana, misalnya dalam bentuk diary sehari hari juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *