Semua Hal Yang Perlu Anda ketahui Tentang IELTS

Posted on

Hal Yang Perlu Anda ketahui Tentang IELTS – Banyak orang mendambakan bekerja pada industri besar yang berafiliasi dengan perusahaan-perusahaan Internasional diberbagai belahan dunia. Selain karena penghasilan yang tinggi bahkan di atas rata-rata, jenjang karir yang terbuka luas.

Bekerja di perusahaan seperti ini akan membuat pergaulan lebih luas tentunya, sehingga membuat peluang ini membutuhkan orang dengan kualifikasi yang di atas rata-rata pula. Selain skill, kemampuan berkomunikasi khususnya dalam hal ini bahasa Inggris yang cukup juga harus dimiliki.

Baca Juga:  4 Contoh Soal IELTS Dan Cara Menjawab Tanpa Rasa Grogi

Bayangkan bila Anda pergi ke Amerika untuk melanjutkan pendidikan tapi tidak menguasai bahasa Inggris. Hal ini tentunya akan membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif. Kerena sudah pasti bahasa pengantar yang digunakan dalam ruang kelas, buku-buku dan sebagainya menggunakan bahasa Inggris.

Oleh karena itu bila tidak memiliki kemampuan yang cukup dalam urusan bahasa inggris tentunya akan merugikan diri Anda sendiri karena pesan atau informasi yang disampaikan tidak dapat ditangkap dengan baik.

Tentang IELTS

Nah bagi orang yang bekerja pada perusahaan asing atau bagi yang akan mengenyam pendidikan ke luar negeri peran bahasa Inggris sangatlah vital untuk ditingkatkan. Bahkan beberapa perusahaan serta perguruan tinggi di luar negeri mematok kemampuan bahasa Inggris dengan standar tertentu.

Apabila belum bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan ada baiknya Anda kembali melatih kemampuan bahasa Inggris dengan cara kembali mengikuti kelas kursus bahasa Inggris atau pelatihan bahasa Inggris lainnya.

Baca Juga:  Pentingnya Mengikuti Tes Toefl Jakarta dan Tips Menghadapinya

Saat ini kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki oleh seseorang bisa diukur dengan menggunakan parameter standar yang sudah sering digunakan dan telah menjadi acuan. Salah satu cara untuk mengukur hal ini adalah dengan menggunakan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) yang telah menjadi standar menilai kemampuan bahasa Inggris diberbagai negara termasuk negara yang mengggunakan bahasa inggris sebagai bahasa keseharian.

TOEFL merupakan suatu bentuk Test Proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris secara langsung tanpa harus mengikuti proses pembelajaran sebelumnya. Dalam tes TOEFL ini bisa dinilai seberapa mahirnya seseorang dalam menguasai bahasa Inggris yang akan ditentukan dalam standar serta level tertentu.

Selain TOEFL, parameter standar untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris juga dapat dilakukan dengan tes IELTS. IELTS (International Language Testing System) pertama kali diperkenalkan sebagai terobosan terbaru di bidang pendidikan bahasa Inggris khususnya sebagai bentuk penilaian atau tes dengan standar Internasional.

Baca Juga:  Inilah Keuntungan Mengikuti Kursus Ielts Di Jakarta

Bersama dengan TOEFL, IELTS juga merupakan cara untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang banyak digunakan diberbagai belahan dunia saat ini. Secara umum, IELTS adalah sebuah bentuk penilaian kemahiran dalam bahasa Inggris untuk berbagai kebutuhan baik untuk pekerjaan atau pendidikan.

Penilaian IELTS dilakukan dengan cara memberikan tes pada seseorang untuk dapat mengetahui empat faktor penting dalam komunikasi atau keterampilan mereka dalam berbahasa Inggris secara menyeluruh.

 

IELTS sebagai parameter yang telah diakui secara Internasional memiliki dua jenis tipe tes yakni Academic dan General Training. Tes Academic dapat dilakukan serta ditujukan bagi siapa saja yang akan bertujuan untuk mengenyam atau melanjutkan pendidikan di luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris.

Sementara General Training merupakan tes yang diberikan lebih banyak ke karyawan atau bagi orang yang ingin berpindah kewarganegaraan ke negara yang aktif menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

Hal ini dilakukan semata-mata agar setiap orang yang akan pergi keluar negeri nantinya dalam aktivitas apa pun dapat beradaptasi secara baik dengan situasi serta kondisi di negara tersebut. Kedua jenis tes IELTS ini memiliki empat bagian yang akan diujikan, yakni kemampuan Listening, Writing, Reading, dan Speaking yang akan dijelaskan secara secerhana di bawah ini.

Listening

tes IELTS ini dilakukan dalam kurun waktu tertentu untuk dapat mengetahui seberapa paham orang yang diuji memahami kalimat yang diperdengarkan tentang berbagai konteks dan kadang menggabungkan dua konteks sekaligus.

Writing

merupakan tes dengan memberikan tugas menulis dalam bahasa Inggris mengenai suatu topik atau konteks tertentu. Struktur, kosa kata, penggunaan tata bahasa merupakan bagian yang akan dinilai dalam tes ini.

Reading

tes ini dilakukan dengan durasi waktu tertentu dengan cara memberikan pertanyaan kepada peserta tes. Dalam tes membaca ini akan dinilai seberapa paham orang yang diuji tentang teks yang dibaca dan maksud dari teks tersebut.

Dan terakhir adalah Speaking, dalam tes ini dikonsepkan seperti sebuah wawancara antara dua pihak yang membahas sebuah topik tertentu. Dalam tes ini akan dinilai seberapa paham orang yang di tes dalam menangkap pertanyaaan serta jawaban yang akan dilontarkan apakah telah sesuai dengan konteks yang ditanyakan.

Patut diketahui juga dalam pelaksanaan tes IELTS, materi tes yang dujikan menyesuikan dengan tujuan serta kebutuhan kemampuan bahasa Inggris seseorang yang akan dinilai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *