Perbedaan Tes Gre Vs Gmat Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

Gre Vs Gmat – Memiliki riwayat pendidikan pada universitas bertaraf Internasional tentunya hal tersebut juga sangat menguntungkan bagi anda. Pertama hal tersebut tentunya akan membuat data-data pada CV atau riwayat hidup anda menjadi lebih menarik dibandingkan dengan yang lainnya.

Kedua kesempatan anda diterima pada sebuah perusahaan ternama berskala nasional atau multinasional akan lebih besar, karena tidak dapat dipungkiri jika saat ini perusahaan-perusahaan besar lebih memilih calon karyawan dengan jenjang pendidikan yang menarik serta pengalaman yang lebih banyak.

Baca Juga:  Jenis Jenis Ujian GRE dan Cara Penilaian Tes GRE

Sehingga saat ini nilai kelulusan sudah tidak menjadi acuan utama dalam proses rekrutmen karyawan baru dan salah satu persyaratan yang harus anda penuhi jika anda hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah memiliki nilai tes Gre atau nilai tes Gmat.

GRE dan GMAT Ternyata Berbeda

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini masih banyak pelajar yang bingung akan perbedaan gre vs gmat ini karena fungsinya dirasa memiliki kemiripan.

Baca Juga:  GMAT Adalah Graduate Management Admission, Ini 3 Tes GMAT

Padahal kedua tes tersebut memiliki perbedaan yang cukup mudah diamati baik dari segi fungsinya, bentuk soal, serta komponen-komponen soal yang dipergunakan. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas secara singkat dan jelas mengenai perbedaan mendasar kedua jenis tes tersebut.

Fungsi Dasar Tes Gre VS Gmat

Gmat sendiri merupakan singkatan dari Graduate Management Admission Test, dimana saat ini tes gmat diberlakukan bagi pelajar pasca sarjana yang hendak melanjutkan pendidikan khusus pada bidang bisnis dan manajemen.

Sehingga nantinya hasil tes gmat memang tidak dapat dipergunakan untuk mengambil jurusan selain bisnis dan manajemen.

Sedangkan Gre sendiri merupakan singkatan dari Graduate Records Examination dimana hasil dari tes ini memiliki sifat yang lebih umum.

Baca Juga:  Lebih Baik Kursus GMAT atau GRE ?

Karena saat ini beberapa universitas bisnis dan manajemen bertaraf Internasional mulai mempergunakan hasil tes gre sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa anda masih bisa mengambil jurusan lainnya diluar bisnis dan manajemen.

Gre Vs Gmat Yang Harus Anda Pahami

Sebenarnya kedua bentuk tes tersebut memiliki perbedaan yang sangat mudah diamati baik dari pilihan kosa kata pada soal, tipe soal, serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan keseluruhan rangkaian tes.
Pada tes Gre maka anda akan mendapati beberapa pembagian komponen soal diantaranya adalah writing, verbal, dan quantitative.

Bagi anda yang memiliki kemampuan kosa kata atau verbal yang baik dalam Bahasa Inggris maka untuk menyelesaikan bagian verbal dan writing tentunya tidak akan sulit. Sebab pilihan kata pada tes ini menggunakan kosa kata yang sangat baku sehingga terdengar asing bagi sebagian besar orang.

Namun pada bagian kuantitatif tes Gre mengaplikasikan soal-soal dasar matematika yang lebih mudah untuk dikerjakan. Sebab anda bisa mempergunakan cara kreatif dan tidak harus sesuai dengan konsep matematika pada umumnya.

Namun waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rangkaian tes Gre memang lebih lama dibandingkan dengan tes Gmat yakni sekitar 3 jam 45 menit. Sehingga anda harus benar-benar mampu menjaga konsentrasi dan stamina anda selama mengerjakan soal tes.

Sementara pada tes Gmat anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam 30 menit untuk bisa menyelesaikan keseluruhan tes.

Namun pada faktanya komponen-komponen soal yang anda kerjakan sedikit lebih banyak dibandingkan dengan tes Gre. Komponen soal tes Gmat terdiri dari writing, reading, quantitative, dan reasoning.

Jika anda tidak memiliki pengetahuan kosa kata yang luas maka sepertinya anda bisa lebih mudah mengerjakan soal tes Gmat. Sebab tes ini lebih mementingkan konsep struktur kata seperti grammar dibandingkan dengan penggunaan kosa kata yang asing.

Karena tes Gmat menggunakan bahasa-bahasa yang masih umum anda dengar sehari-harinya. Tetapi pada bagian kuantitatif maka anda harus benar-benar memahami konsep matematika dasar secara benar.

Sebab soal-soalnya terkesan kaku sehingga tak jarang anda harus menggunakan cara rumit dan panjang untuk bisa menyelesaikan soal dengan benar.

Nah, itulah penjelasan mengenai gre vs gmat yang perlu anda ketahui dan semoga saja setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda yah dan jika misalkan anda berminat untuk mengikuti kursus GRE maupun GMAT maka klik baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *