GMAT Adalah Graduate Management Admission, Ini 3 Tes GMAT

Posted on

GMAT Adalah – Mungkin masih belum banyak orang yang belum mengetahui bahwa GMAT adalah kepanjangan dari Graduate Management Admission, karena mungkin saja kebanyakan orang masih awam dengan istilah Tes GMAT adalah dan mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah TOEFL.

GMAT adalah tes berstandar internasional seperti TOEFL. Lalu kenapa orang – orang familiar dengan TOEFL tapi tidak dengan GMAT? Dan ternyata hal ini dikarenakan GMAT berfungsi atau hanya di tujukan untuk mahasiswa atau mahasiswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan jenjang S2.

Baca Juga:  4 Contoh Soal IELTS Dan Cara Menjawab Tanpa Rasa Grogi

Tapi tidak semua S2, Tes GMAT adalah ini biasanya dikhususkan bagi calon mahasiswa atau mahasiswi yang akan mengejar gelar MBA (Master Of Business Administration) dan kebanyakan sekolah MBA menggunakan penilaian atau Tes GMAT sebagai kriteria masuk ke perguruan tinggi.

Mengutip dari situs Wikipedia.org GMAT adalah Graduate Management Admission Test, lebih dikenal dengan singkatannya GMAT adalah sebuah tes standar yang berfungsi atau bertujuan untuk menentukan bakat calon mahasiswa atau mahasiswi khususnya dalam ilmu manajemen bisnis.

Apakah Semua Mahasiswa Atau Mahasiswi yang Ingin Meraih Gelar MBA Harus Melakukan Tes GMAT?

Apakah, berarti semua mahasiswa atau mahasiswi yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 dan mengejar gelar MBA harus melakukan tes GMAT dulu? Tidak juga, karena semuanya kembali kepada kebijakan masing – masing universitas di setiap negara.

Seperti negara Amerika serikat, universitas di negara tersebut mewajibkan adanya tes GMAT untuk meraih gelar MBA. Tetapi setiap universitas memiliki standar yang berbeda-beda dalam pelaksanaanya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada juga negara yang tidak mensyaratkan GMAT untuk meraih gelar MBA seperti negara Australia.

3 Bentuk Tes GMAT yang Biasanya Dilaksanakan

Tahukah Anda bahwa Tes GMAT biasanya dilaksanakan dengan sistem CAT (Computer Adative Test) sehingga semua tes nya menggunakan komputer dan soal GMAT dibagi menjadi tiga yaitu:

1. Analytical Writing Assessment (AWA)

2. Math

3. Verbal

Dan berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya, diantaranya:

1. Tes GMAT Analytical Writing Assessment (AWA)

Pada bagian tes ini Anda akan diberikan dua buah soal essai yaitu Analysis of an Issue dan Analysis of an Argument dan di setiap essai akan diberikan satu pertanyaan.

Jadi total pertanyaan pada bagian ini ada dua, yang mana dari tiap pertanyaan Anda akan diberikan waktu 30 menit untuk menjawab dan jawaban yang Anda berikan bisa langsung Anda ketik pada komputer.

2. Tes GMAT Math (Matematika Dasar)

Pada bagian tes ini Anda akan diberikan Tes GMAT yang berupa soal matematika dasar. Tapi Anda juga harus berhati – hati karena banyak pertanyaannya yang menjebak.

Di sesi ini terdapat dua tipe pertanyaan: problem solving dan data sufficiency. Problem solving adalah pertanyaan matematika biasa dan Anda diberikan soal dan harus mengerjakannya untuk mendapat jawaban yang tepat.

Baca Juga:  Mengintip, 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Berbeda dengan problem solving, data sufficiency tidak mengharuskan Anda untuk mencari jawaban akhir. Tes GMAT biasanya hanya menanyakan apakah data yang diberikan cukup atau tidak untuk menjawab pertanyaan.

Ingat, Anda hanya memastikan apakah data yang diberikan cukup atau tidak. Anda tidak harus mengerjakan sampai mendapat jawaban, karena hal ini percuma dan mungkin saja akan menghabiskan waktu.

Dan biasanya sesi Math ini berlangsung kurang lebih selama 75 menit dengan pertanyaan sebanyak 37 item dengan pilihan ganda.

3. Tes GMAT Verbal (Pilihan Ganda)

Pada bagian tes ini Anda akan diberikan Tes GMAT yang berupa soal yang diberikan berupa pilihan ganda. Namun soalnya lebih banyak dan mungkin ada 41 pertanyaan yang diberikan dan Anda kurang lebih akan diberikan waktu 75 menit untuk menjawab soal – soal tersebut.

Sesi verbal ini memiliki tiga tipe soal: Sentence Correction, Critical Reasoning, dan Reading Comprehension. Jika Anda pernah mengikuti tes TOEFL, soal-soal untuk Sentence Correction dan Reading Comprehension kurang lebih setipe.

Baca Juga:  4 Bentuk Tes GMAT dan Tips Mudah Untuk Menghadapinya

Dan biasanya Sentence Correction menguji kemampuan grammar, dan Reading Comprehension menguji kemampuan mencari informasi dalam bacaan. Sedangkan Critical Reasoning menguji kemampuan untuk memahami dan menganalisa argumen.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mengetahui Hasil GMAT?

Hasil dari GMAT dibagi dua yaitu nilai AWA dan nilai Math verbal. Nilai Awa diberi dengan nilai terendah 0 dan nilai tertinggi 6.

Sedangkan untuk Math-Verbal nilai berada pada 200 sebagai nilai terendah dan 800 sebagai nilai tertinggi. Tingkat kesulitan di GMAT dilakukan secara progresif.

Jika Anda menjawab soal dengan benar, maka soal selanjutnya pasti akan lebih susah. Jadi bahagialah Anda jika Anda tidak dapat menjawab soal, karena berarti nilai Anda tinggi pada waktu itu.

4 Tips Sederhana Untuk Mengerjakan Tes GMAT

Ada beberapa tips sederhanan yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan GMAT, diantaranya adalah:

1. Habiskan waktu lebih banyak untuk 10 soal pertama, usahakan untuk menjawab 10 soal berturut-turut dengan benar dan dengan demikian nilai Anda kan meningkat terlebih dahulu.

2. Setelah itu, mulai tingkatkan kecepatan Anda dan perhatikan waktu yang Anda miliki.

3. Jangan berkutat pada satu soal terlalu lama, karena nantinya jika Anda tidak dapat menjawab, coba tebak saja. Jangan biarkan kosong karena Anda tidak dapat kembali pada soal sebelumnya.

4. Ada baiknya Anda menjawab semua soal dan jika Anda hanya memiliki sedikit waktu sisa dan masih banyak pertanyaan yang belum dijawab, maka lebih baik ditebak saja secara logika.

Tapi tenang saja, saat Anda memutuskan untuk melanjutkan S2 di luar negri untuk meraih gelar MBA, Anda tidak perlu takut untuk melakukan ujian GMAT, karena sebelum Anda melakukan ujian tersebut, Anda bisa melakukan banyak latihan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Inilah Tempat Kursus Persiapan GMAT Jakarta

Karena saat ini ada banyak tempat kursus bahasa Inggris yang menawarkan program GMAT dan Kami akan merekomendasikan Anda di Westwoodprep yang merupakan salah satu Premium Provider test Preparation dan tentunya Anda bisa mengikuti program itu untuk memudahkan saat melaksanakan tes tersebut.

Dan jika Anda berminat untuk melakukan persiapan program GMAT maka bisa menghubungi tim konsultan Kami di Westwoodprep di nomer 081388867006 dan 02122455311


>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *