Kenali Google Ads Express Sebagai Sarana Berbisnis

Posted on

Google Ads Express – Dimanakah letak masa depan bisnis yang menjanjikan ruang bagi ekspansi bisnis anda? Tidak lain dan tidak bukan adalah internet. Bisnis konvensional dengan promosi konvensional adalah masa lalu, sementara masa depan adalah bisnis konvensional yang ditunjang dengan promosi online dan juga membuka lapak online.

Bagaimana cara memahami skema di atas dengan lebih sederhana? Jadi begini, jika dahulu anda membuka kafe kopi di sebuah ruko, lalu memasang iklan di surat kabar, memasang iklan dalam bentuk banner dan juga selebaran yang ditempel dan dibagikan di sekolah dan di kampus.

Maka sekarang bisnis anda harus jauh berkembang dengan adanya internet untuk ruang ekspansi. Jika anda membuka kafe kopi di sebuah ruko, maka promosinya harus melalui sosial media, internet dan bahkan iklan-iklan yang bertebaran di internet. Lalu apa bedanya? Bedanya terletak pada kecepatan promosi anda mencapai sasaran.

Jika anda promosi menggunakan iklan surat kabar, menggunakan banner dan selebaran yang dibagikan di kerumuman, seperti sekolah dan kampus, maka promosi anda akan berjalan lambat dan membutuhkan banyak tangan bukan? Apalagi ditambah dengan biaya promosi yang mahal, kira-kira budget yang dikeluarkan untuk promosi dengan jenis ini bahkan malah merugi karena tidak bisa mendatangkan keuntungan yang setara dengan pengeluaran.

Nah, sementara jika anda menggunakan media promosi dengan media sosial berupa instagram, facebook hingga iklan baris di jejaring online, iklan anda dalam hitungan detik akan segera berada di tangan klien, pelanggan dan target konsumen setia anda. Itulah kelebihan promosi yang ditawarkan bisnis dengan promosi online menggunakan ruang internet sebagai ruang ekspansi.

Sayangnya, ada satu masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh jejaring sosial untuk menyapa calon konsumen anda lebih detail. Misalnya jika anda beriklan di halaman instagram anda atau facebook anda, pastinya yang membaca hanyalah follower atau teman anda bukan? Kecuali anda membayar untuk menampilkan iklan anda di bilah linimasa facebook, cara ini efektif tetapi tidak semua konsumen tertarget, karena ada juga yang tidak menggunakan facebook dan instagram bukan?

Baca Juga:  Kursus Motion Graphic Serpong Paling Direkomendasikan

Nah, solusinya adalah menggunakan google ads express. Apa itu google ads express? Google ads express adalah versi kecil dari apa yang disebut dengan google adswords, jadi lebih biasa dikenal dengan google adswords express. Nah, anda pastinya yang newbie pasti bingung kan nama-nama ini? Tenang saja, artikel ini secara khusus akan membahasanya.

Jika iklan di sosial media seperti instagram dan facebook hanya akan terindeks atau terbaca bagi mereka yang menggunakan instagram dan facebook saja kan, nah, jika anda ingin bisnis anda terbaca di mesin pencarian google, maka google menawarkan gaya iklan yang dinamakan google adsword, atau dikenal di Indonesia sebagai google ads Indonesia.

Tawaran google ini terdiri atas dua bagian, bagian pertama adalah menawarkan bagi para pemilik blog dan website untuk memberikan ruang iklan dari google, nanti para pemilik blog dan website akan mendapatkan uang, yang biasa kita kenal sebagai google adsense. Nah, sementara bagian kedua, adalah tawaran google bagi pemilik bisnis untuk mengiklankan bisnisnya di semua lini google, baik di website, blog atau seluruh jejaring pemilik blog yang sudah bersedia untuk diberikan iklan oleh google.

Jadi istilahnya, google bisa bertindak sebagai makelar iklan bisnis kita dengan memasang di seluruh website, blog dan bahkan linimasa pencarian google. Dibandingkan iklan di sosial media, iklan di google ini dapat terbaca dengan cepat ketika ada seseorang mencari kafe di jakarta, maka nama kafe anda bisa langsung muncul di urutan pertama. Nah, tipe ini dinamakan google adswords express. Sudah paham ya?

Mari kita mendalami apa kegunaan google ads express sebagai sarana melejitkan bisnis anda. Jika anda masih pemula disarankan untuk membuat akun bisnis instagram, akun bisnis facebook dan website atau blog. Bukan untuk diiklankan disana, tetapi akan menjadi bagian dari iklan di google ads express.

Baca Juga:  Menjajal Kursus Web Master Serpong

Kunci paling penting dalam membangun akun bisnis adalah membuat brand, merk atau kata kunci yang mudah diingat dan berasosiasi dengan lokasi atau daerah tempat bisnis anda, misal “kafe tampaksiring asyik”, maka seluruh akun bisnis anda menggunakan logo, hastag, tag dan bahkan google map ditandai dengan nama tersebut.

Selanjutnya anda mesti mengetahui cara kerja google adsword express, ketika anda mendaftarkan diri untuk beriklan disana, google adsword akan menyediakan kepada anda data pencarian di sebuah kota, sebuah kata kunci tertentu dan bahkan data jumlah pencarian dalam hitungan hari dan pekan.

Misalnya google adsword express mempunyai data bahwa selama seminggu pencarian “kopi tampaksiring” jauh lebih banyak ketimbang “kopi bali” ketika anda cek di sekitaran provinsi Bali, maka selanjutnya anda bisa bekerja untuk mendesain google ads express anda untuk menaikkan tayang website, akun bisnis media sosial anda dengan kata kunci “kopi tampaksiring”.

Hasilnya adalah, ketika anda menggunakan google ads express, dengan sebelumnya mendesain isi konten website, blog dan media sosial anda, maka jumlah pencarian di google yang mencari dengan kata kunci tersebut, akan segera diarahkan oleh google ke website atau akun bisnis anda. Kok bisa? Karena google akan meletakkan iklan anda di urutan paling atas, bahkan sekaligus dengan google maps letak bisnis anda. Sangat gampang bukan?

Nah, itulah gunakan google ads indonesia yang berbentuk express, selanjutnya anda bisa mengalokasikan biaya iklan sesuai dengan jumlah budget dan anggaran anda, anda bisa set untuk menaikkan anggaran iklan di google adswords express ketika musim liburan di Bali tiba, kemudian menurunkan anggaran ketika masa sekolah masuk. Sehingga anda bisa menghemat promosi bukan? Selamat bekerja dan sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *