Pengertian Grammar Bahasa Inggris di Pendidikan tingkat dasar

Posted on

Grammar Bahasa Inggris – Pada saat awal-awal belajar bahasa inggris tingkat dasar, kita akan dihadapkan pada pembelajaran sebuah materi bahasa inggris yang disebut dengan grammar. Apa itu grammar? Pengertian grammar secara singkat adalah tata bahasa, aturan atau penataan dalam bahasa inggris ketika kita menggunakan bahasa inggris dalam pembicaraan dan juga dalam tulisan.

Materi grammar bahasa inggris biasanya akan diberikan manakala anda sudah sampai pada tahap menguasai kosakata-kosakata dasar bahasa inggris tingkat dasar. Biasanya materi grammar ini diberikan bersamaan dengan pengenalan tenses (tata aturan kalimat bahasa inggris). pada tingkatan yang lebih sulit pengertian grammar dapat disebut juga dengan structure bahasa inggris.

Structure atau grammar ini menjadi pondasi utama dalam menguasai materi-materi bahasa inggris. Karena ada tiga tiang utama dalam fasih berbahasa inggris. Pertama yaitu menguasai kosakata bahasa inggris, kedua menguasai grammar bahasa inggris dan ketika mampu menulis dan berbicara dalam bahasa inggris sesuai dengan grammar.

Contoh-contoh tata bahasa inggris atau aturan grammar tingkat dasar dalam materi grammar bahasa inggris adalah mengenal kata dasar yang disebut dengan kata benda, kata sifat, kata kerja dan kata keterangan. Pengenalan kata kata dasar ini bertujuan agar anda bisa membedakan penggunaan sebuah kata dalam membuat kalimat bahasa inggris agar tidak salah.

Karena dalam materi grammar bahasa inggris, nantinya akan ada sebuah kata kerja yang berubah menjadi kata sifat, begitu juga kata benda yang berubah menjadi kata sifat. Perubahan ini tentunya harus dipahami dengan aturan grammar yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa inggris.

Contoh-contoh materi grammar bahasa inggris dalam kata kata dasar tersebut dapat dijelaskan dengan contoh di bawah ini misalnya:

1.Kata benda yang disebut dengan noun, adalah kata dasar yang menerangkan sebuah kata adalah terjemahan kata benda atau kata lain yang posisinya diam atau pasif. Misalnya: batu (rock), kucing (cat), informasi (information), pendidikan (education).

Baca Juga:  Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Interview Kerja dan Artinya

2.Kata sifat yang disebut dengan adjective adalah sebuah kata yang mensifati kata-kata di depannya. Kata sifat bisa saja diambil dari kata benda atau kata kerja yang lain atau bahkan kata keterangan. Misalnya begini: kursi merah (red chair), red sendiri adalah kata sifat, sementara chair sendiri adalah kata benda (noun).

3.Kata kerja yang biasa disebut dengan verb, terbagi atas dua kata kerja yaitu kata kerja beraturan (yang ciri khas utamanya dapat diberikan tambahan -ed di belakangnya), sementara kata kerja tidak beraturan mempunyai rumus tersendiri. Kata kerja ini biasanya bersifat aktif dan dapat digunakan sebagai predikat untuk menyatakan keaktifan sebuah kalimat. Misalnya begini: andi playing footbal. Maka “playing” adalah kata kerja.

4.Kata keterangan waktu, biasanya disebut dengan adverb (adverbia) yang menjelaskan keterangan waktu sebuah kata, kalimat atau menjelaskan sebuah frasa (susunan kata) dengan keterangan yang diambil dari kata benda, kata sifat atau kaa kerja. Misalnya begini: well educated people. Jika ditulis “educated people” maka “educated” adalah kata sifat, sementara “people” adalah kata benda. Sementara jika diuraikan “well educated people”, maka kata “well” adalah kata keterangan dari sebuah frasa “educated people” yang menandakan bahwa sekelompok orang pendidikan yang sangat pintar. Sangat pintar adalah kata keterangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *