Tiga Ciri-ciri Dongeng Bahasa Inggris

Posted on

Dongeng bahasa inggris merupakan salah satu fitur pembelajaran dalam memahami bahasa inggris secara mudah dan menyenangkan. Disebut demikian karena penggunaan bahasa inggris dalam sebuah dongeng bahasa inggris tidaklah terlalu berat, apalagi jika dibandingkan dengan artikel artikel reading dalam bahasa inggris yang sering menggunakan kata-kata sulit.

Dongeng dalam bahasa inggris disebut fitur paling mudah karena menyasar semua umur, dari anak anak balita, paud hingga tes ujian mahasiswa pun semuanya bisa memahami. Untuk penggunaan anak anak balita dan paud, biasanya dongeng bahasa inggris digunakan untuk memperkenalkan sebuah kosakata baru secara mudah.

Sementara untuk anak anak usia sekolah menengah ke atas, dongeng bahasa inggris biasanya untuk memantik keingintahuan terhadap bahasa inggris, menimbulkan minat untuk memahami sebuah cerita yang dibawakan dalam bahasa inggris, serta mengenal ciri-ciri sebuah dongeng dalam bahasa inggris (yang tentunya berbeda dengan dongeng dalam bahasa indonesia).

Pada penggunaan untuk mahasiswa, dongeng bahasa inggris biasanya digunakan sebagai selipan ketika mengerjakan ujian TOEFL, penggunaan dongeng bahasa inggris ini untuk merileksakan pikiran mahasiswa yang sudah terlalu berat, tetapi juga tidak membuat mahasiswa terlena, jadi fungsi dongeng bahasa inggris pada beberapa ujian toefl hanya sekedar untuk menambah wawasan saja.

Pada pembahasan berikutnya, sepertinya anda perlu memahami ciri-ciri dongeng bahasa inggris yang tentu saja memiliki perbedaan dengan dongeng dalam bahasa indonesia. Akan tetapi selain itu juga memiliki beberapa kemiripan dalam dongeng-dongeng yang ditulis di buku buku teks bahasa indonesia.

Ciri pertama dalam dongeng bahasa inggris adalah menggunakan kalimat lampau, jika dalam bahasa indonesia tidaklah baku menggunakan kata lampau (karena bisa diganti dengan improvisasi lain), maka dalam bahasa inggris dongeng biasanya diawali dengan kata kata dan kalimat lampau, misalnya adalah “once upon a time”, “long time ago”.

Baca Juga:  Bimbingan GRE Kunci Sukses Melanjutkan Pascasarjana di Luar Negeri !

Ciri kedua dongeng bahasa inggris adalah penggunaan tokoh tokoh mitos, fiktif dan memiliki hyperbola yang tidak pernah ditemukan dalam dongeng-dongeng bahasa indonesia, jika di dalam dongeng bahasa indonesia terdapat raksasa, kebo iwo dan tokoh-tokoh binatang dll. Maka dalam dongeng bahasa inggris akan sering ditemui tokoh tokoh seperti kurcaci (dwarf), putri salju (princess) hingga pangeran (prince).

Ciri ketiga dalam dongeng bahasa inggris adalah penggunaan grammar past perfect tense, yang menjelaskan kejadian pada masa lampau, atau past perfect continues tense yan menjelaskan adanya sebuah kejadian fiktif pada masa lampau dan telah berjalan selama bertahun-tahun masa lampau.

Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas dongeng bahasa inggris dalam beberapa kumpulan cerita dan sebuah sinopsi yang diambil dari satu cerita dongeng bahasa inggris yang familiar di dalam bacaan-bacaan anak-anak usia sekolah menengah dan mahasiswa.

Beberapa kumpulan cerita dongeng bahasa inggris yang familiar di telinga anak anak sekolah menengah ke atas adalah cerita mengenai “cinderella” (yang sudah diterjemahkan dalam bahasa indonesia), atau “putri salju dan tujuh kurcaci”, sementara pada beberapa film yang mengadaptasi dongeng seperti “frozen” atau “rapunzel” kemudian mengalami transformasi perubahan yang dibuat lebih modern dibandingkan versi dongeng bahasa inggrisnya.

Nah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah adanya kesamaan beberapa cerita dalam dongeng bahasa inggris, kesamaan itu biasanya adanya sebuah masalah, kemudian datang penyelamat (pangeran, atau hero) yang akan menjadi pujaan hati subyek yang mempunyai masalah. Misalnya kita akan mengangkat sinopsi dari cinderella.

Cinderella, dalam beberapa sinopsis dongeng bahasa inggris, digambarkan sebagai seorang putri yang kehilangan sepatu kacanya yang sebelah, kemudian sepatu yang hilang tersebut ditemukan oleh seorang pangeran yang kemudian datang untuk meminangnya. Pada versi yang lain, sepatu kaca yang hilang tersebut ditemukan oleh pemuda miskin yang kemudian naik pangkat menjadi pangeran dan menjadi pujaan hati cinderella.

Baca Juga:  Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *