Jenis Jenis Virus komputer yang berbahaya, kenali cara mencegahnya sebelum terlambat

Posted on

Jenis Jenis Virus komputer – Virus komputer adalah musuh nomor satu bagi pengguna internet dan pengguna komputer, yang bisa menyebabkan kerusakan data dari tingkat ringan hingga membuat sistem lumpuh pada tingkat berat. Jenis virus komputer yang paling ringan biasanya hanya akan menyembunyikan file (hidden) sehingga pengguna komputer tidak bisa melihat file dan bahkan membukanya.

Pada tingkatan virus komputer yang berat, biasanya bisa menginfeksi hard disk, merusak sistem komputer, dan apabila sudah berwujud menjadi malware (semacam virus perusak yang ditanam peretas) maka jenis virus komputer yang satu ini akan sangat berbahaya. Sistem akan lumpuh dan kemudian tidak bisa beroperasi dan bahkan mengalami peretasan data atau pengambil-alihan komando sebuah sistem.

Virus-virus komputer pada tingkatan yang rendah dapat dibasmi hanya dalam hitungan detik oleh antivirus, anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan para ahli hanya dengan mendownload anti virus gratisan ataupun membeli anti virus murah di pasar-pasar internet atau toko komputer.

Sementara untuk jenis virus yang lebih berat, maka dibutuhkan penanganan yang lebih serius. Jenis virus komputer yang menginfeksi hard disk harus diservis oleh ahli dengan menscanning komputer dan hard disk anda, sementara jenis virus komputer yang merusak sistem biasanya akan diperbaiki dengan menginstal ulang sistem komputer yang rusak.

Pada kasus virus komputer yang merusak jaringan atau menumpang jaringan dengan berubah menjadi malware, maka ahli ahli keamanan jaringan akan menciptakan antivirus dan menutup akses yang tersisa agar virus virus komputer tersebut bisa dibersihkan. Kelihatannya sangat mengerikan ya? Kenyataannya memang begitu, bahwa dunia pernah dikejutkan dengan serangan virus komputer yang menginfeksi jaringan komputer sebuah perbankan.

Pada tingkatan yang lebih rendah, sebuah virus komputer sengaja diciptakan untuk berbagai tujuan. Tujuan yang paling awal adalah menguji keamanan sebuah komputer, hard disk ataupun sistem, ini biasanya virus-virus tingkat rendah yang bisa dibersihkan dengan antivirus gratisan. Sementara pada jenis virus komputer yang lebih tinggi murni diciptakan untuk merusak sebuah jaringan, aksi balas dendam ataupun aksi peretasan (hacker dan juga cracker).

Baca Juga:  Cara Download Font Instan untuk komputer anda

Jika semua masyarakat pernah merasakan terkena virus komputer pada tingkatan rendah, semisal file menghilangm komputer terinfeksi, lama booting, hingga hang terus menerus, maka dunia teknologi informasi pernah dikejutkan dengan serangan virus komputer yang massif dan besar. Aksi serangan virus komputer ini pernah menyebabkan jaringan komputer sebuah bank swasta yang memiliki banyak jaringan kemudian lumpuh.

Pada kasus lain, virus sengaja disusupkan untuk merusak jaringan yang terlindungi, misalnya aksi peretasan dari sebuah negara untuk merusak sistem pemilu online di negara lain baru baru ini merupakan jenis virus komputer tingkat berat. Karena virus akan bekerja, bereplikasi dan merusak sistem dan bahkan kemudian mengambil alih sistem.

Lalu, bagaimana cara mencegah virus komputer merusak dan meginfeksi data data kita, ada beberapa kiat sederhana yang bisa anda praktekkan untuk mencegah virus-virus jahat merusak file file penting anda, karena sekali saja virus menyerang laptop atau komputer anda, mka data data penting anda bisa saja raib hanya dalam sekejap.

Pertama, cara mencegah virus komputer menyerang laptop atau komputer kita adalah

dengan memberikan pengamanan di dalam sistem komputer kita, caranya sederhana dengan menginstal antivirus yang gratisan atau ringan-ringan, anda bisa menginstal anti virus gratisan seperti avast ataupun smadav bikinan Indonesia.

Anti virus ini memang gratisan tetapi mampu menjadi tameng pertam agar komputer anda tiak terjangkiti virus virus jahat. Untuk ukuran pekerjaan anda yang tidak beresiko, misalnya hanya pekerja kantoran, mahasiswa, wirausaha atau freelancer maka menginstal anti virus gratisan ini lebih dari cukup.

Sementara bagi anda yang bekerja di sektor sektor strategis, misalnya di badan intelijen, aparatur negara yang berhubungan dengan data, peneliti informasi dan bahkan pengusaha yang berhubungan dengan data saham, keuangan dll, maka bisa tambahkan

cara kedua mencegah virus komputer yaitu menginstal antivirus berbayar.

Banyak antivirus berbayar terbaru yang mampu mendeteksi jenis jenis virus komputer terbaru, sehingga akan bermanfaat untuk keamanan data data penting anda baik di laptop ataupun di komputer anda. Beberapa antivirus mutakhir berbayar yang bisa anda andalkan salah satunya adalah Kaspersky. Kaspersky sudah terkenal sebagai antivirus yang ampuh dalam menangkal jenis jenis virus komputer terbaru, serta berhadapan dengan malware.

Baca Juga:  Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Selain kaspersky ada banyak juga antivirus antivirus berbayar yang juga mempunyai kemampuan mutakhir dan sama dengan kaspersky, anda tinggal sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau netbook anda. Untuk ukuran kaspersky biasanya membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi agak tinggi. Karena biasanya jika diinstal ke dalam netbook akan membua hang karena beban kerjanya yang tidak seimbang dengan kemampun komputernya.

Ketiga, cara mencegah virus komputer selanjutnya adalah dengan rutin meng-enkripsi data yang anda simpan

Nama lain enkripsi adalah memberikan pengamanan tambahan, jadi ketika file tersebut pun diserang virus tetap akan terkunci, kecuali jenis virus komputer kelas berat yang mengubah bentuk dan isi file.

Beberapa enkripsi kelas tinggi adalah dengan mengacak data di dalam file, tetapi untuk enkripsi kelas ringan hanya dengan mempassword file saja sudah cukup untuk memberikan data pengamanan tambahan. Selain itu, cara termudah selanjutnya terhindar dari virus komputer adalah dengan rutin memback up file file anda ke penyimpanan berbasis awan, anda bisa gunakan google drive, cloud, atau one drive untuk memback up data anda agar lebih aman.

Keempat, ini adalah cara preventif (pencegahan) paling penting agar anda terhindar dari jenis-jenis virus komputer terbaru yang sering dikirimkan lewat internet.

Caranya adalah jangan membuka website aneh-aneh yang link nya tidak jelas, karena biasanya disusupi malware, virus dan gabungan keduanya. Selain itu usahakan tidak pernah mengklik iklan-iklan pop up (iklan banner yang tiba tiba muncul di depan sebuah website) apalagi tampilan iklannya sangat aneh, karena tanpa sadar biasanya sudah disusupi virus dan juga malware.

Kelima, tahap selanjutnya adalah jika mendownload sebuah file untuk dicermati kembali apakah benar-benar format file yang kita download benar yang kita inginkan.

Karena beberapa peretas sengaja menaruh file file dengan ekstensi berbeda (tetapi dengan nama sama) hanya agar bisa diunduh oleh orang lain dan berubah menjadi ternak virus.

Baca Juga:  Tiga Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Ponsel Android

Contoh sederhannya adalah ketika anda mendownload installer corel draw gratisan yang bertebaran di internet, ternyata tidak semua installer yang bertuliskan “corel draw” benar-benar berisi file corel draw, beberapa malah berisi virus yang kemudian berkembang menyerang komputer, atau malah menjadi malware yang membuat komputer anda hang, salah satu ciri-ciri file yang perlu diwaspadai adalah file dengan akhiran .exe karena biasanya tidak terdeteksi.

Keenam, cara mencegah virus komputer selanjutnya adalah jangan buka website-website penting anda (semisal e-banking ataupun sistem keamanan kantor anda) menggunakan hotspot atau wifi publik.

Karena biasanya karena bersifat terbuka, wifi ataupun hotspot publik bisa disusupi virus dan juga malware-malware. Apalagi jika anda memaksa membuka website e banking ataupun situs kantor anda yang bersifat internal rawan untuk diretas atau dibajak.

Ketujuh, cara selanjutnya mencegah serbuan jenis virus komputer terbaru adalah dengan sering-sering mengupdate anti virus.

Jika anda menggunakan antivirus gratisan, pastikan mengunjungi websitenya setahun sekali apakah ada usaha untuk mengupdate antivirus yang lama, karena biasanya dengan update ini antivirus akan mengenali jenis-jenis virus komputer terbaru.

Sementara untuk anda yang membeli anti virus berbayar, pastikan ke dalam websitenya ataupun kontrak pembelian anda untuk update antivirus minimal setahun sekali. Walaupun sebenarnya sangat disarankan untuk mengupdate minimal enam bulan sekali. Kenapa update minimal enam bulan sekali atau setahun sekali? Karena perkembangan virus virus komputer terbaru biasanya sangat cepat dan berkembang terus menerus.

Pada bagian terakhir, cobalah untuk sering sering membaca artkel artikel berita teknologi informasi agar anda bisa lebih memahami cara mengamankan data data file anda sedini dan secepat mungkin. Karena biasanya artikel artikel teknologi informasi ini memberikan tips-tips sederhana cara menghindari serangan virus komputer dalam skala yang ringan hingga yang berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *