Mengenal Jurusan Aktuaria yang dibutuhkan dunia kerja

Posted on

Jurusan Aktuaria – Jika anda saat ini bingung sedang menentukan mengenai jurusan kuliah yang prospektif, maka masukkan nama jurusan aktuaria ke dalam list anda untuk anda ketahui lebih mendalam. Jangan hanya berkutat kepada jurusan jurusan yang sudah penuh dengan persaingan seperti ekonomi, manajemen, akuntansi dan bahkan kedokteran. Jika anda ngotot untuk tetap masuk ke jurusan tersebut itu adalah hak anda.

Tapi anda mesti mengetahui, bahwa kampus dan dunia industri sudah semakin berkembang dengan cepat, industri akan semakin membutuhkan jurusan jurusan yang lebih spesifik dan membantu permecahana masalah di dunia global secara cepat dan akurat. Jadi jurusan-jurusan dengan tema umum hanya akan berhenti di tengah tengah saja, selanjutnya akan melalui proses pendidikan dan latihan terus menerus untuk lebih spesifik didunia kerja.

Misalnya jika anda memilih jurusan akuntansi saja, kemungkinan besar anda bisa masuk ke semua industri, tapi tetap tidak bisa mengakses industri yang lebi spesifik, semisal akuntansi syariah, karena anda harus belajar format syariah yang lebih mendalam bukan?, nah analogi tersebut sama jika anda belajar ilmu-ilmu umum yang belum bisa menyelesaikan masalah di dunia kerja secara cepat dan akurat.

Perkenalkan sebuah ilmu baru bernama jurusan aktuaria, aktuaria adalah jurusan yang menggabungkan ilmu keuangan bisnis dengan ilmu statistik dan matematika ini menawarkan prospektif kerja yang jauh lebih dibutuhkan berbagai industri di masa depan. Aktuaria adalah model ilmu baru berbentuk mutidisiplin dalam menyelesaikan masalah bisnis modern. Jika anda ingin berkutat di dunia industri bisnis dengan model apapun, maka profesi aktuaris adalah (mereka yang mendapa gelar sarjana aktuaria) akan dibutuhkan dibandingkan sarjana umum seperti akuntansi dan manajemen.

Baca Juga:  Beberapa Perbedaan Photoshop cc dan cs yang mudah dikenali

Kenapa aktuaris dibutuhkan di industri modern? Pertama-tama anda harus memahami, bahwa bisnis masa depan tidak bisa dijauhkan dari tiga hal: keuangan, data dan ekonomi digital. Dari ketiga aspek tersebut, aktuari menguasai di dalam dua hal, yaitu keuangan dan data. Bandingkan dengan sarjana ekonomi yang hanya menguasai satu aspek saja. Aktuaris dituntut untuk menguasai keuangan dan matematika statistik untuk memprediksi permasalahan yang muncul di dalam dunia bisnis masa depan.

Apa saja tantangan bisnis yang bisa diselesaikan oleh aktuaris? Apa itu aktuaris? Aktuaris menyelesaikan masalah penentuan tarif dalam industri penerbangan dan transportasi untuk mendapatkan keuntungan maksimal, menghitung proyeksi bisnis, menghitung big data sebagai basis pengembangan bisnis, dan bahkan menjadi think thank atau semacam direksi yang bertugas merancang arah bisnis industri yang dipegang kedepannya.

Selain hal hal yang telah disebutkan di atas, aktuaris juga memegang peranan penting dalam berbaga industri keuangan berbasis data dan angka, misalnya di bank indonesia, otoritas jasa keuangan hingga perbankan nasional. Siapa yang berada di balik meja dalam memprediksi keuntungan dan proyeksi bisnis berbagai portofolio perbankan? Ya tentu saja profesi aktuaris.

Karena beragamnya industri yang bisa dimasuki aktuaris secara mendalam, maka ketika anda memutuskan untuk memasuki jurusan aktuaria, ada berbagai tantangan yang harus anda kuasai. Ilmu akturia setidaknya berlandaskan kepada tiga hal: akuntansi, matematika dan statistik, maka kuasailah tiga hal ini untuk menyelesaikan pendidikan di ilmu aktuaria.

Tiga landasan inilah yang akan membuat lulusan ilmu aktuaria memiliki ilmu secara mendalam dan multidisiplin dibandingkan sarjana umum. Jika sarjana akuntansi lebih berfokus kepada ilmu akuntansi dengan ilmu statistik sebagai pengantar saja, maka sarjana ilmu aktuaria akan menguasai akuntansi dan statistik secara semuanya. Itulah yang menjadi jawaban kenapa bisnis masa depan ada di jurusan ilmu aktuaria.

Baca Juga:  Empat Alasan Desan Grafis adalah Masa Depan Kalangan Millenial

Jurusan aktuaria apakah bisa masuk ke industri selain bisnis dan jasa keuangan? Tentu saja bisa, beberapa aktuaris bisa masuk ke dalam industri jasa rumah sakit dan pelayanan, misalnya menjadi pekerja di badan penyelenggarana jasa kesehatan dan jasa tenaga kerja, menjadi pegawai rumah sakit di bidang administrasi dan pengontrolan mutu rumah sakit. Tentu saja ini masih terkait dalam ranah ilmu akturia menghitung proyeksi pengeluaran rumah sakit, penyeimbangan biaya berobat dengan manfaat yang didapat.

Jurusan akturia sendiri baru dikenal beberapa tahun ini, dan masih terhitung sebagai jurusan langka yang banyak diincar perusahaan-perusahaan besar. Kenapa disebut masih langka? Aktuaris adalah jurusan yang baru dibuka dalam sepuluh tahun terakhir karena kampus baru menyadari pentingnya ilmu multidisiplin dalam bidang keuangan dan statistik untuk menjawab permasalahan bisnis masa depan.

Bisnis masa depan tidak lagi menggantungkan kepada bisnis konvensional, tetapi membutuhkan kecermatan proyeksi hitungan dan berbagai matematik bisnis yang diperlukan dalam mengembangkan pola bisnis yang adaptable terhadap kebutuhan zaman. Nah, pada posisi inilah jurusan aktuaria memiliki segalanya.

Para lulusan jurusan aktuaria, kelak akan disebut sebagai aktuaris, tetapi ini hanyalah gelar formal belaka, sama seperti gelar gelar sarjana ekonomi manajemen pada umumnya. Gelar aktuaris akan berubah seiring dengan perusahaan mempercayakan kepada kemampuan anda untuk memegang jabatan supervisor, manager dan bahkan direkrut. Proyeksi ini dimungkinkan karena seperti yang telah disebutkan di atas, jurusan aktuaria menawarkan berbagai disiplin ilmu yang bermanfaat di dunia kerja.

Nah, pada tambahan informasi selanjutnya, jika di dunia kerja terdapat beberapa asosiasi bisnis, asosiasi akuntan dan sarjana ekonomi, apakah aktuaris memiliki asosiasi tersendiri untuk mengembangkan ilmu aktuaria? Tentu saja ada, organisasi yang berperan dalam mengembangkan profesi aktuaris adalah persatuan aktuaris Indonesia.

Baca Juga:  Aplikasi Foto Terbaik Paling Direkomendasikan

Persatuan aktuaris Indonesia tersebar cabangnya diberbagai kota dan provinsi di Indonesia, jadi anda jangan khawatir dengan masa depan ilmu langka yang sangat dicari di dunia kerja ini. Dari ribuan kampus di Indonesia, hanya kampus-kampus besar saja yang membuka jurusan aktuaria, itupun peminatnya semakin lama akan semakin ketat, mengingat perkembangan di dunia bisnis dan industri juga semakin ketat.

Pada bagian akhir, berikut daftar list industri-industri yang berminat mencari lulusan ilmu aktuaria untuk bekerja di dalamnya: industri bisnis, keuangan dan jasa, rumah sakit, asuransi, multinasional company, akademisi, pemerintahan daerah dan kementerian, analisis independen, atau menjadi pegawai negeri di bidang ekonomi dan perdagangan.

Selain beberapa industri yang telah disebutkan di atas, seorang aktuaris juga bisa berprofesi sebagai pengusaha dengan bekal ilmunya yang lumayan banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *