Ibu kota Norwegia di Semenanjung Skandinavia

Posted on

Ibu kota Norwegia –¬†Norwegia atau lebih dikenal sebagai norway (dalam format penyebutan bahasa inggris), merupakan sebuah negara yang berada di letak geografis eropa utara, wilayah Norwegia, termasuk kota-kota di Norwegia keseluruhan berada di iklim suhu sub-tropis, ini tidaklah mengherankan karena Semenanjung Skandinavia, yang menjadi daerah geografis Norwegia, berdekatan dengan kutub utara.

Jika keseluruhan kota-kota di norway merupakan daerah dengan iklim sub-tropis, begitu juga dengan ibukota Norwegia yang mayoritas dalam satu tahun banyak diselimuti suhu iklim dingin. Ibukota Norwegia terletak di Oslo, daerah selatan Norwegia yang berdekatan dengan laut yang berbatasan dengan negara-negara eropa tengah lainnya seperti Perancis, Jerman dan Belanda dan Austria.

Kenapa kota kota di Norway termasuk ke dalam kota kota yang banyak diselimuti hawa dingin? Dibandingkan dengan negara-negara eropa lainnya yang masih mendapat suhu sub tropis panas pada aaat puncak musim panas, maka kota-kota di Norway hanya sedikit mendapat paparan cahaya matahari pada saat musim panas.

Hal ini dikarenakan posisi geografis Norwegia, bersama dengan negara-negara Skandinavia seperti Swedia dan Finlandia, serta sebuah negara kepulauan Islandia, merupakan negara negara yang berada di Semenanjung Skandinavia yang berdekatan dengan Kutub Utara.

Efek berdekatan dengan kutub utara ini menyebabkan kota kota di norway rata rata berusuhu dingin setiap tahunnya, dan mengalami puncak musim dingin yang tinggi ditandai dengan curah salju yang cukup lebat, dan bahkan beberapa kali bahaya badai salju menghantam kota-kota di Norway dan menyebabkan banjir salju dan mengancam produksi makanan.

Tetapi kota-kota di Norway adalah kota yang sudah sangat tertata dan tersusun dengan baik, di Norwegia, negara yang sudah akrab dengan musim dingin ini sudah mempunyai sistem manajemen bencana yang sangat baik, dan mereka sudah mempersiapkan teknologi dalam menghadapi musim dingin, misalnya dengan adanya saluran gas untuk mengubahnya menjadi pemanas ruangan atau pengolahan sampah dijadikan gas untuk pemanas ruangan. Serta teknologi panel surya yang dipakai ketika musim panas sebagai energi yang disimpan ketika nanti malam untuk digunakan dalam rangka menghemat listrik.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Norwegia untuk Pemula

Nah, berikut urutan kota-kota di Norway yang termasuk ke dalam kota besar, dan beberapa di antaranya termasuk ke dalam kota-kota yang menjadi rujukan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi master dan doktoral di Norwegia.

Kota di Norway yang paling besar adalah ibukota norwegia bernama Oslo. Oslo merupakan ibukota negara Norwegia dengan jumlah penduduk mencapai 800.000 kepala keluarga, menjadi kota paling ramai di Norwegia dan menjadi kota tujuan utama studi mahasiswa Indonesia karena adanya Universitas Oslo disini (University of Oslo).

Kota di Norway terbesar kedua adalah Bergen dengan jumlah penduduknya mencapai 200 ribu jiwa, kenapa selisihnya jauh sekali? Ya karena Norwegia adalah semenanjung Skandinavia yang penuh dengan letak geografis kutub utara maka jumlah penduduknya tidaklah terlalu banyak, bahkan jika dibandingkan dengan kota kecil seperti Yogyakarta atau Solo saja, maka penduduk Bergen jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Yogya dan juga Solo.

Di Kota Bergen terdapat Universitas Bergen yang juga menjadi jujukan mahasiswa eropa dan non eropa dalam melanjutkan studi. Disini, karena kota Bergen tidaklah terlalu besar dibandingkan dengan ibukota Norwegia, maka biaya hidup di Kota Bergen Norwegia bisa jauh lebih murah ketimbang di pusat kota Oslo.

Kota-kota di Norwegia lain yang bisa anda cermati selanjutnya adalah Stavanger, Drammen, Moss, Arendal, Larvik Kongsberg dan juga Kristiansund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *