5 Fakta Unik Bahasa Inggris Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Posted on

Fakta unik bahasa Inggris – Tahukah Anda bahwa ternyata saat ini ada banyak fakta unik bahasa Inggris yang mungkin sudah Anda temukan akan tetapi tak ada salahnya Anda mengulas lebih dalam mengenai berbagai macam fakta dan mungkin saja dapat menambah wawasan Anda saat ini.

Tentunya pelajaran bahasa Inggris sudah lama kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam proses belajar di sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi dan sering kita gunakan dalam dunia kerja.

Baca Juga:  Mudahnya Belajar Tenses Bahasa Inggris Dengan 7 Tips Ini

Bahasa Inggris atau sering disebut English ialah bahasa jermanik yang pertama kalinya diucapkan pada abad pertengahan di wilayahan Inggris dan berikut di bawah ini adalah berbagai macam fakta unik bahasa Inggris yang jarang diketahui oleh banyak orang.

5 Fakta Unik Bahasa Inggris Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Ternyata keunikan tidak hanya saja ada berada di tempat maupun di makanan saja, akan tetapi keunikan tersebut juga bisa terjadi dalam bahasa dan berikut di bawah ini adalah 5 fakta unik bahasa Inggris yang jarang diketahui banyak orang, diantaranya:

1. Bahasa Inggris Adalah Bahasa Pertama Didunia yang Diucapkan Berbagai Masyarakat Di Dunia

Fakta unik bahasa Inggris yang pertama bahasa Inggris merupakan bahasa pertama yang diucapkan oleh berbagai masyarakat di dunia seperti negara yaitu United Kingdom, United State, Australia, Singapura, Irlandia dan menjadi bahasa resmi di seluruh 60 negara berdaulat.

Bahasa Inggris juga merupakan bahasa kedua yang digunakan di Uni Eropa, PBB, lembaga internasional lainnya dan Negara persemakmuran dan bahasa Inggris adalah bahasa umum yang digunakan di seluruh belahan dunia selain bahasa mandarin dan spanyol.

Baca Juga:  9 Rahasia Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Bahkan menurut Sundayana, dkk. (2003) bahasa Inggris adalah bahasa asing sebagai bahasa global yang dipakai di seluruh dunia.

Maka dapat disimpulkan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap bangsa khususnya bangsa Indonesia, karena bahasa Inggris adalah bahasa pertama yang digunakan untuk berkomunikasi, memberikan informasi diantara bangsa seluruh dunia.

2. Pertama Lali bahasa Inggris muncul di Kerajaan Angio-Saxon

Fakta unik bahasa Inggris yang selanjutnya adalah pertama kali bahasa Inggris muncul di Kerajaan Angio-Saxon Inggris dan pengaruh di Britania abad ke 17 dan 20 lewat Imperium Britania membuat tersebarlah bahasa Inggris diseluruh dunia.

Selain itu penyebaran budaya dan teknologi dari Amerika Serikat menjadi penyebab semakin meluasnya penggunaan bahasa Inggris dan hal ini menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa utama di belahan dunia.

Dalam historisnya, bahasa Inggris berasal dari perpaduan beragam dialek. Pada abad kelima bahasa Inggris dibawa ke pantai timur britania oleh bangsa jermanik (Angio –Saxon).

Pada abad kesebelas bahasa Inggris dipengaruhi oleh bahasa Perancis norman dalam pengambil ahli Normandia oleh Inggris dan saat itu kosakata dan ejaan dipengaruhi oleh bahasa latin romawi dan kemudian dikenal sebagai bahasa Inggris pertengahan.

Setelah itu Abad ke 15 terjadi perubahaan bahasa Inggris pertengahan menjadi bahasa inggris modern hal ini terjadi karena pergeseran vokal.

Pengaruh dari Angio Saxons dan Perancis Norman dalam bahasa Inggris juga dipengaruhi oleh bahasa latin yang merupakan bahasa utama yang digunakan oleh kaum intelektual di Eropa. Hal ini menjadi mendasari pembentukan kosakata dalam bahasa Inggris modern.

Bahasa Inggris modern mempunyai banyak kosakata dengan ejaan yang berbeda beda dan rumit, karena telah mengalami berbagai macam perpaduan kata dari bermacam-macam bahasa dalam sejarahnya. Dan saat ini bahasa Inggris modern tidak hanya campuran dari bahasa eropa tetapi dari berbagai negara di dunia.

3. Penggunaan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa yang diakui secara resmi sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi, menyebarkan informasi, menyampaikan pendapat, tujuan dan gagasan, kerjasama antar negara, kerjasama internasional dan nasional.

Dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bahasa Inggris sebagai bahasa pertama di Amerika serikat, Australia, Britania, Jamaika, Barmuda, Saint Kitts dan Selandia Baru.

Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua pertama yang dipelajari dan penyebarannya karena pengaruh imperialisme Inggris, teknologi amerika, dan politik. Tercatat lebih dari 250.000 kata berbeda dalam Oxford English Dictionary

4. Bahasa Inggris Memiliki Lebih Dari 250.000 Kosakata

Fakta unik bahasa Inggris yang selanjutnya adalah bahasa Inggris memiliki lebih dari 250.000 kosakata, perlu Anda ketahui bahwa kosakata merupakan suatu kata untuk menyusun serangkaian kalimat, dan paragraf.

Pentingnya mempelajari kosakata atau vocablulary bahasa Inggris untuk berbicara, menulis, dan mendengarkan. Maka perlu banyak kosakata bahasa Inggris yang harus dipelajari.

Baca Juga:  Mengintip, 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Bahasa Inggris memiliki lebih dari 250.000 kosakata dan kita dapat melihatnya dalam Kamus Oxford dan perkembangan kosakata bahasa inggris terjadi seiring dengan sejarah penggunaan bahasa inggris.

Dan sekitar lebih dari 1500 tahun kosakata bahasa inggris mengalami perkembangan. Penyerapan dari setiap bahasa yaitu bahasa latin, yunani dan bahasa-bahasa lainnya secara berkelanjutan membuat kosakata bahasa Inggris mengalami peningkatan.

5. Tata Bahasa Inggris Berdasakan Penerapan Dari Amerika Dan Britania Raya

Tahukah Anda bahwa ternyata bahasa Inggris memiliki banyak variasi stuktur tergantung dari kondisi penggunaannya. Secara umum tata bahasa Inggris berdasakan penerapan dari Amerika dan Britania Raya. Hal yang perlu diperhatikan dalam stuktur bahasa inggris yaitu sistem kala (waktu).

Bahasa Inggris memiliki variasi struktur berdasarkan waktu atau timing penjelasan dari kalimat yang digunakan. Sistem kala atau waktu berasal dari penerapan berbagai bahasa yaitu perancis, scandinavia dan bahasa lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya yang sering digunakan dalam sistem kala atau waktu adalah sebagai berikut:

• Past Tense (Waktu Lampau)

Past Tense menerangkan kondisi masa lampau misalnya menceritakan sejarah, pengalaman, dan berita. Past Tense dalam pola kalimatnya menggunakan kata kerja kedua dan bisanya ditandai keterangan waktu seperti kemarin, pagi tadi, tahun lalu, bulan lalu dan dahulu kala.

• Present Tense (Waktu Sekarang)

Present Tense menerangkan kondisi yang saat ini terjadi dan biasanya menjadi rutinitas. Present Tense dalam pola kalimatnya menggunakan kata kerja pertama dan untuk orang ketiga kata kerjanya ditambah dengan s atau es.

Keterangan waktu yang digunakan pada kalimat present tense yaitu setiap hari, dua kali sehari, biasanya, selalu, jarang dan kadang-kadang.

• Future Tense (Waktu yang Akan Datang)

Future tense menggambarkan kejadian yang belum terjadi atau akan datang atau direncanakan. Pola kalimat pressent future menggunakan kata kerja pertama ditambah kata bantu yaitu will, dan shall. Keterangan waktu yang dipakai dalam kalimat future tense yaitu besok, segera, minggu depan, lusa dan tahun depan.

Demikianlah penjelasan artikel mengenai fakta unik bahasa Inggris, maka dengan mengetahui hal tersebut, maka kita dapat menyadari mengapa bahasa Inggris itu sangat penting dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah jangan lupa datang lagi ke KursusBahasaInggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *