Fakta Jerman Dalam Bidang Pendidikan

Posted on

Fakta Jerman– Jerman saat ini menjadi negara yang paling di gemari anak dari Indonesia, baik itu untuk studi S1 atau S2, S3. Ada beberapa alasan atau fakta jerman dalam bidang pendidikan yang membuat negara ini difavoritkan dalam bidang pendidikan, walau memang dalam hal negara tujuan untuk bekerja juga tak kalah di gemari.

Berikut ini kita akan membahas fakta jerman dalam bidang pendidikan, sehingga menjadi negara yang paling di impikan sebagai negara menimba ilmu atau kuliah. Dan untuk tahapan pendidikan dari yang paling bawah, bisa disimak berikut ini

1. Sekolah Dasar 4 Tahun

Ternyata beda dengan Indonesia, sekolah dasar di Indonesia itu membutuhka waktu 6 tahun sedang di Jerman ternyata hanya 4 tahun, dan belajarnya juga cukup santai karena pendidikan disana lebih menekan supaya anak berkarakter baik bukan hanya sebatas pintar saja. Jika di Indonesia disebut SD kalau di Jerman itu disebut Grundschule, dan memang anak disana lebih banyak bermain namun permainan yang education.

2. SMP 5-6 Tahun

Nah ini adalah fakta Jerman paling unik dalam bidang pendidikan, jika tadi SD hanya memakan waktu 4 tahun, ternyata SMP nya malah memakan waktu lebih lama lagi yaitu 5-6 tahun. Ada yang tamat 5 tahun dan ada yang 6 tahun.

Kenapa berbeda lama belajarnya? Karena memang anak akan digolongkan kelasnya sesuai dengan kemampuannya.

Ada kelas Gymnasium, ini adalah sekolah untuk anak-anak yang nilai academicnya tinggi. Jadi ini sekolah unggulan yang sudah mulai masuk pelajaran yang serius dan sangat academic. Jika anak yang hanya kemampuannya biasa aja, atau anaknya nakal tidak akan diterima di Gymnasium dan biasanya mereka akan sekolah di sekolah Realschule atau Haupshule. Dan disini mereka belajar academic tetapi tidak sebaik belajar academic di Gymnasium. Jika Gymnasium hanya memakan waktu 5 tahun maka Realschule atau Haupshule memakan waktu lebih yaitu 6 tahun.

Baca Juga:  Kursus Bahasa Jerman di Serpong Berpengalaman

3. SMA 3 Tahun

Sama seperti di Indonesia, di Jerman juga SMA 3 tahun namun di Jerman disebut sekolah Oberstufe, namun bedanya lagi disana ada kelas levelnya juga, untuk setara kelas 10 itu disebut E-phase, pase pertama dalam masa senior hight school gitu. Dan kemudian masuk Q1 setara kelas 11 dan Q2 setara kelas 12 di Indonesia.

Lalu dalam Q1 dan Q2 ini adalah masa paling serius belajar, karena nilai dikelas ini akan berpengaruh saat murid akan meng-applay di universitas. Jadi kalau nilainya rendah, tidak akan diterima di universitas yang favorit.

Itulah fakta Jerman dalam tahapan pendidikan dari SD – SMA, ada persamaan dan juga perbedaan dengan pendidikan si Indonesia, namun di sekolah di Jerman itu tidak ada yang namanya eskul, tetapi anak-anak disana cukup profesional dalam potensinya, kenapa?

Karena mereka serius berlatih diluar sekolah, dan untuk latihan diluar sekolah seberarnya cukup banyak juga jadi selalu ada kesempatan untuk belajar, semoga fakta Jerman dalam bidang pendidkan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *