jurusan ausbildung

2 Jenis Jurusan Ausbildung di Jerman dan Kelebihannya

Posted on

Jurusan Ausbildung – Ketika Anda memutuskan untuk berkuliah ataupun bekerja di jerman, maka pada suatu saat nanti akan mengenal sistem profesi ausbildung. Tentu saja sistem ini harus anda kenal sejak sekarang karena nantinya akan ditemui selama menempuh kuliah atau bekerja di ranah industri di jerman. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Profesi ausbildung sendiri dikenal dalam sistem vokasi pendidikan di jerman. Apa itu sistem vokasi? Sistem vokasi adalah sistem pendidikan yang memadukan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.

Di jerman sendiri sistem vokasi ini telah dirintis sejak sekolah menengah (setara dengan smp dan juga sma), jadi sekolah menengah di jerman akan lebih lama ketimbang sekolah sejenis di Indonesia. 

Jadi sistem sekolah menengah di jerman yang telah meluluskan siswa-siswanya ini akan menyediakan profesi ausbildung bagi lulusan sekolah menengah untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Apa menariknya? Tentu saja sistem ausbildung ini dikelola langsung oleh negara, dalam hal ini kementerian tenaga kerja dan industri di jerman. 

Walaupun jurusan ausbildung ini ditawarkan kepada lulusan sekolah menengah di jerman, akan tetapi juga di buka untuk siswa siswi lulusan internasional yang ingin merasakan pengalaman bekerja profesional sebagai profesi ausbildung.

Kelebihan Profesi Ausbildung di Jerman

Kelebihan Profesi Ausbildung di Jerman

Lalu, apa kelebihan profesi ausbildung ini? Ya, tentu saja sistem ini tidak akan ditemui di Indonesia dan bahkan beberapa negara maju lainnya di eropa. 

Profesi ausbildung inilah yang membuat sistem vokasi, sistem industri dan dunia perkuliahan di jerman saling berikatan satu sama lain, jadi tidak ada namanya miss-match dunia pendidikan dan dunia industri di jerman. Bagi anda yang ingin bekerja atau berkuliah di jerman patut untuk memahami profesi ausbildung yang sangat keren dan bermanfaat untuk pengalaman kerja anda. 

Profesi ausbildung sendiri dikenal sebagai sistem pemagangan dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Secara umum, sistem ini dikenal sebagai kerja praktek profesional (lupakan kerja praktek yang sama seperti siswa-siswi SMK kita, karena ini tentunya saja berbeda). lalu apa yang membedakan? Karena profesi ausbildung dikelola dengan sangat profesional. 

Baca Juga:  Cara Daftar Ausbildung di Jerman Melalui Jalur Mandiri

Profesi ausbildung secara umum akan memberi materi-materi pelajaran dan perkuliahan (teori) kepada peserta dan juga praktek dalam dua porsi yang berbeda. Untuk pemahaman teorinya sendiri akan dijelaskan dasar-dasar pengelolaan industri.

Sementara untuk prakteknya akan langsung berpraktek di dunia industri atau perusahaan. Tentunya akan langsung dibawah supervisor pabrik/perusahaan yang ahli, jadi anda akan langsung bekerja dengan ahlinya. 

Profesi ausbildung di Jerman ini lebih dekat dengan sistem studi ekskursi anak-anak teknik di kampus-kampus atau kuliah praktek anak teknik, ketimbang sistem magang anak SMK. 

Karena hasil akhir dari profesi ausbildung akan dipakai di dalam industri formal dan juga industri-industri besar. Jadi tidak sekedar main-main atau hanya magang sebagai cara mendapatkan nilai saja. 

Jenis Jurusan Ausbildung di Jerman

Jenis Jurusan Ausbildung di Jerman

Saat ini jenis-jenis jurusan ausbildung di jerman dapat dibagi ke dalam dua kategori. Pembagian kategori ini berdasarkan porsi pemberian teori dan praktek yang berbeda antara yang satu dengan yang lain, berikut perbedaannya:

1. Ausbildung Normale

Jurusan Ausbildung di Jerman yang pertama adalah ausbildung normale yang lebih sering menjadi incaran karena outputnya akan bekerja di dunia fashion, teknik, sales dan juga pabrik.

Sistem ausbildung ini akan mewajibkan peserta magang lebih banyak praktek sekitar 80% dan teori yang hanya 20%. peserta magang juga akan mendapat uang saku (walaupun tidak terlalu banyak), mendapat penilaian dari supervisor kerja dan juga dari kantor kementerian bernama berufsschule. Penilaian inilah yang bisa dipakai untuk bekerja formal di dunia industri jerman.

2. Schulische 

Jurusan Ausbildung di Jerman yang kedua adalah schulische ausbildung atau magang semi transisi di kampus. Sektor-sektor pemagangan pada jenis kedua ini adalah sektor sosial pendidikan seperti guru tk, daycare, pengasuh panti jompo, dan pengasuh anak-anak.

Nah, perbedaannya dengan sistem pertama adalah disini anda tidak dibayar. Bahkan beberapa malah membayar, karena sistem profesi ausbildung kedua ini akan menghabiskan 80% teori layaknya sekolah di kampus dan sisanya praktek selama 20%. 

Sekianlah pembahasan tentang jurusan ausbildung di Jerman dan apabila Anda berminat untuk mengikuti program ausbildung di Jerman maka bisa mendaftar di Virtu Education dengan mengklik banner diatas ini, semoga bermanfaat.