Alasan Freelance adalah Pekerjaan Para Milenial

Posted on

Freelance adalah – Generasi digital dan milenial sekarang ini tentunya akrab dengan kata kata freelance, yang berfokus pada kata “free” = bebas. Tetapi freelance adalah bentuk lain dari pekerja lepas atau tidak terikat dengan jam kantor. Merupakan kata kata penghalusan dari pekerjaan yang bersifat part time. Freelance sendiri juga bisa disebut pekerjaan tetap, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Pekerjaan freelance lahir ketika era digital dan millenial memaksa dunia industri menghadapi era internet dan komputer yang semakin kompetitif. Industri tidak bisa lagi memfokuskan diri pada pekerja-pekerja full time di kantor mereka untuk mengejar target bisnis. Mereka membutuhkan pekerja pekerja lepas yang menyokong daya bisnis mereka tetapi tidak terikat sepenuhnya. Jadi freelance sendiri adalah pekerjaan yang tetap terhubung dengan industri tetapi tidak terikat sepenuhnya dengan jam kerja kantor seperti full time.

Pekerjaan freelance ini semakin marak tatkala industri membutuhkan jasa skill cepat, dengan harga terjangkau dan bisa dikerjakan oleh langsung banyak orang. Jika pekerjaan ini diberikan kepada pekerja full time di kantor mereka, maka bisa membebani pekerjaan utama, jadilah dibuka semacam rekrutmen untuk pekerjaan freelance.

Jadilah kemudian menjamur berbagai macam pekerjaan freelance yang bisa diakses oleh siapapun. Lalu apa itu freelance yang bisa lamar untuk bekerja? Sampai saat ini pekerjaan freelance sangat berjibun, terutama di internet. Misalnya sebuah biro arsitek membutuhkan jasa freelance asisten arsitek denagn kualifikasi masih mahasiswa. Jam kerja freelance pun tidak seberat pekerja full time, hanya mendukung pekerjaan kantor, jam kerja yang ringan dan biasanya memperoleh gaji yang sepadan.

Pekerjaan freelance yang lain misalnya adalah penulis, bisa menjadi penulis sebuah blog yang dibayar per tulisan, penulis sebuah website berita dibayar ketika tulisannya tampil, atau freelance jurnalis yang dibayar ketika liputannya nak tayang. Memang sih, pekerjaan freelance masih berstigma negatif ketika banyak yang bertanya status pekerjaan kita. Image ini karena freelance seringkali hanya dibayar ketika hasil karya kita dimuat, dibeli atau dibutuhkan.

Baca Juga:  Aplikasi Foto Terbaik Paling Direkomendasikan

Tetapi dunia apa itu freelance tidak sesempit itu. Pekerjaan freelance juga bisa diartikan pekerjaan kontrak atau part time yang dikontrak dalam jangka waktu tertentu. Misalnya biro arsitek, jasa gambar, jasa desain grafis, jasa penulis artikel hingga jasa jasa lain biasanya disewa dengan kontrak tertentu dan dengan nilai tertentu. Ini hasilnya malah lebih besar ketimbang menjadi pekerja full time.

Lalu apakah pekerjaan freelance membutuhkan kualifikasi tertentu? Itu tergantung posisi jabatan yang anda lamar dan apakah ada syarat khusus. Biasanya untuk jasa arsitek membutuhkan kualifikasi, sementara semacam jasa gambar, menulis, mendukung sebuah start up ataupun pekerjaan kantor kualifikasi bisa diatur selama softskill anda dibutuhkan. Hingga sampai saat ini, banyak sekali freelancer (sebutan untuk mereka yang memilih bekerja freelance) bahkan mengerjakan freelance tidak sesuai dengan ijazah sma atau kuliah mereka.

Apa kira-kira jenis pekerjaan freelance yang disediakan industri-industri sampai saat ini? Kira-kira untuk menjawa pertanyaan ini dapat dibagi ke dalam tiga industri. Pertama adalah industri-industri yang berbasis start up atau digital, biasanya mereka membuka freelance untuk mengisi konten, desain, atau security website supervisor hingga melakukan pekerjaan-pekerjaan teknis. Biasanya pekerjaan ini membutuhkan kuaifikasi tertentu.

Kedua, industri-industri non-digital seperti pabrik, manufacture biasanya membutuhkan jasa freelance seperti sales, marketing hingga iklan. Kelihatannya dekat dengan istilah pekerja buruh atau kontrak, tetapi sebenarnya berbeda. Freelance hanya bekerja ketika kita mau bekerja saja, jadi tidak terikat dengan kontrak yang melebihi tiga tahun misalnya. Inilah yang membedakan freelance adalah pekerjaan bebas dengan pekerja full time yang bekerja di kantor.

Freelance sendiri berarti istilah bahwa kita bekeja sesuai dengan keinginan, passion dan juga kesesuaian dengan softskill yang akan kita tawarkan kepada dunia industri. Freelance sendiri juga sangat terhormat di dalam dunia industri karena menjadi daya dukung perkembangan industri, dan berkontribusi dalam memangkas pengeluaran perusahaan yang awalnya mungkin cukup besar.

Baca Juga:  Contoh Algoritma Instagram dan Contoh Flowchart Cara Kerjanya

Pada sektor ketiga, jasa freelance juga banyak dibutuhkan di industri pendidikan dan pelayanan masyarakat (sosial). industri pendidikan seperti bimbel (freelance pengajar atau tutor), industri bimbel online (konsultan freelance), kemudian industri website pendidikan dan konsultan (biasanya penulis artikel) hingga industri pelayanan masyarakat yang membuka freelance volunteer. Memang dinamaka volunteer tetapi seringkali dalam industri pelayanan masyarakat seperti badan penanggulangan bencana, lembaga zakat dan pelayanan agama juga mendapat insentif honor.

Jadi, tertarik untuk mencoba apa itu freelance? Atau menjadi freelancer? Pertama-tama, siapkan berkas cv dan resume profil pendidikan atau pengalaman anda. Kemudian bisa mencari lowongan pekerjaan yang bersifat part time atau freelance di media massa atau internet yang sangat banyak sekali.

Atau jika anda mempunyai kemampuan menulis, desain dan blogger, bisa mendaftar di beberapa website khusus pekerja freelance di bawah ini:

Pertama, www.sribulancer.com adalah pekerjaan khusus freelance yang menawarkan rekrutmen pekerja freelance menulis artikel, desain buku, cover, desain blog, mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan keahlian softskill yang tidak membutuhkan ijazah. Disana anda dibayar sesuai dengan proyek yang dibuka oleh pemberi kerja. Tawaran pekerjaannya pun bersifat transparan, bisa dicek dan melalui pihak ketiga yang menjadi jaminan tidak adanya penipuan.

Kedua, pekerjaan freelance juga bisa anda daftarkan di www.freelancer.com di beberapa versi bahasa indoensia atau inggris. Di sini lebih bervariasi tetapi prinsip-prinsipnya sama saja dengan yang di atas. selanjutnya, selain itu, anda juga bisa menjajal pekerjaan freelance penulis di website seperti ww.hipwee.com, www.idnnews.com atau www.babe.com yang merupakan website berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *