Pengertian Generic Structure Descriptive Text in English40

Posted on

Generic Structure Descriptive Text – Pengertian Generic Structure

Generic structure descriptive text in english40 adalah salah satu jenis teks dalam materi bahasa inggris yang wajib kalian ketahui, selain materi generic structure descriptive nantinya kalian juga akan mengenal jenis jenis teks lain seperti essai, narrative, argumentative dan juga eksplanasi. Jenis jenis teks ini memiliki generic structure yang berbeda, alur penyampaian yang berbeda, dan juga penggunaan tenses yang berbeda juga.

Generic structure descriptive80 adalah jenis teks yang menjelaskan sifat-sifat pada sebuah objek yang akan diterangkan, entah itu objeknya adalah manusia atau benda hidup lainnya, atau bahkan menjelaskan sebuah benda mati kepada para pembaca. Nah, karena bersifat descriptive, maka generic structure yang disampaikan harus setidaknya memuat fakta fakta yang informatif agar bissa dipahami secara utuh oleh para pembaca.

Baca juga ” Ini Bedanya AM dan PM dalam Pergaulan Internasioal “

Karena itu, generic structure descriptive text 800 mempunyai ciri ciri atau aturan tenses yang digunakan, seperti yang dijelaskan di atas karena bersifat deskriptif, maka teks ini harus memuat fakta, informasi yang sebanyak-banyaknya serta mampu dipahami dengan cepat oleh pembaca, perhatikan ciri ciri dan aturan tenses penggunannya:

Ciri ciri descriptive text

1.Descriptive text800 harus mengunakan tenses simple present tense. Tenses ini digunakan untuk menjelaskan sebuah fakta-fakta yang sebenarnya ada dan terjadi. Seperti pada kaidah umumnya, simple present tenses hanya digunakan untuk menjelaskan daily routines dan fakta fakta sehari hari yang bisa berupa hukum ilmiah, sains dan teori sosial.

2.Descriptve text800 banyak menggunakankalimat informatif yang berisifat kata sifat (adjective) agar para pembaca bisa memahami informasi dengan detail. Beberapa kata sifat yang sering digunakan adalah small (kecil), hard (keras), long (panjang), elips (lonjong), hot (panas), warm (hangat), cold (dingin) dll.

Baca Juga:  Program MBA dan Program Master, Mana yang Lebih Baik?

Generic Structure Descriptive Text

3.Menggunakan kalimat atau kata relating verb yang menjadi penghubung kata kerja dalam menjelaskan subyeknya yang biasanya berupa kata benda. Jadi misalnya penggunaan relating verb seperti: have, is , seem, appear dll.

Struktur Generic Structure

Selanjutnya akan memasuki penjelasan terhadapa susunan generic structure descriptive80 yang biasanya digunakan dalam teks-teks berbahasa inggris. Berikut susunan struktur artikelnya:

1.Susunan generic structure descriptive text 800 paling awal adalah “identification” (identifikasi). pada paragraf awal deskripsi teks harus menjelaskan posisi objek apa yang akan diulas secara jelas dan mendetail.

2.Susunan generic structure descriptive text 800 selanjutnya adalah “description”. pada deskripsi ini dapat dimulai dari paragraf kedua kemudian seterusnya pada beberapa paragraf selanjutnya. Panjang dan pendek paragraf disesuaikan dengan keinginan anda.

Contoh Generic Structure versi pendek dan panjang

1.Pada bagian pertama ini contoh generic structure descriptive80 dapat ditampilkan ke dalam bentuk versi pendek seperti ini:

(identification) I have a cat
(description) it is beautiful, it has long tail, brown furry, and likes fish (penggunaan it bisa diganti dengan she atau he jika anda yakin jenis kelamin kucing anda.

Terjemahan:
(identifikasi) saya mempunyai kucing
(deskripsi) dia sangat cantik, mempunyai ekor panjang, bulu berwarna coklat dan menyukai makanan ikan.

2.Pada bagian kedua ini contoh generic structure descriptive text 80 dalam versi panjang yang biasanya anda temui dalam soal soal buku pelajaran bahasa inggris dasar atau materi ujian toefl dan ujian nasional:

(identification) Jakarta is a capital city of indonesia, located among banten province, west java province and sea java. It has more than 3 milion people lives in jakarta.

(description) Nowadays, jakarta has a lots of problem such as flood, garbage, and also overpopulation. Many people live in the bank of river, under the tunnel road, many of them have a problem malnutrition, unemployment and also uneducated society.

Baca Juga:  Bimbingan GRE Kunci Sukses Melanjutkan Pascasarjana di Luar Negeri !

Terjemahan
(identifikasi) jakarta adalah ibukota negara indonesia, terletak di antara provinsi banten, provinsi jawa barat dan laut jawa. Jakarta dihuni oleh lebih tiga juta orang yang hidup di dalamnya.

(deskripsi) saat ini jakarta emmiliki banyak masalah seperti banjir, sampah, dan juga meledaknya jumlah penduduk. Banyak orang hidup di pinggir kali, bawah terowongan jalan dan kebanyakan dari mereka kurang gizi, tidak bekerja dan tidak berpendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *