Ingin Masuk Perguruan Tinggi? Namun Bingung Dengan Tes SAT Preparation?

Posted on

SAT PreparationReaders, sebelumnya apakah kamu tahu apa itu istilah SAT? SAT Reasoning Test adalah tes yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk masuk ke perguruan tinggi. Para peserta umumnya mengikuti SAT pada saat mereka duduk di bangku SMP atau di SMU yang berencana melanjutkan studi ke Amerika Serikat ataupun Singapura.

SAT adalah test yang akan mengukur sudah sejauh mana kamu menguasai materi yang dipelajari di sekolah dan seberapa baik pula kamu dapat menerapkan pengetahuan itu. SAT ini menilai pengetahuanmu tentang membaca secara kritis, menulis dan keterampilan matematika yang sudah kamu pelajari. Waktu uji total SAT ini adalah 3 jam dan 45 menit. Test SAT terdiri dari tiga bagian: critical reading, mathematics, dan writing. Setiap bagian dinilai pada skala 200 – 800.

Baca Juga:  Singkatan SAT Adalah Scholastic Aptitude Test, Ini Tesnya

SAT ini sebagai salah satu alat ukur kemampuan siswa/i dalam berpikir kritis untuk keberhasilan di perguruan tinggi. Tes tersebut diperlukan karena hampir setiap perguruan tinggi di AS menjadikannya sebagai bagian dari proses seleksi penerimaan mahasiswa. Tes ini sangat berguna bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan maju dan terjamin. Untuk mengenal lebih jauh tentang tes ini, simak penjelasan berikut ya!

Sat Preparation meliputi berbagai tahapan seperti :

  • Sesi membaca kritis meliputi bagian bacaan-bacaan dan melengkapi
  • Sesi menulis meliputi esai pendek dan menjawab pertanyaan pilihan dalam mengindentifikasi kesalahan-kesalahan dan perkembangan penggunaan tata
  • Sesi matematika meliputi pertanyaan-pertanyaan aritmatika dan aljabar, geometri, statistik dan kemungkinan (probabilitas).

Setiap sesi ujian ini memiliki nilai antara 200–800. Selain itu, SAT juga akan mengukur kemampuan dan keterampilan seseorang dalam bidang-bidang studi tertentu dan kemampuannya menerapkan pengetahuan tersebut, mulai dari kemampuan Bahasa Inggris, sejarah, matematika, atau ilmu pengetahuan alam.

Belajar jauh-jauh hari bukan berarti berlama-lama. Karena jika demikian seperti itu, beban siswa akan bertambah, sebab selain harus belajar di sekolah sebagai tugas utama, siswa masih harus mengikuti kelas persiapan khusus SAT ini. Hanya saja, persiapan ke luar negeri ini sebaiknya sudah dilakukan sejak duduk di kelas 10 atau kelas satu. Memulai tes persiapan Sat Preparation saat sudah duduk di kelas tiga terlalu mepet

Baca Juga:  Tempat Kursus SAT di Jakarta dan 6 Tips Menghadapinya

Sat Preparation dirancang sebagai ujian kecocokan untuk mengukur pengetahuan yang sudah kamu  pelajari. Ujian ini merupakan langkah awal untuk memilih universitas ataupun kampus yang tepat untukmu. Ujian ini terdiri dari matematika, ujian membaca dan menulis — mata pelajaran sekolah menengah atas sehari-hari — dan ilmu pengetahuan serta kemampuan kamu untuk menerapkan ilmu tersebut. Seperti yang telah dijelaskan di paragraf awal, tes ini memang sangat meninjau ulang hasil pembelajaranmu selama ini.

Kursus persiapan Sat Preparation bisa kami bantu ( Berencana kuliah di luar negeri setelah sma ikuti tes sat di jakarta ). Kami menyediakan berbagai persiapan tes yang tentunya akan membantumu untuk mancapai target yang diinginkan. Berbeda dengan TOEFL dan IELTS, ujian SAT bukan merupakan penilaian terhadap kepiawaian berbahasa Inggris. SAT merupakan ujian kecocokan untuk menentukan apakah seorang siswa dapat berprestasi di tingkat universitas, dengan asumsi bahwa siswa tersebut sudah memiliki kemampuan tinggi dalam berbahasa Inggris.

Kamu harus memahami hal-hal berikut :

Critical Reading

Tes kemampuan untuk memahami soal-soal setingkat akademi yang tertulis dalam bahasa Inggris. Kamu diminta untuk mengisi kalimat dengan kata yang tepat atau kata-kata untuk menjawab pertanyaan yang menunjukkan pemahamanmu membaca cerita pendek dan panjang.

Mathematics

Sesi tes ini untuk menilai seberapa baik analisa kamu dan bagaimana keterampilan memecahkan masalah yang nantinya akan dibutuhkan di universitas. Pertanyaan yang harus kamu selesaikan termasuk tentang rumus aljabar, fungsi linear, fungsi eksponen dan manipulasi eksponen, sifat-sifat garis singgung, nilai mutlak, notasi fungsi, geometri, probabilitas, serta menganalisis data.

Beberapa pertanyaan adalah pilihan gkamu, sementara yang lain akan diujikan secara essay. Kamu dapat menggunakan kalkulator yang disetujui, dan kamu tidak diharuskan untuk menghafal rumus-rumus.

Writing

Writing mencakup pertanyaan-pertanyaan pilihan gkamu untuk menguji seberapa baik Kamu menggunakan stkamur menulis dalam bahasa Inggris. Kita juga akan diminta untuk menulis esai singkat. Pertanyaan-pertanyaan pilihan gkamu menilai kemampuan Kamu untuk mengidentifikasi kesalahan kalimat, memperbaiki kalimat, dan meningkatkan kualitas paragraf.

Baca Juga:  Mengenal GRE Test Jakarta dan GRE Test Indonesia

Pertanyaan esai meminta kamu untuk berada diposisi pada contoh-contoh masalah dan menggunakannya untuk mendukung posisi Kamu. Petugas yang nantinya memeriksa jawaban akan tahu bahwa esai itu ditulis dalam waktu singkat dan merupakan draft pertama.

Mereka tidak akan mengharapkan tulisan yang halus tutur bahasanya melainkan mereka akan membaca esai Kamu untuk melihat seberapa baik Kamu mengatur dan mengungkapkan sudut pkamung Kamu dan mengembangkannya serta mendukung ide utama. Seluruh test harus diselesaikan dalam waktu 3 jam dan 45 menit.

Satu hal yang harus kamu ingat adalah giat. Jika kamu ingin masuk ke Universitas impian, bukanlah hal sulit jika kamu giat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *